Tips cara sehat saat puasa Ramadhan

Tips cara sehat saat puasa Ramadhan

Tips cara agar tetap sehat saat berpuasa di bulan Ramadhan, Marahaban ya Ramadhan, di bulan ini yaitu bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi para umat muslim

dimana banyak berberapa kelebiahan-kelebihan yang tidak ada di dalam bulan-bulan yang lainnya. di bulan ini tentunya kaum muslim harus menjalankan suatu kewajiban yang harus dijalankan.

yaitu puasa Ramadhan, yaitu menahan lapar dan dahaga selama terbit matahari sampai terbenamnya matahari. Dalam hal ini tentunya akan sangat menguras tenaga dan mineral yang terdapat di dalam tubuh

dan jika tidak dijaga maka akan membuat tubuh kurang sehat atau kurang fit.

Baca juga:
Cara membuat tubuh lebih ideal sixpack
Cara mengatasi mabuk perjalanan
Cara cepat tidur meski tanpa obat tidur

Nah untuk mengatasi hal ini CaraDini.my.id memiliki berberapa tips untuk mencegah agar puasa di bulan Ramadhan anda tetap sehat dan fit, tanpa harus terlihat lemah, lesu, dan loyo, Dan Puasa anda akan tetap lancar selama bulan Ramadhan.

ujad hidin mahardika puasa

Adapun tips-tipsnya sebagai berikut ini:

  1. Tentukan menu Saat sahur dan berbuka puasa
  2. saat sahur dan berbuka puasa sebaiknya Anda utamakan makanan yang memiliki komposisi dari protein, dan karbohidrat, serta di lengkapi dengan makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda ketika berpuasa nanti.

    selain itu, anda juga dianjurkan untuk memakan buah dan sayuran saat buka puasa dan sahur, agar kesehatan pencernaan saat berpuasa dapat terjaga dengan baik.

  3. Mengkonsumsi air putih yang cukup
  4. Ketika anda berpuasa tentunya anda akan mengalami dehidrasi maka dari itu konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari juga harus terpenuhi. Anda bisa mengambil inisiatif sendiri dengan membagi waktu untuk mengonsumsi air putih tersebut,

    misal, anda bisa meminum dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari, dan dua gelas lagi saat sahur.

  5. Menghindari makanan berlemak dan bersantan
  6. Bagi anda yang menderita penyakit magh sangat di sarankan agar anda menghindari makanan yang berlemak dan bersantan. karena makanan yang berlemak dan bersantan akan memicu naiknya asam lambung.

  7. Jangan makan terlalu banyak
  8. Ketika berpuasa tentu akan membuat perut keroncongan, alias lapar berat, makanya banyak sebagian orang membalasnya saat berbuka puasa dengan makan yang banyak. Pada hal cara ini salah bahkan Nabi Muhammad saja tidak menganjurkan hal itu

    Memang saat berpuasa tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup, namun sebaiknya anda makan yang sederhana namunn berkali-kali dari pada harus mengganggu kesehatan pencernaan anda.

  9. Jangan langsung tidur setelah sahur
  10. Suatu kebiasaan bagi sebagian orang setelah sahur ada yang langsung melanjutkan tidur, pada hal cara yang demikian tidak baik untuk di lakukan. mengingat makanan membutuhkan waktu untuk proses pencernaan di dalam tubuh anda.

  11. Konsumsi suplemen makanan atau vitamin
  12. konsumsilah suplemen atau vitamin saat sahur dan berbuka puasa, karena tubuh sangat membutuhkan vitamin apa lagi saat anda sedang berpuasa. Namun, anda juga tidak harus sembarangan memilih vitamin,

    pilihlah vitamin yang mengandung antioksidan, karena antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh anda sehingga poasa anda menjadi lancar dan ancaman penyakit menyerang pun semakin sedikit.

  13. Lakukan olahraga kecil
  14. Saat berpuasa bukan berarti anda harus bermalas-malasan, itu hanya akan membuat tubuh anda semakin lemah dan lesu, makanya dianjurkan agar anda melakukan olahraga kecil-kecilan supaya membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh anda.

    olahraga kecil-kecilan ini seperti yoga atau senam kecil lainnya minimal 10 menit saja sudah cukup untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh anda.

  15. Istirahat yang cukup
  16. Selain berberapa tips di atas yang telah saya ulas tadi, Istirahat yang cukup juga harus terpenuhi supaya keseimbangan tubuh tetap dapat terjaga dengan baik.

Itu dia berberapa tips cara agar tetap sehat saat berpuasa di bulan Ramadhan, yang bisa CaraDini.my.id berikan, semoga apa yang saya ulas di atas bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

Sekian dari Saya, dan Terimakasih.

Jangan lupa baca juga artikel CaraDini.my.id yang lainnya..
Cara menghilangkan bekas luka secara alami
Cara mengatasi diare secara alami
Cara mengatasi BAB tidak lancar

Advertisement

No comments.

Leave a Reply