Tips Cara mencegah diare yang aman dan sehat

Tips Cara mencegah diare yang aman dan sehat

Tips cara mencegah diare yang aman dan sehat – Semua orang akan pernah merasakan yang namanya diare. Diare itu sendiri adalah merupakan penyakit yang dimana kondisi feses akan berubah menjadi lembek dan cair. Diare juga termasuk kedalam penyakit yang berbahaya dan mematikan karena bisa membunuh lebih dari 2,5 juta orang tiap tahunnya diseluruh dunia. Bagi negara berkembang, diare merupakan penyebab utama yang membuat balita meninggal dunia. Untuk itu kita diperlukan untuk memperhatikan kesehatan dengan mengatur pola makan dan tidak sembarangan jajan dipinggir jalan.

Penyakit diare pada umumnya kebanyakan disebabkan oleh virus, namun bisa juga disebabkan oleh bakteri. Kontaminasi bakteri disebabkan oleh sistem pengolahan makanan yang tidak sehat., misalnya kecerobohan lupa untuk mencuci sayuran dan buah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Pada kesempatan kali ini kami akan memberi sedikit tips dan cara mencegah diare yang aman dan sehat, berikut adalah cara caranya :

1.  Minum air secukupnya

    Sewaktu anda mengidap penyakit diare, tubuh banyak mengeluarkan cairan sehingga  dibutuhkan tambahan asupan cairan dengan cara banyak minum air. Dengan mengkonsumsi air yang cukup dapat menghindarkan dari dehidrasi. Cobalah meminum air putih dan mengkonsumsi jus buah ataupun sayur bening yang kaya air.
   
2. Minum cuka apel

    Dengan minum cuka apel ( apple cider vinegar ) yang dicampur dengan jus atau air. Pakai sekurang-kurangnya 2 sendok makan cuka apel dan ulangilah hingga tanda-tanda diare menghilang.

3. Air hangat dan kunyit

    Imbuhkan 1 sendok teh kunyit dengan air hangat. kunyit dapat menenangkan perut, menyeimbangkan sistem pencernaan, dan menambah flora sehat di usus. Dosis mesti diulang setiap hari hingga gejala diare berakhir.

4. Minum teh pahit atau teh hitam

    Teh dapat jadi obat diare yang mujarab. bila tidak suka dan terasa  pahit, anda dapat menambahkan madu sejumlah dua sendok makan setiap satu cangkir teh. minumlah teh hitam, raspberry, chamomile, jahe, dan teh blackberry di antara waktu makan guna menenangkan perut serta mencegah dehidrasi.

5. Hindari minuman beralkohol

    sistem percernaan terganggu sehingga usus tidak dapat bekerja disebabkan diare. ituasi ini janganlah  diperparah dengan konsumsi minuman beralkohol.

6. Hindari telur, susu dan gandum pada menu diet.

   Makanan di atas tinggi alergen dan dapat mengakibatkan diare apalagi bagi orang yang telah biasa makan makanan tersebut seumur hidup mereka. Sebagai alternatif, beralihlah ke makanan layaknya susu kedelai. sesudah situasi pencernaan sembuh, perlahan-lahan anda bisa kembali mengkonsumsi makanan tersebut.

Itulah tadi keenam cara mencegah diare yang aman dan sehat yang bisa kami bagi pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda para pembaca dan lekas sembuh untuk anda yang menderita penyakit diare.

Baca juga : jenis jenis makanan penyebab diare.

Baca juga : Cacing tanah bisa menyehatkan badan 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply