Sakit Perut Dapat Indikasikan 4 Penyakit Berbahaya Ini

Young man with severe stomach ache holding his stomach

Ketika Anda mendengar atau pun membaca kata ‘sakit perut’, hal pertama yang terlintas di pikiran Anda pasti sembelit. Sembelit sendiri dianggap sebagai penyakit ringan yang umum diketahui oleh masyarakat. Ya memang benar, namun sembelit dan sakit perut yang Anda alami tetap saja tidak bisa disepelekan. Sakit perut sebenarnya lebih cocok disebut sebagai gejala yang dapat mengindikasikan beberapa penyakit berbahaya seperti di bawah ini.

  1. Maag

Gejala sakit perut yang biasanya mengindikasikan penyakit maag terjadi di daerah ulu hati. Gejala lain yang dapat dirasakan oleh seorang yang menderita maag adalah cepat kenyang, bersendawa ketika lapar, perut kembung, mual dan muntah.  Maag disebabkan oleh berbagai hal terutama makanan yang mengandung gas seperti ubi dan sawi dan pada minuman seperti alkohol, kopi dan soda.

  1. Usus Buntu

Usus buntu merupakan penyakit yang sama sekali tak bisa diremehkan. Gejala yang akan dialami penderita usus buntu umumnya seperti nyeri pada perut bagian kanan bawah yang disertai dengan mual, muntah dan meriang. Opini masyarakat selama ini mengatakan bahwa penyebabnya adalah makan cabai yang terlalu banyak, padahal usus buntu disebabkan oleh kuman yang masuk. Jadi alangkah baiknya Anda terlebih dahulu memperhatikan kebersihan tangan dan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan.

  1. Kolera

Penyakit kolera ditandai dengan gejala sakit perut terutama di bagian bawah perut lalu diikuti dengan kejang otot perut. Kolera lebih dikenal di masyarakat dengan sebutan muntaber karena gejalanya yang diikuti oleh muntah dan BAB. Kolera disebabkan oleh kuman Vibrio Cholerae yang disebarkan melalui makanan dan minuman yang tercemar.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal ditandai dengan gejala sakit perut bagian kiri atau kanan bawah yang menjalar terus ke bawah. Nyeri yang hebat umumnya akan dirasakan para penderitanya akibat dari saluran kemih yang meradang. Hal ini disebabkan oleh adanya batu di saluran kencing (batu ureter).

Jadi mulai sekarang, Anda tidak boleh lagi meremehkan sakit perut yang Anda alami. Jika Anda mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply