Pertolongan Pertama Untuk Serangan Penyakit Jantung Tiba Tiba

Pertolongan Pertama Untuk Serangan Penyakit Jantung Tiba Tiba

Pertolongan Pertama untuk serangan penyakit jantung Tiba Tiba – Serangan pada jantung merupakan suatu kondisi yang sangat membutuhkan penanganan ekstra cepat dan juga termasuk salah satu kegawatdaruratan medis. Kurang berolahraga, kurang istirahat, selalu mengkonsumsi makanan instan merupakan gaya hidup manusia pada zaman sekarang yang selalu berujung pada gangguan kesehatan yang salah satunya berakibat serangan jantung. Serangan jantung merupakan hal yang paling utama penyebab kematian  di Indonesia. Oleh karena ini KRITERIATOR akan membahas tentang Pertolongan Pertama Untuk Serangan Penyakit Jantung Tiba Tiba.

Penyebab Penyakit Jantung 
Penyakit jantung penyebabnya adalah karena terjadi penyempitan pembuluh darah karena akibat dari tumpukan tumpukan kolesterol atau protein protein lain yang asalnya dari makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh. Penumpukan tersebut juga dapat menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku, kaku tersebut biasa  disebut sebagai aterosklerosis, yang terjadi jika terdapat penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. Selang beberapa waktu, plak dapat menumpuk, mengeras dan mempersempit arteri serta menghambat aliran darah ke jantung. Penyakit arteria koroner atau coronary heart disease (CAD) inilah yang pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.

Penyumbatan yang terjadi dalam satu arteri koroner atau lebih akan dapat menimbulkan terjadinya serangan jantung secara tiba-tiba. Penyebabnya karena jantung meminta oksigen melebihi yang tersedia sehingga memicu serangan jantung. Mengapa demikian? Apabila otot jantung tidak menerima oksigen untuk waktu yang cukup lama, jaringan di sekitarnya dapat rusak. Tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak mengalami regenerasi. Semakin lama serangannya, semakin banyak kerusakan pada jantung, dan semakin besar kemungkinan besar meninggal.

Gejala Gejala Serangan Jantung
Sangat disayangkan banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya bisa mendapat serangan jantung, karena kejadiannya memang begitu mendadak, dengan gejala timbulnya rasa nyeri di dada. Nyeri  dada sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal, rasa nyeri pada bagian dada tersebut merupakan salah satu gejala penyakit jantung.

Sejumlah keluhan fisik yang patut diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung adalah :

  •  Nyeri dada 
  • Jantung berdebar-debar 
  • Cepat letih
  • Sesak napas
  • Ada riwayat sering pingsan
  • Sesak bila tidur terlentang
  • Beberapa organ tubuh membiru
  • Serta perut dan bagian kaki membengkak.

Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah :

  • rasa nyeri yang hebat pada bagian dada disertai mual dan muntah. 
  • Rasa tertekan atau seperti ditimpa beban, sakit, terjepit, diperas dan terbakar di bagian dada, yang dapat menjalar ke lengan kiri, leher dan punggung bila sudah parah.
Untuk melakukan pertolongan pertama pada orang yang menderita serangan jantung adalah kita harus melakukannya dengan cepat dan tepat. Hal itu bertujuan untuk menghindari kesalahan dan dampak buruk akibat proses penanganan yang kita lakukan kepada orang yang terkena serangan jantung. Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan saat melakukan pertolongan pertama pada serangan penyakit jantung :
  1. Tenangkan dulu diri anda dan diri si penderita supaya tidak panik dan khawatir.
  2. Jangan meninggalkan penderita sendirian.
  3. Letakkan tubuh korban dalam posisi terlentang denga posisi tangan lurus kesamping.
  4. Pastikan jalan nafas penderita terbuka dengan baik serta kendurkan semua pakaian yang terlalu ketat pada tubuh sikorban.
  5. Berikan tekanan pada bagian jantung korban dengan pijatan guna memberikan efek kejut dan laju jantung.
  6. Bila si korban belum merasa baikan, segera bawa sikorban kerumah sakit atau klinik kesehatan terdekat.
Menjaga kesehatan jantung memang sangat penting dilakukan sejak usia dini. Hindari makan makanan yang berkolesterol tinggi demi kesehatan anda dalam jangka panjang karena ada pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Sekian dan salam KRITERIATOR.

Baca Juga : Alasan Utama Kenapa Anda Harus Makan Pelan Pelan – Tips Sehat

Advertisement

No comments.

Leave a Reply