Penyebab tidur mendengkur (ngorok) dan cara mengatasinya

Penyebab tidur mendengkur (ngorok) dan cara mengatasinya

Caradini.my.id – Mungkin Anda pernah melihat atau mendapati seseorang yang tidur dengan keadaan mendengkur atau ngorok, itu sangat mengganggu sekali apa lagi jika kita juga ingin tidur, sementara di samping kita ada orang yang sedang mendengkur atau ngorok, terasa sangat risih dan berisik pastinya. itu jika orang lain yang mendengkur, coba Anda bayangkan jika Anda sendiri yang sedang mengalaminya. Selain akan mengganggu orang lain yang tidur di samping kita, tentu kita sendriri juga akan merasa risih dan malu sekali.
Tidur mendengkur atau ngorok
Di kesempatan ini Cara dini akan memberikan sedikit informasi penyebab tidur Anda mendengkur berikut dengan cara mengatasinya.
Sebenarnya orang mendengkur bisa di lihat frekuensi dan juga volume dengkuran orang tersebut apakah orang tersebut memiliki gangguan tidur yang bisa mengancam nyawa atau hanya dengkuran biasa, yaitu seperti apnea tidur obstruktif yang merupakan gangguan tidur yang dapat mengakibatakan pernafasan berhenti atau bisa membuat pernafasan menjadi rendah atau dangkal. orang yang tidur ngorok atau mendengkur yang terlalu keras ialah merupakan jenis gejala tidur yang paling umum dari apnea tidur obstruktif yang merupakan jenis gejala yang banyak diderita oleh orang-orang.
Pernahkah Anda berpikir kenapa orang yang tidur mendengkur jarang sekali orang itu tersadar atau terbangun dari tidurnya karena dengkurannya itu. Orang yang mengdengkur bisa terjadi karena sebuah gangguan pernafasan atau orang tersebut mengalami kekurangan pasokan udara atau oksigen yang masuk kedalam tubuh mereka pada saat orang itu tertidur.
Inilah alasan kenapa banyak orang tidur mendengkur atau ngorok.
Tidur mendengkur bisasanya di picu oleh saluran udara yang mengecil atau menyempit pada lubang hidung dan juga pada tenggorokan yang berfungsi untuk mengontrol jumlah udara atau oksigen yang terhirup masuk ke dalam tubuh kita. Sebenarnya, suara dengkuran yang timbul pada saat tidur merupakan hasil dari reaksi udara yang berusaha untuk dapat masuk kedalam tubuh kita yang melewati langit-langit mulut, tonsil, uvula, lidah dan juga otot-otot yang terdapat pada tenggorokan. Apa bila udara yang kita hirup tidak bisa dengan bebas dan leluasa keluar masuk kedalam rongga mulut dan juga hidung, hal inilah yang akan mengakibatkan terjadinya suara dengkuran pada daerah rongga mulut pada mulut kita pada saat kita sedang tertidur.
Sebelumnya caradini.my.id juga akan memberikan pola dengkuran yang terjadi pada saat kita tertidur. Hal ini merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk mengetahui pola tidur dan juga dengkuran seseorang tersebut. Dengan posisi tidur akan mengungkapkan lebih banyak hal salah satunya termasuk mengetahui kenapa Anda bisa mendengkur pada saat kita tertidur.
  1. Mendengkur pada semua posisi tidur 
    Hal ini akan menunjukkan bahwa dengkuran Anda sudah parah dan membutuhkan pertolongan yang akan lebih komperehensif.
  2. Mendengkur dengan mulut tertutup 
    Hal ini menunjukkan bahwa terjadinya masalah yang terdapat pada lidah Anda.
  3. Mendengkur pada saat tidur telentang 
    Kejadian ini merupakan kejadian yang tidak terlalu parah atau masih ringan, untuk menangani masalah ini Anda cukup dengan mengubah pola tidur Anda, dengan mengubah kebiasaan tidur Anda dan gaya hidup yang lebih baik.
  4. Mendengkur dalam keadaan mulut yang terbuka 
    Hal ini menunjukkan bahwa terjadinya masalah pada jaringan di tenggorokan Anda.
Dan berikut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi Anda mendengkur pada saat tertidur.
  1. Usia 
    Usia merupakan salah satu faktor penyebab mendengkur, seiring bertambahnya umur atau usia yang semakin bertambah dan bertambah yang membuat Anda tidak lagi tampak muda, maka tenggorokan Anda akan menjadi lebih sempit berikut juga kekencangan otot pada tenggorokan Anda pun akan menurun.
  2. Masalah Pada Hidung dan Sinus 
    Permasalahan pada hidung dapat menghalang udara yang masuk yang akan berakibat pada proses pernapasan yang akan menjadi lebih sulit, hal ini mengakibatkan seseorang tersebut menjadi mendengkur atau ngorok saat tidur.
  3. Gaya Hidup Tidak Sehat 
    Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi faktor penyebab tidur Anda menjadi mendengkur atau ngorok, gaya hidup tidak sehat itu bisa seperti mengkonsumsi alkohol dan juga merokok atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang akan meningkatkan relaksasi otot Anda yang akan lebih mudah mendorong anda untuk tidur dalam keadaan mendengkur.
  4. Kondisi Tubuh Tertentu 
    Kondisi tubuh seorang pria memiliki saluran udara yang lebih sempit jika dibandingkan dengan saluran pernafasan seorang wanita. jadi kemungkinan besar seorang pria lebih memungkinkan tidur dengan keadaan mendengkur atau ngorok. faktor lain yang termasuk dalam kategori ini juga yaitu tenggorokan yang sempit, langit-langit mulut yang terbelah kelenjar gondok yang membesar dan juga hal-hal lain yang menyangkut fisik pada tenggorokan dan mulut.
    • Posisi Tidur.
      Dengan posisi tidur dalam keadaan telentang akan menyebabkan daging pada tenggorokan anda menjadi rileks dan udara yang terblokir sehingga mengakibatkan tidur yang mendengkur atau ngorok.
    • Kelebihan berat badan (Obesitas).
      Dengkuran bisa disebabkan oleh jaringan lemak pada tubuh Anda dan juga otot yang lemah yang akan berkontribusi menyebabkan dengkuran.
Nah, setelah Anda mengetahui faktor-faktor mendengkur diatas sekarang caradini.my.id akan memberikan sedikit solusi untuk mengatasi dan mencegah masalah yang mungkin sedang Anda alami ini. Untuk mengatasi masalah tidur mendengkur atau ngorok ini Anda bisa menggunakan alat-alat atau piranti yang sudah banyak di pasaran pada saat ini, yang mengklaim bisa mengatasi masalah dengkuran yang mungkin sedang Anda alami. Akan tetapi cara ini tidak terlalu efektif, masih banyak diantaranya yang belum terbukti dengan keampuhan yang di tawarkannya.
Menurut para ahli lebih menenkankan kepada kita tentang mengatasi hal ini dengan menggunakan tehnik-tehnik tertentu yang lebih teruji kefektifannya jika di banding dengan cara membeli alat yang di jual dipasaran. Cara ini bisa saja berbeda hasilnya pada setiap orang tergantung cara menerapkannya, usahanya dan juga gaya hidupnya. Adapun langkah-langkah tersebut yang di berikan oleh para ahli ialah dengan mengetahui penyebab kenapa tidur Anda mendengkur. Catatlah setiap pola tidur anda, Anda bisa meminta bantuan kepada teman satu kos atau salah satu anggota keluarga Anda, selain itu Anda juga bisa dengan memasang kamera untuk merekam rekaman visual pada saat anda sedang tidur. Hal ini bermaksud supaya Anda bisa mengetahui pola dengkuran yang mungkin sedang Anda alami. Dengan begini Anda akan lebih mudah untuk mengetahui pola dengkuran yang sedang Anda alami, Cara ini bermaksud supaya Anda bisa memperjelas penyebab kenapa Anda bisa mendengkur ketika sedang tidur dan cara ini juga merupakan cara untuk mempermudah untuk Anda menangani masalah ini.
Dan berikut Ada berberapa cara untuk menangani masalah mendengkur dengan cara mandiri agar dengkuran Anda dapat segera berhenti.
  1. Melakukan aktifitas Fisik atau Olahraga 
    Olahraga biasanya dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengencangkan otot pada tenggorokan anda, tentunya hal ini akan mengatasi masalah tidur mendengkur yang sedang anda alami.
  2. Tidur Menyamping 
    Hindarilah tidur dengan keadaan telentang, karena tidur telentang dapat mengakibatkan lidah dan jaringan lunak pada mulut semakin menuju kedalam rongga mulut, dan juga hal ini bisa menyumbat aliran udara yang ingin masuk kedalam. hal ini lah yang mengakibatkan Anda tidur mendengkur.
  3. Hindari Mengkonsumsi Alkohol 
    Hindarilah mengonsumsi alkohol, obat tidur, dan juga obat penenang, karena jenis-jenis obat-obatan tersebut dapat mengendurkan otot-otot pada tenggorokan anda dan juga dapat mengganggu pernapasan anda. Dan apa bila Anda membutuhkan obat penenang atau pun obat tidur, maka lebih baik konsultasikan langsung kepada dokter yang menangani Anda. Karena ada sebagian obat tidur yang bisa membuat tidur mendengkur Anda malah semakin parah.
  4. Dengan Pola Tidur Teratur 
    Berikan waktu yang cukup untuk tidur anda, dengan cara menetapkan waktu tidur anda, dan dengan memberikan waktu durasi yang cukup untuk tidur Anda dan juga memberikan kualitas yang baik untuk tidur Anda. Apabila tidur Anda bisa berkualitas, maka akan meminimalkan mendengkur pada tidur Anda.
  5. Berhenti Merokok 
    Apa bila Anda merupakan seorang perokok dan tidur Anda memiliki masalah mendengkur maka sebaiknya anda berhenti untuk merokok, karena seorang perokok memiliki peluang tidur mendengkur yang lebih tinggi. Hal ini karena merokok bisa menyebabkan penyempitan pada saluran udara yang di akibatkan oleh adanya iritasi selaput pada hidung dan tenggorokan seorang perokok itu. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi tidur mendengkur.
  6. Menghindari mengkonsumsi Kafein dan Makanan Berat Sebelum Tidur 
    Apa bila tidur Anda mendengkur, maka menghindari mengkonsumsi makanan yang berat serta kafein merupakan salah satu cara yang tepat untuk anda lakukan, usahakan agar anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman tersebut pada saat dua jam sebelum waktu Anda tidur. Produk susu dan juga susu kedelai juga termasuk di dalamnya yang merupakan minuman yang sebaiknya Anda hindari sebelum tidur.
  7. Menjaga kelembaban Udara Kamar Tidur 
    Udara yang kering bisa mengakibatkan selaput hidung dan juga tenggorokan Anda teriritasi yang berakibat pada tidur Anda dan berpeluang besar tidur Anda menjadi mendengkur. Oleh sebab itu, maka sebaiknya jagalah kamar tidur anda dalam supaya selalu dalam keadaan lembab. Anda bisa menggunakan alat pelembab udara atau humidifier.
  8. Menurunkan  Berat Badan 
    Lakukanlah program diet atau olah raga teratur untuk menurunkan berat badan Anda, hal ini berfungsi untuk mengurangi jaringan lemak di bagian belakang tenggorokan Anda walaupun baru menurunkan berat badan yang hanya sedikit.
  9. Tidur Dengan Kepala Lebih Tinggi 
    Gunakanlah bantal pada saat anda tidur, hal ini bermaksud supaya kepala anda dalam keadaan yang lebih tinggi dari badan Anda sebanyak beberapa inci dapat yang bertujuan untuk mempermudah pernapasan dan juga mendorong lidah dan rahang untuk bergerak ke depan. hal ini Akan mengurangi tidur mendengkur yang mungkin sedang Anda alami. Anda juga bisa menggunakan bantal khusus yang di jual dipasaran yang dapat mencegah tidur mendengkur dan pastikan juga supaya otot leher anda tidak mengkerut.
  10. Memastikan Hidung Anda Tidak Tersumbat 
    Apa bila hidung Anda dalam keadaan tersumbat, Anda bisa mengatasi hidung tersumbat dengan cara menghirup uap air panas, menghirup minyak kayu putih, minum air jeruk nipis hangat, berkumur dengan menggunakan air garam, dan lain-lain. Karena apabila hidung Anda tersumbat makan akan membuat proses penghirupan udara menjadi lebih sulit yang mengakibatkan tenggorokan anda menjadi kosong karena tidak adanya udara. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor tidur mendengkur.
  11. Latihan tenggorokan 
    Latihan tenggorokan juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan dengkuran pada saat tidur. Latihan tenggorokan bisa Anda terapkan paling tidak selama 30 menit setiap harinya. Yaitu dengan mengucapkan suara vokal-vokal tertentu yaitu seperti mengucapkan a-i-u-e-o berulang-ulang supaya otot-otot di saluran pernafasan di bagian atas semakin kuat. 
    Selain hal tersebut, ada berberapa hal yang bisa anda lakukan untuk melatih tenggorokan anda, yakni dengan cara sebagai berikut.
    • Posisikan ujung lidah tepat di belakang gigi depan bagian atas. Lalu geser lidah Anda menuju ke belakang atau mundur. Lakukanlah cara ini lebih kurang selama 3 menit dalam sehari.
    • Menutup mulut dan ditambah dengan mengerutkan bibir anda, Kemudian Tahan selama 30 detik dan ulang.
    • Lakukan pergerakan rahang kekiri dan kekanan dengan cara, buka mulut anda kemudian lakukan pergerakkan pada rahang anda ke sebelah kiri dan tahan sebentar selama 30 detik lalu ganti gerakan kesebelah kanan dengan jeda waktu yang sama.
    • Kontraksikan otot pada bagian belakang tenggorokan anda berulang kali dengan mulut terbuka selama 30 detik, pada saat melakukannya maka sebaiknya lakukan dengan melihat cermin untuk mengetahui bola yang menggantung di tenggorokan yang di sebut uvula yang bergerak naik turun. 
Demikian sedikit informasi tentang penyebab tidur mendengkur atau ngorok dan cara mengatasinya. Disarankan supaya anda mengkonsultasikan ke dokterterdekat jika memang anda merasa kondisi anda sudah semakin parah. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah Anda yang mungkin sedang Anda alami.
Baca juga artikel lainnya
Jenis-jenis makanan penambah darah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply