Penyebab Kuning Pada Penyakit Hepatitis

Penyebab Kuning Pada Penyakit Hepatitis

Penyebab Kuning Pada Hepatitis

X-PENYAKIT – Terjadi kuning pada mata dan kulit atau Ikterus adalah karena tingginya kadar Bilirubin yang terdapat pada sirkulasi darah. Bilirubin adalah produk utama dari penguraian sel darah merah yang tua. Bilirubin disaring dari darah oleh hati dan dikeluarkan pada cairan empedu. Seharusnya Bilirubin tidak terlalu tinggi karena secara normal akan dikeluarkan bersamaan dengan air seni dan air besar.

Peningkatan Bilirubin yang menyebabkan kuning bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu Ikterus Prehepatik, Ikterus Hepatik dan Ikterus Posthepatik. Kondisi kuning atau Ikterus Prehepatik merupakan gangguan pada fase sebelum hati, biasa terjadi karena adanya proses pecahnya sel darah merah beserta hemoglobin yang berada didalamnya. Pecahnya hemoglobin secara otomatis akan mengakibatkan tingginya kadar Bilirubin didalam darah. Penyakit yang menyebabkan Ikterus Prehepatik adalah malaria dan Thalasemia. Selain itu, anemia dan pendarahan hebat juga menjadi salah satu penyebab Ikterus Prehepatik. Kondisi kekuningan ini timbul karena adanya gangguan pada kantung empedu yang secara anatomi terletak menempel pada bagian dalam hati. Penyumbatan kantung empedu oleh cacing hati atau batu adalah salah satu penyebab umum dari Ikterus Posthepatik

Ikterus Hepatik adalah ikterus yang terkait dengan radang hati atau hepatitis karena menyebabkan penurunan kerja sel-sel hati dalam fungsinya mengatur sirkulasi dan metabolisme Bilirubin. Jika sel-sel hati bekerja secara normal maka kadar Bilirubin dalam sirkulasi berkisar antara 0,1 hingga 1 mg/dl plasma darah. Penderita Ikterus atau kuning karena radang hati biasanya memiliki kadar Bilirubin dalam plasma darah lebih dari 2,5 mg/dl atau meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan kadar normal

Tes Fungsi Hati

Penentuan secara pasti seseorang terserang hepatitis atau radang hati membutuhkan serangkaian tes yang disebut tes fungsi hati. Tes fungsi hati digunakan untuk memeriksa beberapa enzim dan protein yang spesifik, yang berkaitan kerja hati.

Diagnosis atau penentuan seseorang menderita hepatitis tak bisa hanya beradasarkan pada pengukuran enzim saja. Demi meningkatkan akurasi diagnosis dibutuhkan pemeriksaan Bilirubin dalam darah, karena hepatitis akan menyebabkan Ikterus Hepatik yang tercermin dalam tinggi kadar Bilirubin dalam plasma darah.

Selain itu, pengukuran Albumin juga dilakukan sebagai pelengkap tes fungsi hati. Albumin adalah sebuah protein spesifik yang diproduksi oleh sel-sel hati, sehingga gangguan sel-sel hati menyebabkan turunnya produksi Albumin.

Baca Juga:

  • Proses Penularan Hepatitis Beserta Pengobatannya
  • Penyakit Hepatitis – Jenis, Penyebab dan Gejalanya
  • Kegunaan Darah Pada Manusia 
  • Penyebab Gejala Penyakit Anemia Beserta Ciri-Cirinya 
  • Cara Pencegahan dan Pengobatan Kanker Serviks 
  • Ciri-Ciri Penyebab Gejala Kanker Serviks 
  • Pertolongan dan Pengobatan Penyakit Epilepsi (Sawan) 
  • Penyebab Penyakit Epilepsi atau Ayan 
  • Mengenali Penyakit Epilepsi Disekitar Kita
  • Mengatasi dan Mencegah Diabetes Dengan Pengobatan Herbal

Advertisement

No comments.

Leave a Reply