Penyakit Hepatitis – Jenis, Penyebab dan Gejalanya

Penyakit Hepatitis – Jenis, Penyebab dan Gejalanya

Penyakit Hepatitis

X-PENYAKIT – Apa Itu Hepatitis? Hepatitis sebagai sebuah penyakit mengenal dua fase penyakit yaitu akut dan kronis. Penderita hepatitis fase akut mengalami peradangan hati dalam hitungan minggu dan bulan, namun telah minimbulkan gejala klinis yang spesifik. Munculnya warna kekuningan pada bola mata adalah gejala yang khas dalam penyakit hepatitis fase akut.

Sebaliknya hepatitis kronis adalah sebuah fase penyakit yang berlangsung dalam periode yang lama minimal 6 bulan. Artinya penyakit ini sebenarnya telah menyerang seorang penderita dalam waktu yang cukup lama. Namun relatif lambat dalam hal penampakan gejala klinisnya. Hepatitis kronis lebih jarang ditemukan tetapi bisa menetap sampai bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun sebelum gejala berupa pembengkakan perut dan kaki muncul. Biasanya ringan dan tidak menimbulkan gejala atau menyebabkan kerusakan hati yang berarti. Pada beberapa kasus peradangan terus menerus secara perlahan menyebabkan kerusakan hati.

Jenis-Jenis Hepatitis dan Penyebabnya

Salah satu gejala spesifik dari penyakit radang hati fase akut adalah kelelahan. Air seni penderita berwarna kuning gelap, beberapa penderita mengalami mual dan kadang disertai dengan demam. Dapat juga muncul warna kuning pada beberapa bagian tubuh khususnya mata. Dalam bahasa medis kondisi kuning ini disebut dengan Ikterus.

Hepatitis akut paling sering disebabkan oleh virus, namun hepatitis akut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan dan vaksin. Hepatitis akut klasik disebabkan oleh salah satu dari 5 virus hepatitis A, B, C, D dan hepatitis E. Fase penyakit hepatitis tidak secepat penyakit dengan organ lain.

Virus hepatitis A merupakan Pikornavirus mirip dengan virus Folio dan Rhinovirus. Virus terdapat diserum dan tinja pasien yang menderita hepatitis A. Hepatitis A sangat menular, ditularkan melalui makanan yang telah terkontaminasi oleh Feses yang dapat menyebar melalui tangan orang yang telah terinfeksi. Pemakan ikan dan kerang-kerangan yang terkontaminasi telah mengakibatkan epidemi hepatitis A. Hepatitis A bisa menular secara seksual pada pria homeseksual dan merupakan penyakit yang umum dikalangan pecandu narkoba yang menggunakan jarum suntik.

Virus hepatitis B ditularkan melalui inokulasi perkuratan serum yang terinfeksi atau produk darah. Model penularan yang paling umum pada pria homoseksual yaitu dengan kontak oral. Hepatitis B juga dapat ditularkan ke janin selama kehamilan.

Virus hepatitis C ditularkan melalui Rute Parenteral termasuk transfusi darah, pekerjaan yang memiliki resiko terpapar darah dan penyalahgunaan narkoba suntikan. Hepatitis C adalah infeksi yang paling umum di Amerika Serikat yang ditularkan melalui darah. Penularan melalui sikat gigi dan pisau cukur merupakan rute transmisi yang mungkin bisa terjadi.

Hepatitis juga dapat disebabkan oleh metabolisme yang abnormal, ini terjadi karena timbunan lemak yang berlebih di organ hati. Kondisi ini seringkali dialami oleh wanita selama kehamilan yang disebabkan oleh pola makan yang salah. Selain itu juga bisa terjadi karena kelebihan unsur tembaga disekitar organ hati dan otak.

Baca Juga:

  • Penyebab Kuning Pada Penyakit Hepatitis
  • Proses Penularan Hepatitis Beserta Pengobatannya
  • Kegunaan Darah Pada Manusia 
  • Penyebab Gejala Penyakit Anemia Beserta Ciri-Cirinya 
  • Cara Pencegahan dan Pengobatan Kanker Serviks 
  • Ciri-Ciri Penyebab Gejala Kanker Serviks 
  • Pertolongan dan Pengobatan Penyakit Epilepsi (Sawan) 
  • Penyebab Penyakit Epilepsi atau Ayan 
  • Mengenali Penyakit Epilepsi Disekitar Kita
  • Mengatasi dan Mencegah Diabetes Dengan Pengobatan Herbal

Advertisement

No comments.

Leave a Reply