Mengobati dan Mencegah Penyakit Tipes

Mengobati dan Mencegah Penyakit Tipes

Mengobati Penyakit Tipes

X-PENYAKIT – Ada beberapa cara dalam mengobati dan mencegah penyakit tipes diantaranya melalui pengobatan medis dan alternatif, simak penjelasannya berikut ini.

Pengobatan Medis

Secara kedokteran medis obat untuk penyakit tipes adalah antibiotika golongan kloramfenikol, tiamfenikol, ciprofloxacin dan lain-lain yang diberikan selama 7 hingga 10 hari. Penggunaan obat-obatan ini harus dengan resep dokter. Obat pun diminum sampai habis, meski pada hari ketiga atau keempat demam atau gejala lain sudah mulai redah obat harus tetap diminum. Karena apabila tidak dihabiskan dikhawatirkan bakteri penyebab tipes yang ada didalam tubuh belum semuanya mati, akibatnya tipes akan mudah kambuh kembali.

Pengobatan Alternatif

Selain pengobatan medis ada pengobatan lainnya yang santer terdengar dimasyarakat. Salah satu obat alternatif yang dipercaya dapat menyembuhkan tipes salah satunya adalah ekstrak cacing tanah. Mungkin terdengar menjijikkan namun banyak orang membuktikan keampuhan cacing tanah dalam mengatasi penyakit tipes. Walaupun belum ada penelitian secara medis klinis, beberapa orang telah mengungkapkan bahwa cacing tanah jenis Lumbricus Rubellus dapat digunakan sebagai antipiretik untuk mengatasi demam karena tipes.

Penggunaannya cukup aman bagi tubuh karena efek kimia cacing tanah tidak mengakibatkan efek racun. Cacing tanah jenis Lumbricus Rubellus disebut memiliki kandungan nutrisi diantaranya mengandung kadar protein sangat tinggi yaitu sekitar 76% protein asam animo berkadar tinggi, 17% karbonhidrat, 45% lemak, dan 1,5% abu. Cacing tanah juga disebut memiliki senyawa aktif yang mampu melumpuhkan bakteri Patogen khususnya insersio koli berlebih penyebab diare.

Selain itu ekstrak cacing tanah juga disebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang dapat menyebabkan tipes. Enzim dalam cacing tanah mampu memperbaiki proses fisiologi tubuh sehingga gangguan penyakit pada sirkulasi darah menjadi berkurang. Bahkan enzim tersebut dapat membantu pencernaan makanan sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu dapat juga mengkonsumsi teripang, karena saat ini teripang sudah dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk penyakit tipes. Teripang mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti bakteri yang mampu menghambat dan membunuh pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tipes.

Pencegahan Tipes

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam usaha mencegah penyakit tipes adalah dengan melakukan vaksinasi kedalam tubuh seseorang atau lebih tepatnya kedalam tubuh seorang anak. Ada 2 macam vaksin yang diberikan kedalam tubuh anak.
1. Vaksin berupa kuman mati dan diberikan melalui cara injeksi.
2. Vaksin berupa kuman yang dilemahkan, berbeda dengan vaksin jenis pertama vaksin yang kedua ini diberikan dengan cara oral.
Kedua jenis vaksinasi tersebut tidak bisa diberikan secara sembarangan kepada semua anak. Harus ada beberapa persyaratan terkait dengan pemberian jenis vaksinasi tersebut. Vaksin Thyphoid yang diberikan secara oral hendaknya diberikan kepada seorang anak yang berumur kurang dari 6 tahun. Kemudian vaksinasi yang diberikan secara oral hendaknya diberikan kepada seorang anak yang belum melebih usia 2 tahun.

Baca Juga:

  • Penyebab Gejala Penyakit Anemia Beserta Ciri-Cirinya
  • Cara Pencegahan dan Pengobatan Kanker Serviks
  • Ciri-Ciri Penyebab Gejala Kanker Serviks
  • Pertolongan dan Pengobatan Penyakit Epilepsi (Sawan)
  • Penyebab Penyakit Epilepsi atau Ayan
  • Mengenali Penyakit Epilepsi Disekitar Kita
  • Mengatasi dan Mencegah Diabetes Dengan Pengobatan Herbal
  • Ciri Gejala Umum Penyakit Diabetes
  • Bagaimana Cara Merawat Penderita Tipes
  • Mewaspadai Penyebab Gejala Penyakit Tipes (Typus)

Advertisement

No comments.

Leave a Reply