Mari Cegah Diare Pada Anak dengan 5 Cara Efektif

makanan-untuk-anak-diare-1000x400

Diare adalah gangguan pencernaan yang sering dialami, termasuk anak-anak. Diare pada anak sangat mengganggu aktivitasnya. Sebagai orang tua, tentunya Anda tak tega melihat anak mengalami diare apalagi jika berkepanjangan. Untuk itu, jangan sampai diare menghampiri. Upayakan untuk mencegah diare dengan 5 cara efektif berikut ini.

  1. Memberikan Makanan serta Minuman yang Sehat dan Higienis

Makanan serta minuman menjadi faktor utama gangguan pencernaan berupa diare. Gangguan kesehatan ini bisa dicegah dengan pemberian makanan serta minuman yang sehat serta higienis. Berilah makanan dan minuman bernutrisi cukup untuk kesehatan tubuh. Cuci bersih bahan makanan dengan air bersih sebelum memasaknya agar debu dan kotoran hilang.

Setelah itu, olah bahan makanan tersebut dengan memasaknya hingga matang sempurna agar kuman dan bakteri bisa mati dan tidak masuk ke tubuh. Gunakan peralatan masak yang higienis serta sajikan dalam perlengkapan makan yang terjamin kebersihannya. Untuk minuman, lakukan hal yang sama.  Sajikan dengan perlengkapan makan yang bersih.

  1. Jangan Memberikan Makanan Terlalu Asam atau Pedas

Cita rasa makanan memang bermacam-macam. Makanan yang terlalu asam, seperti buah-buahan yang belum terlalu matang ataupun buah mengandung vitamin C, bisa memicu terjadinya diare apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Karenanya, jangan biarkan anak untuk mengonsumsi makanan asam berlebihan ataupun yang terlalu asam.

Penggunaan bumbu dalam masakan bisa jadi alasan terjadinya diare pada anak. Bumbu yang pedas karena merica bisa memicu terjadinya diare. Untuk itu, kurangi pengunaannya agar kesehatan pencernaan anak tidak terganggu. Berikan makanan sedap dan gurih dengan komposisi bumbu yang aman untuk pencernaan.

  1. Mengajarkan Anak untuk Mencuci Tangan Sebelum Makan

Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah diare. Ajarkan anak Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan agar kuman dan bakteri bisa mati dan hilang. Karenanya, anak bisa melahap makanan dalam kondisi bersih dengan tangan yang bersih pula.

Jangan lupa, gunakan sabun anti kuman untuk mencuci tangan agar kuman mati dengan sempurna. Lifebuoy merupakan salah satu sabun anti kuman yang bisa digunakan untuk mencuci tangan secara rutin. Hal ini bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak secara menyeluruh dengan adab makan yang baik, yaitu dengan kebersihan makanan.

  1. Menyimpan Makanan di Tempat Bersih

Menyimpan makanan serta bahan makanan juga harus di tempat yang bersih. Usahakan untuk mempunyai rak khusus untuk menyimpannya. Agar tetap higienis, bersihkan rak tersebut secara rutin dan berkelanjutan. Dengan demikian, anak akan memperoleh makanan yang tetap higienis, yaitu terhindar dari kuman dan bakteri.

Upayakan juga untuk selalu menutup makanan dan minuman yang ada di meja. Tutuplah semua sajian makanan dengan tudung saji untuk menghindari lalat yang bisa menghinggapinya. Selain itu, tutup gelas minuman dengan rapat agar bibir gelas tidak dihinggapi lalat. Hal ini merupakan bagian dari penyimpanan makanan yang baik.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan pencernaan. Lingkungan yang bersih akan memberikan manfaat agar makanan dan minuman bisa terjaga kebersihannya. Debu dan kotoran bisa dihindarkan dan meminimalisir kemungkinan terjadinya diare karena adanya debu dalam makanan.

Itulah beberapa cara efektif sebagai jurus Anda untuk mencegah diare pada anak. Dengan demikian, si kecil akan terhindar dari diare dan bisa melakukan setiap aktivitasnya dengan baik. Penyebab diare seperti kuman dan bakteri bisa terhindar dari anak jika menjaga makanan dan minuman dengan baik serta membudayakan mencuci tangan sebelum makan.

 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply