Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan tubuh

Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan tubuh

Manfaat gerakan Sholat bagi kesehatan – CaraDini.my.id – bagi umat muslim Sholat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap hari, sampai-sampai mereka menganggap sholat itu bukan lagi merupakan perintah agama tapi sholat itu sudah menjadi kebutuhan. Namun, yang demikian itu terlalu jarang dan sangat sedikit yang melakukannya, mereka semua tak pernah terpikir tentang perintah sholat, padahal setiap yang di perintahkan oleh agama islam pasti ada manfaatnya, salah satunya sholat ini.
Setiap pegerakan yang terdapat pada sholat ada manfaat dan khasiat untuk kesehatan bagi yang menjalankannya.

Sholat 5 waktu merupakan bagian dari rukun islam, yaitu rukun islam yang ke-2, sholat juga sering di sebut sebagai tiang agama karena sholat sebagai penyempurna amalan kita sebagai umat muslim.
Seperti yang sudah dikatakan tadi walau pun mereka ketahui tentang kewajiban sholat tapi masih jarang yang menjalankannya, agar anda mau untuk menunaikan sholat, anda harus tahu ada banyak manfaat dan khasiat yang terdapat dalam setiap pegerakan sholat bahkan berjuta-juta yang bermanfaat bagi kesehatan, dan di antara yang berjuta itu akan CaraDini.my.id bagikan nantinya.

Gerakan-gerakan pada shalat adalah gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Para ahli medis pun juga ikut mengatakan bahwa gerakan pada shalat adalah gudangnya obat dari berbagai jenis penyakit.
Baca juga bahaya begadang bagi kesehatan dan cara memutihkan kulit wajah alami

Manfaat Shalat

Berikut adalah ulasan gerakan shalat beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

  • TAKBIRATUL IHRAM.
  • Gerakan awal pada shalat adalah Takbiratul Ihram yaitu dengan postur, berdiri tegak kemudian mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga, lalu melipatnya didada bagian bawah. Gerakan ini memiliki khasiat untuk, Melancarkan peredaran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Dengan Posisi jantung di bawah kepala akan membuat darah mudah untuk mengalir lebih lancar ke seluruh bagian tubuh. Ketika tangan diangkat, otot bahu akan merenggang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lebih lancar. Setelah itu kedua tangan didekapkan didada bagian bawah, hal ini akan membuat berbagai gangguan persendian menjadi terhindar.

  • RUKUK
  • Gerakan selanjutnya yaitu Rukuk, dengan gerakan tubuh tulang belakang lurus datar air, posisi kepala sejajar dengan punggung. Sehingga benda bisa di letakkan di atas punggung kita. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan dan fungsi tulang belakang. Posisi jantung yang sejajar dengan kepala akan membuat aliran darah berjalan sempurna di bagian tengah tubuh. Tangan yang bertumpu pada lutut untuk merelaksasi otot-otot bahu hingga kebawah. Selain itu, rukuk juga melatih kantung kemih untuk mencegah terjadinya gangguan prostat.

  • I’TIDAL
  • Gerakan ini yakni gerakan dengan cara, berdiri dari rukuk, sambil tangan di angkat sampai sejajar dengan telinga seperti gerakan Takbiratul ihram. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih pencernaan yang sangat baik, karena i'tidal adalah gerakan variasi dari bungkuk berdiri dan bungkuk lagi yaitu sujud. Selain itu organ-organ pencernaan dari dalam perut akan di pijat dan mengalami pelonggaran secara bergantian, hal ini akan membuat pencernaan akan lebih lancar.

  • SUJUD
  • Gerakan sujud ialah gerakan dengan bentuk, Menungging dengan meletakkan tangan, lutut, ujung jari kaki, dan dahi di lantai sehingga keempat organ itu memiliki tempat yang sama dan sejajar dan jantung lebih tinggi dari kepala. Ini akan memberi manfaat untuk memompa aliran getah bening kebagian leher dan ketiak. Posisi jantung lebih tinggi dari kepala akan membuat darah kaya oksigen mengalir lebih maksimal ke dalam otak. Hal ini akan berpengaruh pada daya pikir seseorang menjadi lebih baik. Oleh karena itu, lakukanlah sujud dengan tenang dan sepenuh hati (tuma'ninah) agar darah bisa mencukupi kapasitas pada otak. Gerakan sujud juga bisa terhindar dari gangguan wasir. Dan Khusus bagi para wanita, baik gerakan rukuk atau pun sujud, ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

  • DUDUK
  • Gerakan setelah sujud yakni duduk, duduk terdiri dari dua macam yaitu duduk pada tahiyyat awal dan tahiyyat akhir, hal yang membedakannya ialah terletak pada posisi kaki, manfaat gerakan tahiyyat awal ialah untuk menghindari rasa nyeri pada paha, yang biasanya penderita tidak bisa berjalan, karena duduk tahiyyat awal ialah pegerakan yang menghubungkan pangkal paha dengan syaraf nervus Ischiadius. Sedangkan manfaat duduk tahiyatul akhir untuk mencegah impotensi bagi pria, karena posisi ini tumit menekan aliran kandungan kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Bentuk variasi dari posisi telapak kaki pada duduk tahiyyatul awal dan duduk tahiyyatul akhir membuat seluruh otot tungkai meregang lalu setelah itu rileks kembali. Gerakan duduk ini juga menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak pada tubuh.

  • SALAM
  • Gerakan terakhir pada shalat yakni salam, yaitu memutar kepala ke kanan dan ke kiri. Gerakan salam bermanfaat untuk merelaksasi otot sekitar leher dan kepala, menyempurnakan peredaran darah dalam kepala. Gerakan salam juga bisa mencegah sakit kepala dan akan menjaga kekencangan kulit wajah anda.

Itulah tadi sebagian manfaat dari gerakan shalat yang bisa CaraDini.my.id berikan, semoga setelah anda mengetahui manfaat dari pergerkan shalat akan meyakinkan dan akan membuat anda semakin rajin dan khusuk untuk beribadah shalat. Beribadah yang rutin bukan hanya untuk iman tapi kesehatan dan kecantikan akan tetap terjaga.
Dan apabila hamba-hamba-Ku
bertanya kepadamu tentang Aku,
maka (jawablah), bahwasanya
Aku adalah dekat. Aku
mengabulkan permohonan orang
yang berdoa apabila ia memohon
kepada-Ku, maka hendaklah
mereka itu memenuhi (segala
perintah-Ku) dan hendaklah
mereka beriman kepada-Ku, agar
mereka selalu berada dalam
kebenaran” (QS. Al-Baqarah : 186)
Baca juga artikel menarik lainnya, cara menambah berat badan ideal, obati batuk dengan alami
Sekian dari saya, wassalam..

Advertisement

No comments.

Leave a Reply