Jenis Makanan Penyebab Gangguan Diare

Jenis Makanan Penyebab Gangguan Diare

Gangguan Diare – Tentu anda sering atau pernah mengalami gangguan pencernaan seperti diare, sembelit bahkan wasir yang bisa menggangu aktivitas anda sehari hari. Biasanya gangguan itu muncul setelah anda memakan sesuatu sehingga membuat anda dapat menyimpulkan bahwa makanan merupakan salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang menyebabkan gangguan pencernaan anda. Tentu alangkah baiknya jika anda mengetahui makanan apa saja yang memicu terjadinya gangguan pencernaan anda. Berdasarkan yang KRITERIATOR rangkum, anda perlu menghindari beberapa jenis makanan dibawah ini bila anda tidak ingin terserang gangguan pencernaan.

Jenis Makanan Penyebab Gangguan Diare – KRITERIATOR

1. Makanan yang Digoreng.
    Yang dimaksud disini adalah makanan yang digoreng dengan kandungan lemak yang sangat tinggi. Makanan dengan potongan lemak daging dengan mentega atau krim yang dapat menimbulkan penderitaan pada perut anda. Ada baiknya untuk mengkonsumsi  makanan yang dipanggang atau dikukus dengan tambahan sayuran sebagai pengganti mentega dan krim.

2. Aneka Susu.
    Susu adalah salah satu makanan yang dapat memicu terjadinya diare, perut kembung, dan permasalahan usus. Kondisi tersebut dapat muncul akibat kurangnya enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk olahan susu lainnya.

3. Gula Buatan.
    Gula buatan merupakan salah satu penyebab terjadinya diare dan kram perut. Sebab, jika terlalu banyak mengunyah permen karet bebas gula yang dibuat dengan sorbitol dipercaya dapat menyebabkan diare dan kram. Selain itu, makan lebih dari 50 gram sorbitol dalam sehari dapat menyebabkan permasalahan pada usus. Hal ini dikarenakan tubuh manusia tidak dapat mencerna sorbitol.

4. Makanan Pedas.
    Makanan pedas tidak hanya menyebabkan gangguan pencernaan saja melainkan juga pemicu heartburn. Penelitian menyebutkan, makanan dengan berbahan dasar cabai dan merica dapat memicu terjadinya heartburn.

5. Fruktosa.
    Salah satu jenis gula lainnya yang dapat menyebabkan diare, kram dan kembung adalah fruktosa. Pada sebagian orang, mencerna makanan manis dengan fruktosa seperti soda, permen, jus buah bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, makanan tersebut dapat menyebabkan diare, perut kembung, kram dan beberapa gangguan pencernaan lainnya.

6. Makanan Berserat.
    Beberapa dari Anda memang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi serat guna mencegah sembelit dan wasir. Namun, tidak sedikit juga yang justru harus mengurangi makanan berserat tinggi seperti biji-bijian dan sayuran. Pasalnya, sistem pencernaan kita akan sulit untuk menyesuaikan diri sehingga terciptalah gas dan kembung. Nah, ada baiknya Anda cukup mengonsumsi makanan berserat dan tidak terlalu banyak.

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting termasuk didalamnya menjaga kesehatan pencernaan kita. Sering mengkonsumsi sayuran dan buah buahan yang seratnya pas, tentu sangatlah baik dalam proses pencernaan kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply