Jenis-jenis makanan untuk menambah darah

Jenis-jenis makanan untuk menambah darah

www.CaraDini.my.id – Cara menambah darah bisa delakukan dengan cara-cara tertentu yang telah di tentukan, dan salah satunya ialah dengan mengkonsumsi makan makanan yang bisa berfungsi untuk menambah darah. Makanan-makanan penambah darah itulah yang akan CaraDini.my.id berikan kali ini. Selain untuk menambah darah, makanan-makanan ini juga dapat di berfungsi sebagai makanan untuk mencegah anemia dan juga bisa membantu Anda untuk memenuhi nutrisi pada harian Anda. Ada pun gejala-gejala kurang darah atau Anemia bisa di lihat dari berberapa tanda-tanda seperti cepat lemas, cepat letih, lesu, dan juga pusing. Gejala-gejala Anemia bisa terjadi karena kebutuhan zat besi yang kurang terpenuhi dalam kehidupan keseharian Anda. Maka dari itu, Untuk menambah darah Anda dan juga untuk menjaga keseimbangan nutrisi keseharian Anda, yang Anda butuhkan adalah makanan yang mengandung zat besi.
makanan penambah darah
Pada dasarnya zat besi terdapat pada dua sumber makanan yaitu dari hewan dan tumbuhan. Untuk Zat besi yang berasal dari hewani biasanya dikenal dengan zat besi heme yang dapat dengan mudah kita dapatkan dalam berbagai jenis daging dan juga ikan. Sedangkan zat Besi yang berasal dari tumbuhan dikenal dengan zat besi nonheme. Besi nonheme bisa Anda dapatkan dari berberapa jenis sayuran tertentu dan dalam makanan yang diperkaya akan zat besi seperti sereal. zat besi heme akan menyerap tubuh lebih maksimal bila di bandingkan dengan zat besi nonheme. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang makanan-makanan apa saja yang bisa di gunakan untuk mengatasi masalah kurang darah atau anemia. Berikut adalah rinciannya.
Makanan untuk menambah darah
  1. Daging kambing 
    Salah satu makanan penambah darah yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa daging kambing adalah makanan yang bisa untuk menambah darah. Karena daging kambing mengandung berberapa jumlah nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti zat besi, protein dan mineral penting lainnya. 
  2. Daging bebek 
    Selain daging kambing tadi, daging bebek juga merupakan salah satu makanan untuk menambah darah yang sudah banyak di kenal orang akan manfaatnya tersebut. Bagi para penderita anemia yang membutuhkan tambahaan darah Anda bisa mencoba mengkonsumsi daging bebek ini secara teratur supaya hasil dapat lebih maksimal.
  3. Sayur bayam 
    Kita semua tahu bahwa ada makanan selain daging yang bisa kita gunakan untuk menambah darah Anda, yaitu sayuran yang juga mengandung zat besi walau pun tidak semua sayur, adapun sayur tersebut salah satunya yaitu bayam. Bayam merupakan makanan sumber zat besi yang cukup baik bagi tubuh manusia untuk membentuk kembali sel darah merah. Oleh sebab itu, dengan memperbanyak mengkonsumsi bayam maka akan mempercepat proses penambahan darah Anda berlangsung.
  4. Beras merah 
    Beras merah dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan karena beras merah telah di ketahui menagandung serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan dan bisa membantu membersihkan tubuh Manusia dari racun. Beras juga memiliki Kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga beras merah menjadi cukup efektif sebagai makanan untuk menambah darah. 
  5. Telur 
    Telur banyak mengandung protein yang tinggi, kalsium, vitamin serta zat besi. telur memang di kenal sejak lama sebagai makanan yang memiliki banyak mengandung nutrisi yang sangat penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, Dengan begitu, dengan mengkonsumsi telur akan sangat baik untuk membantu menambah darah. 
  6. Hati hewan 
    Hati memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, Jadi hati bisa di kategorikan sebagai makanan untuk menambah darah yang terbilang cukup paling efektif. Maka dari itu, mengkonsumsi hati akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan zat besi yang merupakan nutrisi penting untuk menambah darah. 
  7. Susu 
    Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan saat mengkonsumsi susu, susu adalah makanan super yang yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu anda untuk memperkecil resiko terkena anemia atau kekurangan darah. 
  8. Coklat hitam 
    Coklat hitam bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang sangat kuat bagi tubuh manusia, tidak hanya antioksidan saja, coklat juga mengandung banyak kandungan zat besi. dari 100 gram coklat akan memenuhi sekitar 35% dari kebutuhan zat besi pada harian anda. 
  9. Kentang 
    Tahukah Anda bahwa Kentang merupakan salah satu pilihan makanan terbaik sebagai makanan sumber zat besi untuk para vegetarian. Selain kentang mengandung zat besi yang dapat menambah darah, kentang juga memiliki kandungan vitamin C, dengan adanya vitamin C ini akan mempermudah bagi tubuh kita untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan  oleh tubuh kita. 
  10. Brokoli 
    sudahkah anda tahu bahwa brokoli memiliki banyak mengandung protein nabati yang cukup tinggi, selain itu, Brokoli juga mengandung zat besi yang  berperan sebagai makanan untuk menambah darah dengan cepat. Brokoli juga mengandung vitamin C seperti kentang yang dapat menangkal radikal bebas dan akan memperkuat sisitem imun. 
  11. Ikan Salmon 
    Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan yang bisa di gunakan sebagai makanan untuk menambah darah. Ikan salmon mengandung Vitamin B12 yang merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah darah. Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Fungsi dari vitamin B12 ini ialah untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah, dan juga menjaga sistem saraf serta sel-sel sehat lainnya untuk tubuh yang sehat. Oleh sebab itu Vitamin B12 ini menjadi salah satu makanan yang sangat penting untuk proses pembentukan DNA.
  12. Kubis 
    Kubis juga bisa kita gunakan sebagai makanan untuk menambah darah bagi yang mngalami gejala amenia atau kurang darah. Banyak sekali sayur-sayuran yang bisa kita manfaatkan untuk menambah darah ini, oleh karena itu Bagi Anda para vegetarian tidak usah khawatir untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian anda. Makanan jenis sayur ini bisa anda sajikan dalam bentuk mentah sebagai lalapan atau pun memasaknya sebagai sayur. 
  13. Gandum 
    Gandum banyak mengandung serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan tubuh anda, kandungan zat besi yang terdapat dalam gandum berfungsi untuk mengatasi anemia, dengan mengkonsumsi gandum maka akan menambah darah anda secara cepat. Selain itu, gandum juga rendah gula sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. 
  14. Kerang 
    Zat besi yang terdapat di dalam Kerang sangat tinggi. Dalam tiga ons kerang yang telah dimasak atau sekitar 9 biji kerang kecil, mengandung Zat besi sekitar 24 miligram. Oleh karena itu, kerang bisa Anda manfaatkan sebagai makanan untuk menambah darah Anda. selian selain hal-hal tersebut, Kerang juga merupakan sumber yang baik dari fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan dan juga selenium. 
  15. Buah strawberry 
    Sudahkah anda tahu bahwa strawberry mengandung zat besi yang sangat baik untuk tubuh manusia, walaupun sebenarnya mengkonsumsi strawberry ini tidak bisa menambah darah dengan cepat, tapi buah dan sayur dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk membantu anda untuk mendapatkan vitamin dan juga antioksidan. Selain dapat menambah darah, buah juga lebih rendah lemak dan juga berserat tinggi karena kombinsi dari kedua bahan tersebut akan menjadikan buah-buahan mempunyai kelebihannya sendiri dibandingkan dengan daging dalam perannya sebagai makanan untuk penambah darah. 
  16. Kedelai 
    Menurut para ahli dari sebuah penelitian mengatakan bahwa kedelai rebus memiliki kandungan zat besi mencapai 58,22 ppm, kedelai yang telah di fermentasi selama 1 hari memiliki kandungan zat besi sekitar 25,53 ppm dan tempe yang merupakan hasil dari olahan kacang kedelai memiliki kadungan zat besi mencapai 62.84 ppm. Dengan begitu dengan hasil yang demikian akan mengkategorikan kacang kedelai sebagai makanan penambah darah yang cukup efektif.
  17. Telur ikan 
    Jenis makanan penambah darah yang bisa Anda peroleh dari makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh, yaitu telur ikan. Walaupun telur ikan merupakan makanan yang cukup sulit untuk didapatkan serta harganya juga yang lumayan mahal untuk sebagian jenis telur ikan tertentu. Namun, hasilnya akan seimbang dengan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. 1 gram karbohidrat serta 4 gram protein bisa Anda dapatkan dari 1 sendok telur ikan. Selain itu, telur ikan juga mengandung zat besi yang merupakan salah satu jenis mineral yang bisa bermanfaat untuk menambah darah.
  18. Dada ayam 
    selain daging merah atau daging sapi tadi yang telah di jelaskan di awal, dada ayam juga bisa Anda manfaatkan Untuk menambah darah dengan cepat. Kandungan gizi yang terdapat pada dada ayam akan jauh lebih tinggi jika di banding dengan daging ayam di bagian lainnya. Dada ayam mengandung asam lemak omega 3 sebesar 60 mg dan asam lemak omega 6 sebanyak 500 mg.
  19. Kismis 
    Buah kismis juga mengandung banyak zat besi. setengah gelas kismis mengandung zat besi sejumlah 1,6 miligram atau sekitar 9% DV. Dengan begitu, dengan mengkonsumsi kismis secara rutin setiap hari maka akan membantu anda untuk mengatasi masalah kurang darah yang mungkin sedang anda alami.
  20. Kacang-kacangan 
    Makanan yang berjenis Kacang merupakan makanan yang bisa di gunakan untuk penambah darah selain itu makanan kacang-kacangan juga merupakan makanan ringan yang sangat cocok sebagai makanan cemilan dalam sehari-hari. sudah dapat menambah darah, bisa di jadikan makanan cemilan, sekarang makanan yang berjenis kacang-kacangan ini juga sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan tulang anda, karena kacang-kacangan banyak mengandung Vitamin D yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang.   
Demikian berberapa makanan penambah darah yang bisa Caradini.my.id berikan yang bisa dijadikan sebagai pelengkap menu makanan sehat anda dalam sehari-hari. Apa bila ternyata Anda mengalami tingkat anemia yang terlalu tinggi, dapat Anda gunakan suplemen penambah darah atau Anda juga bisa berkonsultasi langsung pada dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.
Baca juga:
Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang aman dan Ampuh!!!

Advertisement

No comments.

Leave a Reply