Ini Dia Gembok Alarm Motor Murah Meriah untuk Berbagai Kegunaan

Pencurian kini semakin sering terjadi dengan memanfaatkan keteledoran pemilik barang atau property yang diincar. Para pencuri seakan semakin lihai untuk mengincar berbagai barang berharga dengan berbagai cara. Hukuman polisi ketika ia tertangkap seakan tidak membuat mereka jera untuk terus melakukan pencurian kembali. Cara pencegahan merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi angka pencurian yang terjadi. Salah satu cara pencegahan yang paling tepat adalah dengan menambahkan alat keamanan baik untuk rumah maupun barang bergerak seperti kendaraan. Dengan begitu para pencuri akan mengalami kegagalan ketika melakukan aksinya sehingga mengurungkan niat. Gembok alarm motor merupakan jenis alat keamanan yang direkomendasikan karena bisa digunakan untuk berbagai fungsi keamanan.

 maxresdefault1111

Gembok merupakan alat keamanan yang sudah dari dahulu dikenal masyarakat. Mekanisme kerjanya adalah dengan menyatukan bilah besi kemudian menguncinya sehingga tanpa kunci bilah besi tersebut tidak bisa dibuka. Gembok biasanya diaplikasikan pada pintu atau celah lain yang memiliki lubang atau tangkai untuk memasang bilah besi tersebut. Kemudian setelah terpasang, putar kunci hingga besi mengatup dan tidak bisa ditarik kembali. Lepas kunci dan simpan kunci di tempat yang aman atau bawalah jika Anda hendak bepergian.

Jika versi gembok terdahulu adalah kunci yang bisa dilepas ketika besi gembok dalam keadaan terbuka, gembok sekarang tidak bisa melakukan hal tersebut. Gembok hanya bisa terbuka jika terdapat kunci yang menempel dan kunci tidak bisa ditarik atau dilepas jika besi gembok belum tertutup sempurna. Modifikasi ini menambah fungsi keamanan yang diberikan karena gembok akan semakin sulit untuk dibobol.

Lalu apa perbedaan dari gembok alarm motor dan gembok biasa? Gembok bermalam berarti bisa mengeluarkan bunyi apabila terjadi sesuatu yang tidak dikehendaki atau diluar mekanisme kerja dari gembok tersebut. alarm akan berbunyi misalnya saat gembok dibobol atau dipaksa terbuka menggunakan benda lain selain kuncinya. Bunyi suara yang cukup keras akan bisa terdengar hingga radius 20 meter sehingga cukup efektif untuk memberitahu lingkungan sekitar bahwa ada potensi kejahatan yang akan terjadi.

Jika dahulu fungsi gembok hanya sebatas pada penggunaan pengamanan di pintu saja, kini dengan alarm, Anda bisa memanfaatkannya untuk keamanan di berbagai media misalnya:

  • Motor.
  • Pagar.
  • Pintu.
  • Loker.
  • Almari.
  • Ransel.
  • Brankas.
  • Sepeda.
  • Dsb.

Bentuknya yang kecil bisa jadi tidak terlihat oleh pencuri sehingga mereka akan terkejut dan berlari ketika mendengar suara alarm yang timbul akibat gembok tersebut. pencegahan ini lebih efektif untuk menggagalkan tindakan kriminal karena umumnya para pencuri akan mengambil sikap menyelamatkan diri karena suara gembok yang bisa mengundang perhatian warga.

Ada beberapa jenis gembok alarm motor yang saat in beredar di pasaran mulai dari gembok dengan tangkai besi kecil atau pendek hingga yang memiliki tangkai besi panjang untuk keperluan keamanan motor. Harganya cukup bervariasi antara Rp. 50 ribu hingga Rp. 150 ribu. Yang membedakan adalah jenis gembok beserta modelnya. Anda bisa mendapatkan gembok ini di toko bangunan, toko otomotif hingga toko online yang menyediakan berbagai alat keamanan. Untuk menjamin keawetan gembok, sebaiknya Anda memilih gembok yang diproduksi oleh produsen hardware terpercaya sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama. Untuk perawatannya, sebaiknya hindarkan gembok dari panas matahari langsung dan curah hujan karena gembok terbuat dari besi yang bisa memuai ataupun berkarat.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply