Ingin Dapur Selalu Bersih? Jangan Abaikan 4 Area Rentan Noda Ini

Untitled1-3

Dapur memegang peran penting sebagai tempat pembuatan makanan. Untuk itu, Anda harus senantiasa menjaga kebersihannya. Dapur bersih minimalis yang ukurannya cenderung terbatas, justru sangat penting dijaga kerapian dan kebersihannya. Setiap sisi dapur harus bersih, terutama 4 area rentan noda yang wajib dibersihkan secara rutin. Inilah area-area tersebut beserta cara membersihkannya.

  1. Area Kompor

Area kompor adalah bagian yang rentan sekali terkena kotoran, karena kompor identik dengan noda gosong. Jelaga bisa mengenai sisi-sisi kompor. Hal ini mengganggu pemandangan dan merupakan kotoran yang harus dibersihkan.

Cara membersihkannya adalah dengan mengelap sisi kompor yang terkena noda gosong dan jelaga. Perhatikan bagian sisi kanan dan kiri kompor. Jika nodanya sampai di sana, bersihkan sekaligus dengan lap bersih.

  1. Rak Penyimpanan

Tentu Anda mempunyai stok bahan makanan, bumbu dapur, ataupun makanan siap saji di rak penyimpanan, bukan? Peralatan memasak juga tersimpan di dalamnya, namun di tempat yang berbeda.

Rak tersebut harus dibersihkan secara berkala agar tidak berdebu atau kotor. Anda dapat memulai dengan mengangkat setiap barang yang tersimpan di dalamnya. Setelah itu, ambil lap yang bersih kemudian usap bagian dalam sampai bersih.

Cek juga bumbu-bumbu dapur dan buanglah yang sudah tidak layak disimpan, agar rak terhindar dari jamur atau bakteri. Jika rak penyimpanan mempunyai kaca, bersihkan kaca tersebut dengan pembersih kaca.

  1. Kitchen Sink dan Kitchen Set

Tempat mencuci piring atau kitchen sink termasuk bagian dapur yang rentan noda. Bagaimana tidak, kitchen sink adalah tempatnya membersihkan segala peralatan memasak dan juga bahan makanan.

Tidak menutup kemungkinan terdapat sisa-sisa makanan, ampas, atau air cucian yang belum bersih. Untuk itu, selalu cek kitchen sink setelah selesai menggunakannya ataupun setelah selesai memasak. Hal ini sangat penting agar tidak menimbulkan bau amis dan bakteri di kitchen sink.

Setelah membersihkan kitchen sink, setiap bagian kitchen set harus rutin dibersihkan agar tetap bersih dan bisa digunakan untuk meletakkan benda-benda lain. Bersihkan permukaan kitchen set dengan sabun cuci dengan aroma harum untuk menjaga kebersihannya dan agar berbau harum. Sunlight bisa digunakan untuk mengatasinya.

  1. Kulkas

Kulkas digunakan untuk menyimpan makanan ataupun bahan makanan dalam suhu dingin, sehingga bisa lebih awet. Seiring berjalannya waktu, tentu terdapat noda yang bisa mengotori bagian dalam kulkas tersebut.

Alangkah baiknya, cek bagian dalam kulkas secara rutin. Jangan sampai terdapat bahan makanan yang sudah tidak layak tersimpan di dalam kulkas hingga berair atau menimbulkan bau tidak sedap. Singkirkan bahan-bahan yang tidak layak disimpan tersebut dan bersihkan apabila terdapat cairan dengan lap dan larutan jeruk nipis.

Adanya noda tentu bisa mengganggu aktivitas dan memicu pertumbuhan kuman atau bakteri. 4 area rentan noda yang sudah disebutkan tadi harus dibersihkan secara rutin, karena berpotensi kembali kotor setelah digunakan. Dengan upaya tersebut, dapur bersih minimalis akan tercipta.

 

Advertisement

No comments.

Leave a Reply