Hal-hal yang Sebaiknya Anda Ketahui Saat Naik Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia. Selain murah dan cepat, kini kereta api juga semakin nyaman seiring dengan dibuatnya kebijakan-kebijakan pemerintah demi kepuasan penumpang. Bagi Anda yang baru pertama kali naik kereta api, maka sangat penting untuk mengetahui hal-hal mengenai naik kereta api. Selain pesan tiket kereta api, ada banyak hal yang sebaiknya Anda ketahui agar perjalanan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

4cb7aee8de5369ae52491f4aa89ff16a

Tak perlu takut ataupun risau ketika akan naik kereta api karena kini pelayanan kereta api semakin ditingkatkan bahkan kebersihan di dalam kereta juga sangat terjaga meskipun kereta api kelas ekonomi. Berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui saat naik kereta api untuk menambah wawasan Anda.

  1. Sebaiknya pesan tiket kereta api jauh-jauh hari sebelum keberangkatan Anda. Jika perlu Anda bisa pesan tiket kereta api sekitar 2 bulan sebelum perjalanan serta pastikan untuk sekalian membeli tiket pulang pergi agar tak kehabisan tiket.
  2. Bawalah kartu identitas atau KTP yang akan digunakan untuk pesan tiket kereta api karena satu nomor identitas hanya bisa digunakan untuk pembelian satu tempat duduk saja. Selain itu, kartu identitas atau KTP juga digunakan untuk pengecekan saat cek ini di stasiun serta saat pengecekan tiket di dalam kereta api.
  3. Saat ini PT KAI memberikan layanan pesan tiket kereta api secara online sehingga lebih praktis dan mudah bagi para penumpang. Akan tetapi untuk sekali pemesanan akan dikenai biaya administrasi sebesar 7.500 rupiah.
  4. Setelah pesan tiket kereta api berhasil Anda lakukan dan ternyata Anda harus membatalkan tiket tersebut, maka tiket tidak bisa dialihkan untuk orang lain. Anda harus melakukan pembatalan terlebih dahulu 1 jam sebelum keberangkatan kereta api namun uang akan dikembalikan hanya 75% saja namun uang diberikan 1 bulan setelahnya.
  5. Untuk penumpang anak-anak berusia di atas 3 tahun wajib mempunyai tiket sendiri. pesan tiket kereta api untuk anak-anak dilengkapi dengan tanggal lahir yang berupa angka.
  6. Saat ini semua penumpang kereta api wajib memiliki tiket dan tempat duduk karena sudah tak ada lagi penumpang yang berdiri.
  7. Di dalam kereta tersedia restorasi yang menawarkan makanan dan minuman. Hal ini terkait dengan kebijakan bahwa pedagang asongan tidak diperbolehkan masuk ke dalam kereta demi menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang. Akan tetapi harga makanan dan minuman yang dijual di dalam kereta tergolong mahal sehingga sebaiknya Anda membawa bekal sendiri dari rumah.
  8. Di dalam kereta sangat dilarang untuk merokok di berbagai ruangan manapun
  9. Saat ini fasilitas di dalam kereta sudah baik karena dilengkapi AC, stop kontak, dan petugas yang selalu membersihkan sampah-sampah di dalam kereta api.
  10. Penumpang diperbolehkan untuk tukar tempat duduk dengan penumpang lain.

Itulah penjelasan mengenai hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui saat naik kereta api. Berdasarkan penjelasan di atas kini Anda tak perlu bimbang lagi saat akan menaiki kereta api, karena setelah pesan tiket kereta api Anda tinggal berangkat dan menikmati perjalanan.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply