Formula Sabun Cuci Piring Cair

sabun-cuci-piring

Pernah mengalami mencuci piring tapi susahnya minta ampun? Tangan cape dapur kotor, air kemana-mana, tapi piring belum juga bersih dari noda? Pasti keselnya mendarah daging nih, apalagi kalo nodanya berupa minyak, tapi tenang ajah, karena sekarang kan banyak banget produk pencuci piring yang mengaku bisa menghilangkan noda-noda dipiring. Atau kamu mau coba buat sendiri ? kayaknya lebih ekonomis juga deh, yuk coba bikin. Pehatikan baik baik yah ,

Sabun Cuci piring yang akan kita buat nanti adalah sabun cuci piring yang mirip dengan Sunlight Sabun Penuci piring cair yang terkemuka itu. Oke kita langsung ke bahan-bahannya ajah yah.

Bahan – bahan :

Texapon 18 kg,

Camperlan secukupnya,

 foam booster 2 liter,

parfum,

pewarna dan fisiatif secukupnya,

 sodium sulfat  9 kg

 dan secukupnya, EDTA 1,1% (pengawet),

 air 180 liter.

Nantinya dari kesemua bahan tadi bakalan didapat Sabun Cuci Piring sebanyak 215 liter

Nah, sebelumya kalian harus tau nih sifat sifat dari bahan diatas, agar bisa mendapatkan hasil sabun cuci piring cair yang berkualitas.

  1. Texapon merupakan merk dari Sodium Lauril Sulfat (SLS) dan berbentuk seperti jel. Berguna untuk mengangkat kotoran dan lemak pada alat makan
  2. Sedangkan Camperlan bentuknya cairan kental dan berfungsi mengentalkan sabun dan menambah busa sabun cair.
  3. Sodium sulfat berbentuk serbuk dan juga berguna untuk mengentalkan sabun. Sodium sulfat dapat mengangkat kotoran dengan cepat.
  4. EDTA berbentuk serbuk dan berfungsi mengawetkan sabun cair.
  5. Parfum dan fiksatif, keduanya memiliki wujud cair dan fiksatif fungsinya mengikat parfum sedangkan parfum memberikan aroma harum pada sabun.
  6. ditambahkan pewarna, tentu saja untuk memberikan warna pada sabun cair.

Sekarang kita lanjut ke cara pembuatannya yah

  1. campurkan Texapon dan Sodium sulfat secara merata kemudian aduk sampai berawrna putih, tambahkan air sedikit-sedikit sampai mencapai 90 literanm
  2. masukan camperlan dan aduk samp rata, Air yang kita pake sebanyak 90 literan kan masih ada, masukan lagi sisa air itu sedikit demi sedikit sampe abis
  3. masukan sodium sulfar sampe mengental
  4. masukan pewarna
  5. dan terakhir campurkan parfum dan siap deh dikemas,

Sabun Cair KW 3 buatan kamu udah jadi, kamu bisa deh tuh membuat merasakan sensasi mencuci piring dengan  Formula sabun cuci piring buatan sendiri, selamat mencuci piring yah!

Advertisement

No comments.

Leave a Reply