Ciri Gejala Umum Penyakit Diabetes

Ciri Gejala Umum Penyakit Diabetes

Gejala Penyakit Diabetes

X-PENYAKIT – Diabates atau biasa disebut dengan penyakit kencing manis adalah kondisi dimana terjadinya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh seseorang akibat menurunnya fungsi pankreas. Pankreas adalah organ yang memproduksi insulin yang berfungsi menetralkan kadar gula darah manusia. Kadar gula darah normal manusia adalah 70-110 mg/dl. Setelah 2 jam mengkonsumsi makanan kadar gula normal harusnya tidak lebih dari angka 200 mg/dl. Semantara kadar gula sewaktu normal tidak lebih dari 140 mg/dl.

Waspadalah jika saat kadar gula darah berada pada angka 100-126 mg/dl dan angka 140-200 mg/dl untuk gula darah sewaktu. Karena ini merupakan salah satu tanda menuju kondisi diabetes alias berat diabetes. Normalnya sel-sel tubuh membutuhkan gula agar dapat bekerja secara normal, namun saat gula dalam tubuh menumpuk dan berlebihan dalam darah maka akan mengganggu hormon insulin yang bertanggung jawab memecah gula dan mendistribusikan kedalam sel-sel tubuh.

Beberapa Tipe Diabetes

Ada beberapa tipe diabetes, diabetes tipe 1 adalah mereka yang sangat tergantung pada suntikan insulin, ini terjadi karena organ pankreas gagal memproduksi insulin. Diabetes tipe satu biasanya terjadi akibat reaksi auto imunitas tubuh yang merusak organ pankreas.

Diabetes tipe 2 adalah mereka yang mengidap diabetes akibat gaya hidup. 80% pengidap diabetes tipe 2 organ pankreasnya masih bisa memproduksi insulin. Namun gaya hidup banyak menkonsumsi makanan tinggi lemak dan makanan manis membuat produksi insulin dalam tubuh tergeru secara terus menerus.

Ada juga pengidap diabates gestasional yang biasa dialami oleh ibu selama masa kehamilan dan pulih setelah melahirkan. Jika tidak mendapatkan perawatan yang baik, diabetes gestasional bisa membuat bobot badan bayi bisa berada diatas angka normal mengalami kelainan jantung bawaan, kelainan sistem saraf pusat, serta cacat otot rangka. Pada kasus diabetes gestasional yang parah kematian sebelum kelahiran pun dapat terjadi.

Gejala Penyakit Diabetes

Ciri gejala umum penyakit diabetes yakni intensitas buang air yang meningkat khususnya di malam hari, rasa haus yang berlebihan dan bobot badan yang menurun drastis tanpa sebab. Pengidap diabetes juga akan mengalami masalah pada penglihatannya, akibat gangguan pembuluh darah retina. Selain membuat pandangan kabur, diabetes juga meningkatkan resiko terjadinya katarak. Gula darah tinggi yang tak terkontrol juga akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang sifatnya segera dan akut atau komplikasi yang sifatnya menahut.

Ada 2 kemungkinan komplikasi akut yaitu terjadinya penurunan ekstrem kadar gula darah yang disebut Hipoglikemik atau bahkan justru terjadi peningkatan tajam kadar gula darah yaitu hiperglikemia.

Komplikasi menahut diabetes 70% kasusnya lebih banyak menyerang organ jantung. Sirkulasi udara yang buruk akan mempengaruhi tekanan darah, gangguan pada jantung, dan penyakit pembuluh darah. Resiko stroke akan menjadi dua kali lipat dalam 5 tahun sejak seseorang terkena diabetes. Belum lagi ancaman gagal ginjal dan kebutaan pada mata.

Gangguan metabolisme pada pengidap diabetes membuat luka tidak kunjung sembuh sebab tubuh sulit membunuh kuman. Amputasi saat mengalami luka membusuk karena diabetes memang tidak selamanya harus diambil jika penderita diabetes bisa menjaga kadar gula dalam darah tetap diangka normal. Saat gula darah normal maka luka akan cepat sembuh. Gula darah yang terus menerus tinggi akan fatal akibatnya karena dapat menginfeksi organ lain dalam tubuh.

Baca Juga:

  • Mengatasi dan Mencegah Diabetes Dengan Pengobatan Herbal
  • Penyebab Gejala Penyakit Anemia Beserta Ciri-Cirinya
  • Cara Pencegahan dan Pengobatan Kanker Serviks
  • Ciri-Ciri Penyebab Gejala Kanker Serviks
  • Pertolongan dan Pengobatan Penyakit Epilepsi (Sawan)
  • Penyebab Penyakit Epilepsi atau Ayan
  • Mengenali Penyakit Epilepsi Disekitar Kita
  • Bagaimana Cara Merawat Penderita Tipes
  • Mengobati dan Mencegah Penyakit Tipes
  • Mewaspadai Penyebab Gejala Penyakit Tipes (Typus)

Advertisement

No comments.

Leave a Reply