Cengkeh Berkhasiat Untuk Kesehatan – KRITERIATOR

Cengkeh Berkhasiat Untuk Kesehatan – KRITERIATOR

Cengkeh Berkhasiat Untuk Kesehatan – Ada banyak jenis rempah-rempah yang mempunyai manfaat baik untuk kesehatan tubuh, dan salah satunya adalah cengkeh. Walaupun biasanya cengkeh digunakan untuk bahan masakan ternyata cengkeh juga dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Namun ternyata hanya sebagian orang saja mengetahui manfaat baik dari cengkeh, untuk itu mari simak beberapa manfaat ajaib cengkeh.

Cengkeh yang siap diolah

Adapun banyak Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Cengkeh Sebagai Sumber Nutrisi

Karena mengandung vitamin dan nutrisi yang baik seperti magnesium dan kalsium, cengkeh menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun ukurannya kecil cengkeh memiliki manfaat yang besar yang baik untuk tubuh karena mengandung energi yang besar serta serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan.

2. Cengkeh Mengandung Alagesik

Biasanya minyak cengkeh digunakan sebagai obat sakit gigi, dan ternyata eksperimen yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa cengkeh memiliki kandungan analgesik. Jadi pada saat Anda mengalami sakit gigi atau sakit pada gusi, Anda tidak perlu membeli obat di apotik, cukup gunakan minyak cengkeh sebagai pereda rasa sakit.

3. Cengkeh Sebagai Antijamur dan Bakteri.

Cengkeh dapat digunakan sebagai antibakteri alami yang membahayakan perut, serta melawan kuman yang terdapat di mulut. Selain itu, kandungan eugenol yang terdapat pada cengkeh juga terbukti mempunyai kandungan anti jamur, dan efektif untuk mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh cacing cincin.

4. Cengkeh Baik untuk Pencernaan.

Cengkeh juga salah satu rempah yang baik untuk pencernaan. Selain mempu mengobati bisul dan kembung, cengkeh juga dapat meredakan mual dan gangguan pada sistem pencernaan.
Cengkeh Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat cengkeh yang satu ini cukup menarik, eugenol yang terdapat di cengkeh berguna sebagai pencegah pembekuan darah dan mencegah serangan stroke. Sampai saat ini peneliti masih melakukan riset untuk mengetahui manfaat lainnya dari tanaman cengkeh bagi kesehatan jantung. Jadi bagi Anda yang ingin memiliki jantung yang sehat rempah yang satu ini bisa Anda aplikasikan pada makanan di rumah Anda, tentunya dengan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.
Cengkeh Mampu Melawan Kanker

Meskipun belum dipastikan benar, sebuah studi mengatakan bahwa cengkeh mampu melawan mencegah penyakit kanker, khususnya kanker paru-paru, kulit dan juga saluran pernceraan.
Cengkeh Sebagai Anti Inflamasi

Flavonoid yang terkandung dalam minyak cengkeh mampunyai kandungan inflamasi yang bisa membantu pasien penderita rematik. Selain rematik, cengkeh juga dapat membantuk menyembuhkan gangguan pada pernafasan dengan menggunakannya sebagai ekspektoran.
Cengkeh Sebagai Anti Nyamuk

Cengkeh juga memiliki kandungan yang tidak disukai oleh nyamuk. Untuk itu Anda bisa menggunakannya sebagai anti nyamuk yang akan melindungi Anda dari nyamuk penyebab deman berdarah, malaria dan penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk.
Cengkeh Dapat Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat cengkeh yang satu ini sangat baik bagi Anda yang tidak ingin gampang terserang penyakit, karena cengkeh dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dari yang ringan sampai penyakit yang mematikan.

Beberapa manfaat cengkeh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk mengobati suatu penyakit. Walaupun cengkeh berukuran kecil, namun ternyata banyak sekali khasiat yang dimilikinya, Anda tinggal menggunakannya sebaik mungkin agar mendapatkan tubuh yang sehat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit. Semoga dengan artikel manfaat cengkeh ini Anda akan sadar bahwa banyak obat rempah atau tanaman yang sangat berguna untuk kesehatan.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply