Cara Mudah Mengobati Sakit Maag secara Alami

Cara Mudah Mengobati Sakit Maag secara Alami

CaraDini.my.id – Sakit maag atau sering di sebut juga dengan sebutan asam lambung dan bisa juga tukak lambung, Sakit maag biasanya akan di sertai dengan rasa nyeri dan perih di perut, kembung pada lambung yang di akibatkan oleh adanya peradangan, luka, dan juga naiknya produksi asam lambung.

Secara umum, penyakit maag di bedakan menjadi dua macam, diantaranya ialah maag kronis dan maag akut. Untuk jenis penyakit maag akut merupakan jenis penyakit maag inflamasi akut dari lambung yang biasanya hanya terbatas pada muklosa, dan kebanyakan tidak diketahui penyebabnya. Sedangkan jenis penyakit maag kronis merupakan jenis penyakit inflamasi kronis dari jenis gangguan tertentu, dan menyebabkan gastritis dari jenis yang spesifik yaitu jenis gastritis kronisa.

Sakit Maag

Sakit maag sendiri bisa di akibatkan oleh berbagai faktor, misalnya karena faktor pengaruh mikroorganisme, stres, pola makan yang tidak teratur dan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.
Untuk cara mengobati sakit maag ini bisa saja Anda lakukan dengan cara membeli dan mengkonsumsi berbagai jenis obat yang di jual di pasaran. Mengobati maag juga bisa Anda lakukan dengan cara-cara yang alami. dan berikut merupakan jenis-jenis dan bahan-bahan alami yang akan CaraDini.my.id berikan untuk mengatasi sakit maag yang bisa dengan mudah untuk Anda dapatkan.

Cara Mengatasi Sakit Maag Secara Alami

  1. Kunyit atau kunir
    Kunyit merupakan jenis bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati maag yang mungkin sedang Anda rasakan sekarang ini. Yakni dengan cara mencuci berberapa ruas kunyit dengan bersih lalu kupas kulit arinya, kemudian parut. Peras parutan kunyit tadi, dan ambil airnya lalu di minum. lakukan secara rutin tiap pagi dan sore.
    Untuk cara lain bisa juga Anda lakukan dengan cara memotong berberapa ruas kunyit menjadi berberapa potong, kemudian di rebus dengan air hingga mendidih. minumlah air rebusan tadi setiap pagi dan sore.
  2. Temulawak
    Temulawak merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit maag. Seperti yang sudah kita kenal sebelumnya, temulawak memang sangat berperan penting dalam berbagai pengobatan salah satunya untuk mengobati sakit maag. Adapun caranya ialah dengan cara, Ambil satu rimpang temulawak, kemudian diiris tipis, biarkan sebentar lalu rebus dengan menggunakan 5-7 gelas air hingga mendidih. Dinginkan, ambil airnya dan di saring. minumlah air rebusan yang telah disaring tadi sebanyak 1 gelas perhari.
  3. Biji pala
    Seperti yang telah kita ketahui, bahwa biji pala merupakan salah satu bahan alami yang biasa di gunakan untuk bahan bumbu masak. Namun, Biji pala juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit maag. Dengan cara, ambil 1 gram serbuk biji pala dan 6 gram serbuk buah pisang batu, campurkan keduanya, kemudian seduh dengan 100ml air bersih dan di minum. ulangi cara ini selama kurang lebih 30 hari.
  4. Bawang putih
    Seperti biji pala di atas, bawang putih juga salah satu bahan bumbu masak, namun bawang putih juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit maag. Berberapa kandungan yang terdapat didalam bawang putih mampu menjaga pencernaan. Adapun cara penggunaannya ialah dengan cara, ambil berberapa siung bawang putih kemudian parut, setelah itu campurkan dengan 1 gelas air hangat. minumlah ramuan ini secara rutin.
  5. Daun Keji beling
    Keji beling biasa kita temukan di masyarakat sebagai tanaman pagar perkarangan rumah dan perkebunan. Namun, sudahkah Anda tahu bahwa daun keji beling juga bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan sakit maag. Cara penggunaannya juga cukup mudah dan simple sekali, cukup dengan mengambil 3 lembar daun keji beling segar, cuci bersih dan gunakan sebagai lalapan atau teman nasi. Lakukan secara teratur dan usahakan untuk tidak memakan makanan yang pedas dan asam selama penyembuhan.
  6. Daun Jambu Biji
    Daun jambu biji merupakan bahan-bahan tradisional yang bisa dengan mudah untuk anda dapatkan. Cara penggunaan daun jambu biji sebagai obat sakit maag ialah dengan cara, cucilah 8 lembar daun jambu biji hingga bersih, kemudian rebus dengan 1,5 liter air bersih hingga mendidih. Dinginkan, lalu saring airnya. Minumlah air ramuan dari daun jambu biji denga rutin 3 kali dalam 1 hari, yakni pagi, siang, dan malam sebelum tidur.
  7. Daun salam
    Daun salam merupakan jenis bahan alami yang di gunakan untuk bahan tambahan suatu masakan sebagai penyedap. Selain itu, daun salam juga bisa di gunakan untuk mengobati maag. Caranya, siapkan 15-20 lembar daun salam yang sudah di cuci bersih, lalu rebus dengan setengah liter air bersih, tambahkan sedikit gula batu agar rasanya sedikit nikmat lalu biarkan sampai mendidih. Dinginkan dan minumlah ramuan ini secara teratur hingga perih di lambung yang diakibatkan oleh maag hilang.
  8. Pisang
    Pisang merupakan salah satu jenis buah yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi sakit maag. Pisang memiliki sifat anti bakteri yang bisa menghambat tumbuhnya bakteri penyebab maag. Selain itu, pisang juga bisa mengurangi kadar asam lambung. oleh karena itu semua, buah pisang akan sangat baik di makan untuk mengobati sakit maag bagi penderita maag. Makanlah buah pisang masak sekitar 2-3 buah setiap harinya.  

Saya ingatkan, bahwa sakit maag memang bisa di sembuhkan, namun untuk sembuh total itu sulit. Biasanya maag akan kambuh jika penderita mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik.
sekian cara mudah mengobati sakit maag secara alami yang bisa CaraDini.my.id berikan semoga bisa bermanfaat.
Baca juga
Cara Mengatasi perut kembung secara alami

Advertisement

No comments.

Leave a Reply