Cara menurunkan tekanan darah tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi – CaraDini.my.id –  Tekanan darah tinggi akan beresiko terhadap penyakit yang mematikan, siapa saja sudah banyak yang tau tentang hal ini, penyakit mematikan itu bisa jadi adalah penyakit stroke, gagal ginjal, dan juga serangan jantung.

Jika tekanan darah anda tinggi, melakukan pengobatan menurunkan tekanan darah adalah cara yang tepat. Dengan mengonsumsi obat-obatan penurunan tekanan darah tinggi memang cara ini memang bisa mengatasi tekanan darah tinggi anda. Namun, obat-obatan ini juga mengandung efek samping yang mungkin saja berbahaya.

Tapi, mengobati atau mengatasi tekanan darah tinggi tak harus selalu meggunakan obat-obatan dari bahan-bahan kimia. Menurunkan tekanan darh tinggi juga bisa di lakukan dengan menggunakan cara-cara yang alami.

Berikut ada berberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang akan Cara Dini berikan.
Baca juga :
Cara mengobati bisul secara alami
Cara menurunkan panas demam alami

kurangi tekanan darah

Cara menurunkan tekanan darah tinggi:

  1. Konsumsi Buah dan sayur
  2. Seperti yang dikatakan oleh Linda Van Horn, PhD, RD, profesor kedokteran preventif dari Northwestern University Feinberg School of Medical bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan potasium 2000-4000 mg/hari, sangat penting untuk mengatasi tekanan darah apapun. Dan buah dan sayuran yang kaya akan kalium itu seperti kentang, ubi jalar, tomat, jus jeruk, pisang, kacang-kacangan, blewah, melon, dan buah-buahan yang kering seperti plum dan kismis.

  3. Meditasi
  4. Dengan melakukan meditasi seperti tai chi, qigong, dan yoga, dengan mengatur pola pernapasan dengan baik akan menurunkan hormon stress yaitu yang di kenal dengan nama hormon renin.

  5. Dengarkan Musik
  6. Dengarkanlah musik-musik yang bisa menenangkan, dan lagu yang tepat seperti musik klasik dan sebagainya minimal 30 menit dalam sehari, akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Atur juga pernapasan anda saat mendengarkan musik.

  7. Jalan Cepat
  8. Melakukan olahraga dengan jalan cepat membantu penggunaan oksigen pada jantung lebih efisien sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Bagi penderita hipertensi yang melakukan olahraga jalan dengan langkah yang cepat minimal 30 menit dalam seminggu akan menurunkan tekanan darah 8/6 mmHg. Lakukanlah jalan cepat secara rutin, agar kesehatan jantung anda tetap terjaga.

  9. Batasi Asupan Garam
  10. Tekanan darah tinggi memiliki kemungkinan sangat sensitif terhadap garam, batasilah konsumsi garam anda sekitar 3/4 sendok teh dalam sehari.

  11. Beralih ke Kopi Tanpa Kafein
  12. Kafein akan membuat tekanan darah semakin meningkat dengan memperkecil pembuluh darah dan memperbesar efek timbulnya stress, dan jika anda stress maka jantung akan memompa darah lebih cepat dan ini mengakibatkan serangan jantung.

  13. Konsumsi Dark Chocolate
  14. Penelitian mengatakan 18% penderita tekanan darah yang memakan setengah ons dark chocolate yang mengandung 70% kakao, setiap hari mengalami penurunan tekanan darah. Dark chocolate memiliki kandung flavanol yang mampu membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis.

  15. Minum Teh
  16. Dengan meminum 3 cangkir teh setiap hari selama 6 minggu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena efek kembang sepatu yang di hasilkan dari teh herbal.

  17. Ganti Karbohidrat dengan Kedelai
  18. Dengan mengganti karbohidrat dengan karbohidrat yang mengandung kedelai bisa menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi mau pun penderita prehipertensi.

  19. Kurangi Sedikit Pekerjaan
  20. Banyak pekerjaan bisa menimbukan stres dan beresiko serangan jantung. Apa bila anda bekerja lebih dari 41 jam dalam seminggu akan beresiko hipertensi.

  21. Cari Bantuan Jika Mendengkur
  22. Mendengkur merupakan salah satu gejala obstructive sleep apnea (OSA). Dan bagi penderita ini akan memiliki kadar aldosteron atau hormon yang bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi yang begitu besar. Jika terjadi hipertensi segera konsultasikan pada dokter agar mendapat keputusan yang jelas.

  23. Konsumsi Suplemen
  24. Berberapa suplemen bisa menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter berapa banyak yang harus di konsumsi perharinya.

  25. Minum Sedikit Alkohol
  26. Bagi anda yang suka minum alkohol segeralah kurangi kadar alkohol yang anda konsumsi, karena banyak alkohol akan merugikan anda, sedangkan sedikit alkohol akan menjaga kesehatan anda, tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung.

Sekian untuk share kali ini, tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi yang Cara Dini berikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara mencegah panu menular
Terimakasih..

Advertisement

No comments.

Leave a Reply