Cara menurunkan panas demam secara alami

Cara menurunkan panas demam secara alami

Cara menurunkan panas Demam – CaraDini.my.id – Setiap orang pasti pernah mengalami sakit demam, baik itu anak-anak, remaja, mau pun orang dewasa. Penyakit demam bisa dikatakan penyakit umum karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja, apa lagi pada saat musim pancaroba, penyakit ini akan mudah menyerang.
Terkadang demam bisa di sertai dengan flu, pilek, sariawan, bibir kering, dan nafsu makan berkurang. Dengan kurangnya nafsu makan akan membuat proses penyembuhan semakin sulit, karena tidak ada asupan makanan yang mengandung vitamin atau pun protein yang masuk dalam tubuh ketika demam.
Untuk mengobati penyakit demam ini ada berbagai cara yang bisa anda lakukan, termasuk cara yang alami, tapi kebiasaan orang sekarang banyak yang mengambil cara yang instan dengan membeli obat-obatan dari bahan-bahan kimia yang terdapat di toko-toko atau warung-warung terdekat. Obat-obatan ini biasa banyak mengandung efek samping, jadi cara yang baik dan aman adalah dengan menggunakan obat-obatan yang alami dan tradisional.
Baca juga:
Cara menghilangkan stress dengan mudah
Mengurangi resiko serangan jantung

Atasi Demam

Berikut ada berberapa cara mudah untuk mengurangi demam anda yang akan di ulas Cara Dini.

Cara menurunkan panas demam:

  1. Banyak Konsumsi cairan
  2. Langkah awal saat anda terserang demam bisa anda lakukan dengan mengonsumsi banyak cairan seperti air putih, jus, atau minuman yang menyehatkan lainnya, Dengan cairan dapat mencegah terjadinya pengeringan pada tenggorokan dan hidung anda, dengan mengkonsumsi banyak cairan akan mencegah dehidrasi saat demam, dan air juga akan menetralisir racun dalam tubuh dan menghilangkan virus dalam tubuh anda. Tapi, jangan mengkonsumsi air es ketika anda sedang demam, dari pada minum es lebih baik mengkonsumsi air hangat.

  3. Hindari kopi dan alkohol
  4. Hindarilah minuman yang mengandung alkohol dan kafein ketika anda demam,alkohol dan kafein akan lebih cenderung mengeringkan tubuh, dan di saat yang seperti ini pasti tidak pernah kita inginkan.

  5. Mandi air panas
  6. Kebiasaan mandi air panas adalah hal yang sangat baik untuk mengobati dan menurunkan panas demam anda.

  7. Uap air
  8. Menghirup uap air bisa memfasilitasi hidung tersumbat. Dengan begini virus dapat terbunuh melalui rongga hidung.

  9. Sup Hangat
  10. Mengkonsumsi sup ayam hangat di percaya mampu menurunkan demam, karena kaldu sup tersebut. Selain itu uap yang di hasilkan oleh sup hangat mampu mengurangi pembengkakan rongga hidung. Dan protein yang dari ayam adalah zat yang di perlukan tubuh untuk membentuk antibodi yang kuat untuk melawan virus.

  11. Hentikan aktivitas olahraga sementara
  12. Berikan kesempatan pada tubuh untuk beriatirahat agar lebih maksimal untuk membunuh dan memerangi virus. Berhentilah olahraga anda sementara waktu selama 3-4 hari.

  13. Istirahat yang cukup
  14. Para ahli menyarankan agar beristirahat dan tinggal di rumah dengan santai dan temperatur udara yang baik dapat melawan virus demam dengan baik dan efisien, dan dapat mempercepat penyembuhan demam itu.

  15. Berkumur dengan air garam
  16. Berkumur dengan air garam telah terbukti ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan, caranya, larutkan setengah sendok teh garam kedalam segelas air hangat, kemudian berkumurlah sebanyak 5-6 kali.

  17. Tidak merokok
  18. Ketika anda demam di anjur jangan merokok, ketika dalam keadaan dingin anda merokok, dapat semakin memperburuk demam.

  19. Perhatikan makanan Anda
  20. Makanlah makanan dari buah-buahan dan sayuran yang penuh dengan vitamin C, vitamin C dapat membantu mengatasi lebih cepat dari penyakit demam dan akan memperkuat perlindungan tubuh dari penyakit. Ada pun makanan yang bisa menurunkan panas demam itu ialah, Bawang putih, Madu, Pepermin, Jeruk atau lemon, peterseli, seledri, kembang kol, dan makanan-makanan yang mengandung zinc.

  21. Pakailah humidifier
  22. Untuk mengatur suhu ruangan anda agar lebih cocok dengan kondisi tubuh anda sekarang ini. Hal ini akan menurunkan panas demam anda.

Itulah berberapa cara menurunkan panas demam yang bisa CaraDini.my.id berikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. jangan lupa untuk berdoa karena kesembuhan itu datang atas kehendak Yang Maha Kuasa.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara mencegah penularan panu
Cara mengobati panu dengan mudah dan cepat
Cara mencegah penularan penyakit mata
Terimakasih…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply