Cara meningkatkan produksi ASI bagi Ibu menyusui

Cara meningkatkan produksi ASI bagi Ibu menyusui

Cara meningkatkan produksi ASI – CaraDini.my.id – Semua orang sudah tahu jika Air Susu Ibu (ASI) sangat penting bagi nutrisi sang anak, dan bahkan ASI merupakan Nutrisi utama bagi si kecil, dengan memberikan ASI yang eksklusif selama 6 bulan akan memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang yang optimal bagi sang anak.

Namun sekarang yang jadi masalah bagi kaum Ibu ialah Produksi ASI yang kurang optimal, sehingga tak jarang para Ibu sangat khawatir akan ketersediaan ASI ketika ia menyusui, dan timbul pertanyaan, apakah bisa memenuhi pertumbuhan sang anak?

Baca juga:
Cara mengobati kencing manis tanpa obat
Puisi indah – berharap dan berharap

Ibu Menyusui

Nah, bagi para Ibu yang mengalami hal tersebut. Berikut Cara Dini akan memberikan berberapa tips cara meningkatkan produksi ASI yang bisa dengan mudah untuk Ibu lakukan.

Cara meningkatkan produksi ASI:

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh.
  2. Untuk memproduksi ASI tubuh memerlukan cairan yang cukup. Disarankan agar Ibu mengkonsumsi air putih 10-12 gelas dalam sehari atau Setiap kali Ibu menyusui minumlah segelas air agar tubuh Ibu tidak kekurangan cairan dan kebutuhan ASI dapat terpenuhi.

  3. Konsumsi makanan pembantu
  4. Makananlah makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI, ada banyak makanan yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI, diantaranya adalah:

    • Daun kemangi, kandungan vitamin K yang terdapat di dalam daun kemangi mampu memberikan efek relaks dan akan memperbaiki gerakan pada usus Ibu, membuat nafsu makan menjadi meningkat, serta dapat meningkatkan kesehatan bagi Ibu.
    • Biji wijen hitam atau Black sesame seeds ini banyak mengandung kalsium didalamnya.
    • Daun katuk, menurut Penelitian, produksi ASI dapat meningkat hingga 50-70%, hal ini telah di buktikan dengan Ibu yang mengkonsumsi ekstrak daun katuk pada hari ke 3 atau ke 4 setelah melahirkan selama 15 hari jika di bandingkan dengan Ibu yang tak mengkonsumsinya sama sekali.
    • Sayuran yang berwarna merah, kandungan beta karoten yang terdapat pada wortel, ubi jalar, dan bit ini sangat bermanfaat untuk nutrisi dalam ASI. Selain itu, buah bit dan ubi juga mengandung zat besi yang tinggi, zat besi akan membantu mencegah terjadinya anemia pada Ibu.
    • Sayuran hijau dan labu hijau, sayuran hijau adalah sayuran sebagai sumber mineral dan fitoestrogen bagi tubuh Ibu, yang dapat meningkatkan produksi ASI, dan sayuran hijau itu seperti bayam, dauin bit, kacang panjang, dan asparagus, sedangkan labu hijau seperti buah kundur merupakan makanan yang mudah di cerna dan juga dapat meningkatkan produksi ASI.
    • Bawang putih, bawang putih dapat membantu meningkatkan produksi ASI, bawang putih bisa di konsumsi dengan cara dimasak dan dicampur dengan sayuran atau pun daging.
    • Kacang-kacangan, kacang-kacangan sejeni almond dan juga kacang mete dapat membantu meningkatkan produksi ASI.
  5. Berikanlah ASI secara eksklusif
  6. Berikanlah sikecil ASI yang banyak dan usahakan sesering mungkin untuk memberikan ASI pada si kecil, hal ini dikarenakan produksi ASI secara alami akan disesuaikan berdasarkan volume ASI yang diberikan pada si Kecil. Jadi, Semakin banyak dan sering Ibu memberikan ASI pada anak, maka produksi ASI Ibu akan semakin bertambah.

  7. Istirahat yang cukup
  8. Seorang Ibu yang lelah atau letih, tingkat produksi ASI akan melemah, karena tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk memproduksi ASI. Maka dari itu beristirahatlah, Jika di malam hari istirahat ibu tidak cukup maka istirahatlah di siang harinya.

  9. Relaks dan nikmati peran ‘Ibu’.
  10. Usahakan agar Ibu selalu relaks, dan jaugkan diri Ibi dari stres, karena stres akan mengurangi tingkat produksi ASI.

Demikian untuk tips cara meningkatkan produksi ASI bagi Ibu menyusui yang bisa Cara Dini berikan, semoga apa yang telah Cara Dini berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara menguatkan syaraf
Cara mengobati asam urat secara alami
Cara merelaksasi otot / peregangan
Sekian dari admin, wassalam…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply