Cara Mengurangi Resiko Serangan Jantung dengan mudah

Cara Mengurangi Resiko Serangan Jantung dengan mudah

Cara mengurangi resiko serangan jantung – CaraDini.my.id – Jantung adalah organ kunci dari manusia, tanpa jantung peredaran darah akan berhenti, pastinya orang tersebut akan mati, dan orang mati pasti jantungnya berhenti. Jadi jantung adalah sangat penting, dengan menjaga kesehatan jantung kita hidup akan lebih sehat dan bahagia. Namun pernahkah anda terpikir jika tiba-tiba jantung anda terkena serangan jantung?

Anda semua pasti tau, Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di zaman sekarang ini. Karena perubahan zaman yang semakin banyaknya bahan-bahan makanan yang berbahan kimia dan juga sarana hiburan yang justru malah akan memperbesar resuko serangan jantung. Tidak hanya itu, berberapa faktor lain seperti masalah usia, hipertensi, gangguan irama jantung, kolesterol yang tinggi, diabetes, dan stress juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan juga stroke.
Baca juga cara mencegah penularan panu pada kulit, dan cara mengobati panu dengan cepat

Ada berberapa cara yang bisa menurunkan resiko serangan jantung dan stroke yang bisa  CaraDini.my.id berikan.

Jaga kesehatan jantung

Cara mengurangi resiko serangan jantung:

  1. Rutin berolahraga
  2. Rutin berolah raga juga bisa menurunkan resiko serangan jantung, tidak harus olahraga yang berat-berat, atau memakan waktu yang lama untuk menurunkan risiko serangan jantung anda, jika usia anda sudah lanjut maka resiko serangan jantung akan semakin besar jika berolah raga yang beret dan lama. Cukup dengan olahraga yang moderat saja mampu menurunkan risiko serangan jantung 30-50%. Dengan melakukan olahraga aerobik selama 30 menit minimal 5 kali seminggu cukup untuk mengurangi resiko serangan jantung.

  3. Pola makan yang benar
  4. Atur pola makan anda dengan makanan-makanan yang bisa mengurangi resiko serangan jantung anda seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan yang banyak mengandung serat.

  5. Sumber protein
  6. Tingkatkan sumber protein anda, sumber protein bisa anda dapatkan dari kacang-kacangan, ikan, dan kurangi daging merah atau daging yang mengandung lemak. Dengan memilih jenis makanan yang sehat dapat menurunkan risiko serangan jantung 24%. Diet mediteranian terbukti dapat menurunkan risiko serangan jantung.

  7. Makan secukupnya
  8. Jika anda selalu makan yang berlebihan akan memicu resiko serangan jantung. Biasanya serangan jantung akan terjadi 2 jam setelah makan yang berlebihan. Jadi, kurangilah makan anda, sebagaimana yang di sunahkan Nabi Muhammad SAW. dalam hadistnya, “isilah sepertiga perutmu dengan makanan, sepertiganya lagi dengan air, dan sepertiga yang lain kosongkanlah”.

  9. Menurunkan berat badan
  10. Obesitas atau kegemukan juga bisa meningkatkan serangan jantung anda, dengan segala akibat yang ditimbulkan oleh obesitas merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung. Dengan Menurunkan berat badan minimal sekitar 5-10 % dari berat badan Anda yang sekarang dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan gula darah, tentu saja bisa me.gurangi resiko serangan jantung anda.

  11. Konsumsi coklat
  12. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi coklat juga bisa menurunkan resiko serangan jantung 40%, selain itu coklat bisa mengurangi resiko diabetes dan juga stroke 30%, dengan ketentuan mengonsumsi coklat berberapa kali dalam seminggu, dengan jumlah yang moderat dan tidak berlebihan karena untuk jumlah coklat yang harus di konsumsi belum ada keputusan yang jelas.

  13. Berhenti merokok
  14. Rokok menjadi salah satu faktor utama resiko serangan jantung dan stroke. Karena merokok bisa meningkatkan resiko 2-4 kali menderita penyakit jantung koroner. Berhenti merokok adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi risiko serangan jantung.

  15. Obat jantung dari dokter
  16. Jika anda sudah pernah berkonsultan dengan dokter dan dokter memberikan obat untuk mencegah resiko serangan jantung agar jangan berhenti untuk mengkonsumsinya, karena dari penelitian yang mengatakan bahwa 130.000 orang di Amerika tewas karena serangan jantung yang meninggalkan obat yang di berikan dokter untuk di konsumsi.

  17. Sabar
  18. Disaat anda stress sabar adalah langkah yang baik untuk kesehatan jantung anda. Banyak serangan jantung yang di akibatkan oleh sikap seseorang saat menghadapi stres. Jika anda marah maka akan memperkuat resiko serangan jantung.

  19. Menjaga kesehatan gigi
  20. Dengan gigi yang bersih dan sehat akan menurunkan risiko serangan jantung. Karena gigi bisa menjadi fokal infeksi yang bisa menyebar ke jantung anda.

  21. Senyuman
  22. Orang yang selalu senyum akan mengurangi resiko serangan jantung, dengan senyum yang iklas dari dalam hati akan menghilangkan dan meredakan emosi anda dan akan membuat jantung bisa beredar dengan tenang.

  23. Kenali gejala jantung
  24. Jika Anda bisa memahami gejala serangan jantung dengan baik, risiko kematian yang diakibatkan oleh serangan jantung akan menurun. Dengan anda mengenal gejala-gejala serangan jantung, maka anda akan bisa mengenali penyakit yang anda alami dan dengan cepat anda akan mendapat pertolongan.

Demikian cara mengurangi resiko serangan jantung dengan mudah yang bisa CaraDini.my.id berikan, semoga bisa bermanfaat buat anda semua..
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara mencegah penularan penyakit mata
Manfaat gerakan shalat bagi kesehatan
Sekian dan terimakasih..

Advertisement

No comments.

Leave a Reply