Cara Mengobati Suara Serak dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengobati Suara Serak dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengobati Suara Serak dengan cepat dan mudah – CaraDini.my.id – Suara serak adalah hal yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, apalagi bagi anda yang sangat mementingkan suara anda, contoh, seorang vokalis atau presenter itu pasti sangat membutuhkan suara yang baik. Suara serak memang tidak kita inginkan tetapi suara serak bisa datang ke pada kita kapan saja, kita tidak tau kapan suara serak itu akan menyerang, bagi anda yang mengalami suara serak tentu akan sangat membutuhkan pertolongan. Apa lagi bagi penyanyi atau presenter yang ingin tampil tapi tiba-tiba suara serak melanda, tentu hal ini akan sangat mengganggu anda.
Suara serak bisa di akibatkan karena terlalu berlebihnya menggunakan pita suara seperti berteriak dan sebagainya. Bisa juga di akibatkan oleh penyakit flu, yang mengakibatkan tenggorokan kering dan gatal sehingga terkadang orang menderita sakit serak kerap bersamaan dengan batuk. Tidak hanya itu, suara serak juga bisa terjadi akibat sering menangis.
Nah, bagi anda yang sangat menginginkan suara anda pulih kembali tentunya dengan cepat anda bisa lakukan dengan cara banyak beristirahat, banyak minum air hangat dan mengurangi bicara, karena bicara akan semakin menghabiskan pita suara anda. Tapi agar lebih efisien dan semakin ampuh, anda bisa melakukan dengan apa yang akan CaraDini.my.id berikan.
Baiklah sebelum anda membaca ini baca juga artikel CaraDini.my.id lainnya di tips cara mengembalikan kesegaran tubuh yang hilang dan penyebab bau mulut.
suara serak
Langsung saja tanpa basa-basi lagi langsung baca cara mengobati suara serak alami berikut.
  1. Jeruk Nipis dan Kecap Manis
    Kenapa harus kecap manis ? Apa manfaatnya ? Tentu itu yang jadi pertanyaan saat anda membaca cara ini, akan saya jelaskan, jeruk nipis memiliki banyak kandungan vitamin C yang akan mempercepat penyembuhan suara serak anda, sedangkan kecap manis sendiri disini hanyalah sebagai penetralisir dari asam yang dikeluarkan jeruk nipis tadi, jadi manfaat kecap manis hanya untuk tambahan saja.
    Ada pun cara menggunakannya ialah dengan memotong jeruk nipis secara melintang agar isi jeruk nipis terpotong semua, peras jeruk nipis tersebut kedalam wadah atau mangkuk, tambahkan kecap manis secukupnya aduk hingga rata, coba anda cicipi rasa dari jeruk nipis yang sudah di campur dengan kecap manis tadi, jika masih terasa asam bisa anda tambahkan lagi kecap manisnya, kemudian minumlah ramuan dari jeruk nipis tersebut 3 kali sehari 1 sendok makan.
  2. Madu dan Jeruk Nipis
    Untuk cara mengobati suara serak yang ini tidak jauh berbeda dengan cara mengobati suara serak dengan jeruk nipis dan kecap manis tadi, bahkan caranya pun sama, madu disini sama dungsinya dengan kecap manis, untuk menetralisir rasa asam pada jeruk nipis tapi bedanya madu sendiri memiliki banyak khasiat di banding dengan kecap manis.
    Caranya, potong jeruk nipis secara melintang, peras jeruk nipis masukkan kedalam mangkuk, campurkan dengan satu sendok madu, jika masih terlalu masam bisa anda tambahkan sendiri. Minum dengan satu sendok 3 kali dalam sehari.

  3. Daun Sirih
    Setelah kemaren CaraDini.my.id memberikan tips cara mengobati sakit mata dengan daun sirih sekarang daun sirih juga bisa di gunakan untuk mengobati suara serak, karena daun sirih mengandung minyak atsiri yang bersifat anti bakteri untuk mempercepat penyembuhan suara anda. Ada pun caranya, cucilah 20 lembar daun sirih, setelah itu di rebus dengan menggunakan 5 gelas air bersih sampai mendidih, tambahkan 250 gram gula batu, aduk hingga gula larut dan angkat, dinginkan lebih dahulu, kemudian anda saring air rebusan daun sirih tersebut masukkan kedalam wadah seperti botol, anda minum air rebusan daun sirih setengah gelas 3 kali sehari hingga suara anda kembali normal.

  4. Kencur
    Selanjutnya untuk mengobati suara serak adalah dengan menggunakan kencur. Cara ini sudah sering di gunakan oleh para vokalis atau penyanyi dangdut. Minyak atsiri yang dikandung oleh kencur bermanfaat untuk mengobati suara serak anda. Dengan cara, ambil satu ruas kencur kira-kira berukuran jari, kemudian anda kupas dan bersihkan, kunyahlah kencur tersebut secara perlahan untuk mengeluarkan minyak atsiri yang dikandung kencur tersebut, teguk minyak atsiri yang keluar dari kencur, lakukanlah pengunyahan berulang-ulang dan teguk minyak atsiri yang keluar dari kencur sampai kencur terasa hambar, agar hal ini tidak mengganggu aktifitas anda, lakukan cara ini sebelum tidur. Hal ini akan terasa lebih mujarap karena keesokan harinya suara akan segera kembali normal.
Itulah tips untuk hari ini yang CaraDini.my.id berikan tentang cara mengobati suara serak secara alami. Dengan anda melakukan salah satu cara di atas InsyaAllah suara anda akan cepat sembuh dan normal kembali. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
Sekian dan terimakasih..

Advertisement

No comments.

Leave a Reply