Cara mengobati kuku yang bernanah atau cantengan

Cara mengobati kuku yang bernanah atau cantengan

Cara mengobati kuku yang bernanah atau cantenganCaraDini.my.id – Kuku yang bernanah atau biasa di sebut dengan Cantengan (paronychia) merupakan sebuah masalah peradangan yang terjadi pada area kuku baik di jempol kaki atau pun jempol tangan. Tanda-tanda terjadinya cantengan pada kuku Anda ialah timbulnya rasa nyeri pada kuku dan di tandai dengan warnah merah pada sisi kuku, dan juga bisa bernanah. Jika penyakit centangan terjadi pada diri Anda, selain menimbulkan rasa nyeri juga menimbulkan bau yang tidak sedap pada kuku Anda.
Penyakit cantengan atau kuku bernanah ini bisa terjadi  karena beberapa faktor, di antaranya, karena faktor pemotongan kuku yang terlalu pendek, tajamnya pemotongan kuku sehingga membuat kulit kuku sobek, faktor dari gerakan kaki berhenti secara mendadak contohnya saat melakukan olahraga basket dan bulutangkis, faktor penggunaan sepatu yang terlalu ketat atau sempit yang berakibat jempol kaki tidak bisa leluasa untuk bergerak, kuku kotor yang tidak dibersihkan dan faktor-faktor lain yang bisa mengakibatkan kulit kuku infeksi.
kuku bernanah cantengan
Cara mengobati cantengan atau kuku yang bernanah ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena untuk menyembuhkannya butuh ketelatenan dan perhatian khusus saat melakukannya. Mengobati cantengan bisa menimbulkan sakit jika di banding dengan pengobatan bisul dan sebagainya serta bisa menimbulkan kegagalan sehingga pengobatan harus di ulang, makanya butuh ketelatenan dalam mengatasi cantengan ini.
Cantengan atau kuku yang bernanah ini merupakan masalah di bagian kuku baik itu kaki ataupun tangan akan menimbulkan rasa sangat tidak nyaman dan mengganggu aktifitas dan rutinitas sehari-hari karena rasa sakit yang ditimbulkan saat berjalan atau menyentuh sesuatu.
Penyakit cantengan yang sudah parah hingga bernanah, tentu akan menimbulkan rasa nyeri yang kuat dan bau yang tak sedap serta sudah banyak mengandung bakteri. Maka dari itu, ada banyak cara yang bisa untuk Anda lakukan untuk mengobati penyakit cantengan, dan berikut CaraDini.my.id yang akan memberikan beberapa tips cara mengobati kuku yang bernanah atau cantengan secara alami dengan bahan yang mudah untuk Anda dapatkan.
Cara Mengobati Kuku Yang Bernanah atau Cantengan Secara Alami
  1. Rendam Kedalam Air Hangat 
    Untuk langkah pertama untuk mengobati kuku bernanah atau cantengan yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam kuku yang terkena cantengan di dalam air hangat. Cara ini sangat direkomendasikan untuk cantengan yang baru saja tumbuh sebelum cantengan semakin parah dan bernanah. Caranya, siapkan satu wadah atau mangkuk air hangat lalu tambahkan garam secukupnya, rendam kaki atau tangan yang terserang cantengan selama 15 menit. Lakukanlah terapi ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
  2. Menggunakan Daun Pacar Kuku 
    Di dalam pengobatan cara tradisional bahan dari Daun pacar kuku dapat digunakan untuk mengobati cantengan. Ada pun Caranya, haluskan daun pacar kuku secukupnya, lalu tambahkan dengan gula merah dan juga perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh hingga lembut, tempelkan ramuan dari daun pacar kuku tadi pada bagian-bagian kuku yang bernanah atau cantengan, kemudian balut dengan kain kasa dan biarkan selama 3-4 jam, setelah itu ganti dengan yang baru.
  3. Daun Dan Batang Tempuh Wiyah 
    Batang tempuh wiyah berikut juga daunnya bisa Anda manfaatkan untuk mengobati cantengan. Caranya hampir sama dengan cara menggunakan daun pacar kuku tadi, yaitu dengan menghaluskan daun serat batang tempuh wiyah, tambahkan dengan gula pasir secukupnya, kemudian ditempelkan pada kuku yang sakit, kemudian balut dengan menggunakan kain kasa.
  4. Menggunakan Bawang Merah 
    Selain sebagai Bumbu dapur Bawang merah juga bisa Anda jadikan sebagai obat untuk mengobati cantengan atau kuku bernanah. Untuk cara menggunakannya juga tak jauh berbeda dengan cara-cara sebelumnya, yaitu dengan menggiling bawang merah, tambahkan minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan dibagian kuku yang sakit dan balut dengan menggunakan kain kasa. Lakukan cara-cara ini 2 – 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut.
  5. Menggunakan Jahe 
    Selain bahan-bahan yang telah di sebutkan diatas, salah satu tanaman herbal yang juga bisa dijadikan bumbu ini juga sering kita dengar untuk digunakan sebagai obat-obatan herbal. Jadi tidak ada salahnya jika Anda coba bahan dari parutan jahe ini untuk mengobati cantengan atau kuku bernanah. Caranya, campurkan parutan jahe dengan minyak kelapa secukupnya, lalu oleskan pada daerah kuku yang bernanah atau cantengan, lalu balut dengan kain kasa.
  6. Membuang cantengan 
    Selain berberapa cara di atas, masih banyak lagi cara-cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengobati kuku bernanah atau cantengan. Salah satunya dengan membuang cantengan. Anda bisa membuang cantengan dengan menggunakan jarum, gunting kuku, atau silet atau yang lainnya asal alat itu bisa steril. Siapkan juga tisyu, kapas atau kain bersih untuk membantu membersihkan cantengan Anda nantinya. Cara ini memang sedikit mengerikan, tapi ini bisa menghilangkan dan memberantas cantengan Anda. Cara ini memang membutuhkan mental untuk Anda melakukannya, karena harus beroprasi memotongnya sendiri untuk membuang nanah yang berada di dalam sekitar kuku Anda. Jika Anda kurang berani untuk melakukannya, Anda bisa meminta bantuan pada teman atau saudara Anda. 
    Cara ini memang akan menimbulkan rasa sakit, Tetapi rasa sakit tersebut pastinya bisa terbayarkan dengan jari yang normal kembali karena cantengan Anda hilang. Oleh karena itu, Anda carilah teknik atau cara yang tepat saat akan menanggulangi cantengan.
  7. Berkonsultasi kedokter 
    Jika cantengan yang Anda derita sudah makin parah dan terus bernanah, maka sebaiknya Anda menghubungi dokter terdekat. Biasanya Dokter akan melakukan operasi kecil untuk membuang cantengan atau kuku bernanah tersebut hingga ke akar-akarnya.
Setelah Anda mengetahui apa penyebab dan cara mengobati kuku yang bernanah atau cantengan diatas, akan lebih baik jika Anda juga mengetahui cara mencegah cantengan. Dan berikut CaraDini.my.id akan memberikan beberapa cara untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit cantengan, supaya cantengan tidak mudah untuk kembali lagi dimasa yang akan datang.
Cara Mencegah Cantengan
  1. Potong kuku dengan baik dan benar 
    Sangat disarankan untuk meninggalkan pola potongan yang ada pada kuku Anda baik itu kuku pada jari kaki maupun kuku pada jari tangan sehingga cantengan tidak akan terjadi lagi.
  2. Jaga kebersihan kuku 
    Jagalah selalu kebersihan kuku Anda supaya tidak ada lagi kuman atau bakteri yang masuk kedalam kuku.
  3. Jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit 
    Sepatu atau alas kaki yang terlalu sempit juga menjadi penyebab terjadinya cantengan, oleh karena itu, supaya bisa di hindari penggunaan sepatu yang sempit. Selain itu, sepatu yang sempit juga bisa menjadi faktor terjadinya mata ikan.
Itulah berberapa informasi tentang cara mengobati kuku yang bernanah atau cantengan berikut penyebab dan cara pencegahannya. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah Anda semua.
Salam sehat!
Baca juga:
Tips Cara supaya cepat hamil

Advertisement

No comments.

Leave a Reply