Cara Mengobati Bisul Dengan Cepat dan mudah

Cara Mengobati Bisul Dengan Cepat dan mudah

Cara mengobati bisul – CaraDini.my.id – Bisul merupakan jenis penyakit yang timbul di kulit, yang di sertai dengan benjolan lancip, berwarna merah, berisi nanah, dan rasa nyeri yang di timbulkannya apa lagi bila di sentuh rasa nyeri akan semakin kuat. Bisul bisa tumbuh di bagian mana saja, bisa jadi di lengan, bawah ketiak, bokong, paha dan lain-lain, yang paling mengerikan ialah bisul bisa timbul di bagian alat kelamin.
Bisul tumbuh karena terjadinya infeksi bakteri yang masuk melalui pori-pori pada bagian kulit, kemudian bakteri menyerang akar rambut (folikel rambut), sehingga terbentuk nanah yang mengumpul dalam benjolan.
Bakteri yang sering menginfeksi kulit di kenal dengan nama Staphylococcus aureus , yaitu sejenis bakteri yang dominan hinggap dikulit dan di dalam hidung.

Bakteri penyebab bisul lebih rentan hinggap pada kulit pasca terluka atau cedera, salah satunya bekas gigitan serangga, dan disaat kulit sudah rusak oleh serangga, maka bakteri lebih memiliki potensi yang besar untuk masuk dan hinggap, kemudian
menginfeksi kulit.

Sedangkan cara menghilangkan bisul, biasanya bisul akan menghilang dengan sendirinya dengan rentan waktu tertentu, karena sistem kekebalan tubuh akan memerangi bakteri yang menginfeksi kulit sehingga menimbulkan bisul. Tetapi jika bisul timbul di bagian kulit yang rentan tersentuh atau terbentur dengan benda lain seperti bawah ketiak, pantat, dan bagian sensitif lainnya tentu akan membuat anda tidak nyaman olehnya. Karena sebab itulah, anda akan berpikiran bahwa bisul harus segera di obati.
Baca juga:
Cara menurunkan panas demam secara alami
Cara mudah menghilangkan stress

Berikut Cara Dini akan mengulas cara mengobati bisul dengan cepat dan mudah, dan pengobatan bisul kali ini khusus untuk bisul yang berukuran kecil atau baru tumbuh agar mampu mempercepat penyembuhan infeksi dan mencegah penyebaran lebih luas kebagian kulit yang lain.

Obat Bisul

Cara mengobati bisul alami:

  1. Mengompres dengan air hangat
  2. Cara menghilangkan bisul bisa dilakukan dengan cara mengompres bisul dengan menggunakan air hangat, yakni dengan cara, ambil waslap, rendamlah waslap kedalam air hangat, lalu peras airnya, dengan keadaan waslap yang masih hangat karena rendaman tadi, tempelkanlah waslap hangat pada bagian kulit yang terinfeksi bisul selama 15 menit 2 kali sehari. Dengan melakukan cara ini akan mempercepat matang bisul, dapat mengurangi rasa nyeri dan mempercepat proses pemulihan.

  3. Jangan menekan bisul sendiri
  4. Disaat gejala bisul muncul di kulit anda, sangat di sarankan agar anda tidak menekan atau memencet sendiri bisul anda, karena hal ini akan mempermudah penyebaran infeksi bakteri ke permukaan kulit yang lain yang akan menumbuhkan bisul-bisul lainnya.

  5. Mencegah kontaminasi
  6. Dengan melakukan pencegahan kontaminasi akan menghilangkan bisul secara sfektif, hal ini seperti yang di lansir disitus Mediskus.com. Pastikan tangan Anda selalu bersih dan selalu dicuci pakai sabun antiseptik setelah anda menyentuh bisul saat mengobati bisul Anda.

  7. Mencuci pakaian dan handuk
  8. Cucilah pakaian dan handuk yang anda gunakan untuk mengompres bisul, agar bisul tak kembali muncul di tempat yang sama, apa lagi jika orang tersebut sering mengalami gejala bisul.

Dan untuk mengobati bisul menggunakan bahan-bahan alami ialah:

  1. Daun bayam dan madu murni
  2. Cucilah terlebih dahulu daun bayam duri secukupnya, lalu giling daun bayam duri hingga halus, madu murni secukupnya. Gunakan daun bayam duri tersebut sebagai obat balur pada bisul, beri sedikit madu murni di sekeliling bisul, lalu bungkus dengan pembalut, di sarankan untuk mengganti pembalut setiap 2 kali dalam sehari.

  3. Daun anyang-anyang muda
  4. Tumbuk daun ayang-ayang muda secukupnya hingga benar-benar halus, tempelkanlah pada bagian pinggir bisul sampai pusat bisul sehingga bisul tertutup semua.

  5. Daun ciplukan
  6. Tumbuk daun ciplukan sebanyak 1/2 genggaman yang sebelumnya telah dicuci bersih, gunakan sebagai obat balur dengan cara mengoleskan pada bagian bisul dan daerah sekitar bisul, balut menggunakan kain tipis, gantilah pembalut sebanyak 2 kali dalam sehari.

  7. Menggunakan Bunga Matahari
  8. Ambilah biji dari bunga matahari secukupnya, lalu Sangrai hingga berubah warna menjadi kecoklatan, lalu bubuk hingga halus. Tambahkan minyak wijen dalam bubuhan biji tadi, aduk hingga berbentuk seperti adonan. Gunakanlah adonan dari bunga matahari itu sebagai obat bisul dengan menempelkan adonan pada bagian kulit yang berbisul.

  9. Daun belimbing manis
  10. Tumbuk halus daun belimbing manis segar, campur dengan air cucian beras secukupnya, aduk hingga berbentuk seperti bubur. Balurkan pada bisul sampai bisul tertutup, lalu balut dengan pembalut luka.

  11. Daun asam jawa dan kunyit
  12. Tumbuklah daun asam jawa beserta kunyit secukupnya hingga halus, balurkan pada bagin bisul secara merata.

  13. Daun kembang pukul empat
  14. Haluskan 10 lembar daun kembang pukul empat yang telah di cuci bersih, lalu campurkan dengan air garam, tempelkan ramuan pada bagian bisul dan sekitarnya hingga bisul tertutup, balut dengan kain, gantilah 2 kali dalam sehari.

  15. Herba bandotan
  16. Lumat tanaman herba bandotan segar secukupnya sampai hancur, lalu tempelkan pada bisul sampai bisul meradang, setelah itu balut bisul dengan perban atau kain halus lainnya.

  17. Garam
  18. Masih menggunakan tanaman herba bandotan, caranya, cucilah tanaman herba bandotan secukupnya, setelah itu tambahkan nasi yang sudah basi beserta garam, lalu tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada area bisul tumbuh yang di sertai nyeri.

  19. Herba bandotan kering
  20. Rebus herba bandotan kering sekitar 10 – 15 gram kedalam 3 gelas air mendidih, Biarkan hingga air tersisa hanya 1 gelas saja, dinginkan. Minumlah ramuan ini untuk mengobati bisul dengan cepat secara rutin 1 kali dalam sehari sampai bisul menghilang.

  21. Daun sendok
  22. Lumat dan remas 1 genggam daun sendok dan 1/2 genggam daun sirih sampai hancur, setelah itu tebarkan pada bagian bisul, rutin 2 kali sehari hingga bisul bisa menghilang.

  23. Daun gandarusa
  24. Giling satu genggam daun gandarusa segar bisa juga daun gandarusa kering,  hingga daun halus, tambahkan 1 sloki arak dan juga 1 sendok makan cuka, aduk rata, gunakan ramuan ini sebagai obat kompres pada bisul.

  25. Daun iler
  26. Haluskan 10 lembar daun iler yang sudah di cuci, tambahkan dengan air bersih secukupnya, aduk hingga berbentuk seperti adonan. Gunakan sebagai obat balut, balutkan pada bagian bisul lalu bungkus dengan kain, ganti balutan 2-3 kali sehari.

  27. Tanaman jombang
  28. Haluskan tanaman jombang yang telah dicuci bersih secukupnya, lalu peras, sampai mengeluarkan 1 sloki air, lalu campurkan dengan 1 sloki arak, minumlah ramuan supaya tubuh mengeluarkan keringat.

  29. Krokot
  30. Seduh tanaman krokot sebanyak 1 sendok makan yang telah dikeringkan dengan segelas air panas, lalu minum air seduhan 3 kali sehari hingga bisul mulai mengempes dan menghilang.

  31. Akar karet kebo
  32. Haluskan akar pohon karet kebo secukupnya, lalu tempelkan bagian kulit yang terserang oleh bisul.

  33. Bunga kembang telang
  34. Tumbuk bunga kembang telang berwarna biru sampai halus, lalu tambah dengan gula jawa secukupnya dan tumbuk kembali, lalu balurkan pada bagian bisul dan sekitarnya agar bakteri tidak mudah menyebar.

Demikian share kali ini tentang cara mengobati bisul dengan mudah dan cepat yang bisa Cara Dini berikan, semoga apa yang telah Saya sampaikan tadi bisa bermanfaat untuk anda.
Biasakanlah melakukan pola hidup yang sehat agar terjaga dari bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan bisul dan penyakit-penyakit lainnya.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara mengurangi resiko serangan jantung
Cara mencegah penularan panu pada kulit
Cara mengobati panu dengan cepat
Sekian dan terimakasih..

Advertisement

No comments.

Leave a Reply