Cara mengobati batuk secara alami dan aman

Cara mengobati batuk secara alami dan aman

Cara mengobati Batuk secara alami – CaraDini.my.id – Setiap orang pasti sudah pernah mengalami batuk, menurut saya batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Siapa pun yang mengalami batuk pasti tidak akan suka, pastinya anda sendiri pasti mencari solusi untuk mengobati batuk itu.
Batuk bisa terjadi karena berberapa faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal dari tubuh. Gejala-gejala awal terjadinya batuk biasanya ialah pilek, namun batuk bisa juga terjadi karena virus-virus yang bisa mengakibatkan batuk terjadi.
Jika terjadi batuk, yang ada di otak anda ialah obat batuk dan anda pun memutuskan untuk membelinya di apotik atau warung-warung terdekat yang menyediakan obat batuk, tapi perlu anda ketahui bahwa obat-obatan di apotik adalah obat dari bahan-bahan kimia yang justru akan membahayakan kesehatan anda karena setiap obat-obatan itu memiliki efek samping. Selain obat-obatan untuk mengatasi batuk itu berbahaya tentu memerlukan biaya yang lebih untuk membelinya di banding dengan obat-obatan alami atau tradisional.
Obat batuk alami juga tidak kalah ampuh dengan obat batuk dari bahan kimia, bahkan obat alami akan lebih aman dan tidak memiliki efek samping.
Selain itu obat-obatan tradisional alami juga sangat mudah di dapat, karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat banyak terdapat di sekitar anda di mana anda tinggal.

Oleh karena itu semua CaraDini.my.id ingin bermaksud untuk memberikan tips dan cara mengobati batuk secara alami yang bisa dengan mudah anda lakukan di rumah anda.
Baca juga cara mengatasi nyilu pada gigi berlubang dan cara mengatasi cegukan

Cara Atasi Batuk

Berikut ada berberapa cara untuk mengobati batuk secara alami

  1. Menggunakan Jeruk nipis
  2. Jeruk nipis di kenal sangat banyak khasiatnya salah satunya ialah untuk mengobati batuk, agar tidak terlalu masam bisa anda tambahkan kecap manis atau pun madu. Ada pun cara menggunakannya ialah dengan mencampur sari jeruk nipis dengan madu atau kecap manis dengan bandingan 1:1 misal 1 sendok sari jeruk maka harus di tambah dengan madu atau kecap manis 1 sendok juga. Minumlah campuran jeruk nipis tersebut 2-3 kali dalam sehari secara rutin, sampai batuk benar-benar sembuh.
    satu buah jeruk nipis diberi
    kapur sirih dan gula secukupnya. Atau bisa juga dengan cara lain, yakni dengan cara memotong jeruk nipis menjadi dua, oleskan kapur sirih di bagian jeruk yang terpotong, diamkan selama berberapa waktu, selanjutnya kulit luar jeruk nipis dibakar hingga keluar buih, kemudian ambil sari jeruk nipis dengan cara di peras, tambahkan sedikit gula batu, minumlah air perasan jeruk nipis tersebut.

  3. Wedang jahe
  4. Wedang jahe memang menghangatkan tapi wedang jahe juga bisa mengobati batuk berdahak, caranya, iris jahe yang telah di bersihkan, kemudian rebus hingga mendidih, ambil air rebusan tambah sedikit gula, minum satu kali sehari selagi hangat.

  5. Menggunakan Teh dan Jahe
  6. Dengan menggunakan teh yang dipadukan dengan jahe batuk akan dengan mudah untuk di atasi. Dengan cara, siapkan segelas teh hangat kemudian tambahkan dengan 2 sampai 3 irisan jahe yang telah di bersihkan, minumlah ramuan dari jahe ini untuk mengobati batuk 2-3 kali dalam sehari, agar hasil lebih maksimal, minumlah ramuan ini secara rutin sampai batuk reda.

  7. Menggunakan belimbing wuluh
  8. Asam yang terdapat pada belimbing wuluh bisa di manfaatkan untuk mengobati batuk secara alami. Yakni dengan cara parut 10 biji belimbing wuluh yang telah di bersihkan, kemudian masukkan parutan belimbing wuluh tadi kedalam gelas yang berisi air, tambahkan sedikit garam, aduk hingga rata dan tiriskan buang ampasnya, minumlah air ramuan dari belimbing wuluh 2 kali dalam sehari.

  9. Menggunakan Jahe dan Kencur
  10. Jahe memang sangat manjur untuk menghangatkan dan mengobati batuk. Namun jika jahe di kolaborasikan dengan kencur akan lebih baik untuk mengobati batuk apa lagi batuk berdahak. Caranya, parut jahe secukupnya hingga halus campurkan dengan sedikit kencur, kemudian rebus kencur dan juga jahe yang sudah dicampur sampai mendidih, Minumlah ramuan dari jahe dan kencur hasil rebusan tadi selagi masih hangat 2 kali sehari.

  11. Menggunakan Jahe dan Daun Sirih
  12. Selain di padukan dengan kencur, jahe juga bisa dipadukan dengan daun sirih untuk mengobati batuk anda. Caranya, rebus potongan jahe campur dengan 7 lembar daun sirih kedalam 2 gelas air, biarkan sampai daun sirih dan jahe benar-benar matang, sampai air yang tersisa tinggal 1 gelas. Minum ramuan dari jahe dan daun sirih 1 kali dalam sehari.

  13. Menggunakan Jahe Merah
  14. Jahe merah ini sangat ampuh untuk mengobati batuk tidak berdahak atau batuk kering, Caranya, ambil sepotong jahe merah ukuran ibu jari, kunyah jahe merah tersebut telan air yang dihasilkan oleh jahe merah sampai jahe terasa hambar, buang sisa ampas jahe merahnya.

  15. Menggunakan Kunyit dan Merica
  16. Kunyit memang memiliki banyak khasiatnya seperti antibiotik salah satunya untuk mengobati batuk alami, caranya, ambil 1 sendok bubuk kunyit di campur setengah sendok teh merica, Kemudian masukan kunyit dan merica tersebut kedalam air yang mendidih, aduk hingga merata. Minum ramuan kunyit dan kencur tersebut 2 kali dalam sehari selagi hangat.

  17. Menggunakan madu dan cabe jawa
  18. Caranya, tumbuk cabe jawa kering sebanyak 6 gram tambahkan madu sebanyak satu sendok, minumlah ramuan tersebut satu kali sehari dengan rutin.

  19. Dengan daun kayu putih
  20. Caranya, ambil daun putih kayu sebanyak 10-15 gram, rebus ke dalam tiga gelas air, biarkan sampai air tersisa satu gelas saja, Minumlah ramuan tersebut selagi hangat.

  21. Menggunakan asam jawa dan gula merah
  22. Caranya, seduh asam jawa sebanyak 10 buah dagingnya dengan segelas air, tambahkan gula merah secukupnya, aduk hingga rata, minumlah ramuan selagi hangat.

Demikian tips cara mengobati batuk secara alami yang bisa CaraDini.my.id berikan, semoga batuk anda akan segera menghilang. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply