Cara mengobati batuk berdahak secara alami

Cara mengobati batuk berdahak secara alami

Cara Mengobati Batuk BerdahakCaraDini.my.id – Batuk merupakan jenis penyakit yang di sebabkan oleh faktor virus. Terkadang batuk juga bisa di sertai flu. Ada juga batuk yang di sertai dahak dan ada yang tidak di sertai dahak. Tentunya, batuk juga akan sangat mengganggu si penderita penyakit ini. Misal saat Anda ingin beristirahat tetapi batuk sedang melanda, tentu ini akan mengganggu peristirahatan Anda, dan tidak hanya itu saja, tentu masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang terganggu yang di sebabkan oleh batuk. Selain hal itu batuk juga akan menyebabkan rasa sakit di dada karena harus menahan setiap hentakan batuk itu.

Mengobati batuk bisa di lakukan dengan banyak cara, Anda bisa membeli obat-obatan yang di jual di pasaran atau bisa juga dengan mengunjungi dokter. Selain hal itu Anda juga harus di tunjang dengan berberapa treatment, dengan mengaplikasikan cara-cara pengobatan batuk secara alami dan tradisional.

Batuk berdahak

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Berikut ada berberapa cara mengobati batuk berdahak secara alami yang bisa dengan mudah untuk Anda aplikasikan di rumah.

  1. Teh Jahe
    Teh jahe berguna untuk mengatasi batuk berdahak, teh jahe juga sudah di percaya masyarakat di negara-negara Asia sebagai obat batuk berdahak. Dengan cara, campurkan air teh dengan irisan jahe. Minumlah sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin hingga batuk reda.
  2. Bunga Belimbing Wuluh
    Mengobati batuk berdahak juga bisa dengan menggunakan bunga belimbing wuluh. Bunga belimbing wuluh telah terbukti bisa meringankan batuk. Caranya, campurkan kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh dengan beberapa butir adas, lalu tambahkan dengan gula dan secangkir air, kemudian ditim. Saring ramuan bunga belimbing wuluh tersebut setelah agak dingin, dan minum.
  3. Jeruk Nipis
    Jeruk nipis juga berperan dalam pengobatan batuk berdahak. Caranya, siapkan 1 sendok makan perasan jeruk nipis, tambah 5 sendok makan air matang dan 3 sendok madu murni, ditim lebih kurang selama 30 menit. Minumlah ramuan dari jeruk nipis dengan takaran 1 sendok teh dua kali dalam sehari.
    Cara lain untuk pengobatan batuk dari jeruk nipis ialah dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap, lalu minumlah campuran ini dengan takaran 1 sendok teh 2 kali dalam sehari.
  4. Kunyit
    Khasiat alami yang terdapat di dalam kunyit yang bisa membantu meredakan batuk. Jadi, Kunyit merupakan salah satu bahan alami untuk meredekan batuk berdahak. Cara penggunaannya, siapkan 1/2 sendok teh kunyit, tumbuk halus, kemudian tambahkan madu, masukkan ke dalam satu gelas susu, diminum.
  5. Madu dan Lada Putih
    Lada putih memiliki khasiat yang baik untuk meredakan batuk berdahak. Caranya, Campurkan lada putih kedalam teh madu, aduk rata dan minum. Dengan ramuan ini maka batuk berdahak akan segera teratasi.
  6. Daun Asam Muda
    Daun asam muda juga bisa untuk Anda manfaatkan sebagai bahan untuk meredakan batuk kering. Caranya ialah, 1/2 genggam daun asam muda di campur dengan daun saga manis, berikut kayu manis, dan juga gula batu secukupnya, rebus bahan-bahan tersebut dengan ukuran api kecil hingga ramuan mendidih, dinginkan dan saring. Ramuan obat batuk tradisional siap untuk diminum.
  7. Daun Kemangi
    Daun kemangi merupakan daun yang biasa di gunakan sebagai bahan lalapan. Daun kemangi juga memiliki wangi harum yang khas. Selain itu, daun kemangi juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya, 2-3 daun kemangi di rebus dengan menggunakan 1-2 gelas air putih. Minumlah ramuan selagi hangat, agar batuk bisa segera teratasi.
  8. Daun Sirih
    Daun sirih memang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ialah untuk meredakan batuk. Walau pun memang ramuan yang berbahan dasar daun sirih ini memiliki rasa yang aneh namun bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk. Caranya, siapkan daun sirih sebanya sekitar lima lembar, lalu ditambah dengan cengkeh, berikut juga tambahkan kemukus, kapulaga, dan juga kayu manis. Rebus semua bahan-bahan dengan dua gelas air. Biarkan sampai air rebusan menjadi sekitar satu setengah gelas, Angkat lalu air rebusan tersebut disaring. Minumlah ramuan ini dengan takaran kira-kira sebanyak satu sendok makan tiga kali sehari.
  9. Bunga Mawar
    Selain bunganya wangi indah menawan, Bunga mawar juga bisa di jadikan sebagai bahan ramuan untuk meredakan batuk. Ada pun caranya, siapkan 10 gram bunga mawar segar, tambahkan gula batu secukupnya, di tim dengan air secukupnya. Minumlah ramuan sebanyak dua kali dalam sehari. 
  10. Perbanyak minum air Hangat
    Air hangat berfungsi untuk membantu melancarkan dahak keluar dari tenggorokan, dengan demikian, air hangat bisa anda gunakan sebagai obat untuk meredakan batuk berdahak secara alami. Dengan rutin mengkonsumsi air hangat maka batuk berdahak akan bisa sebera teratasi.

Sekian Cara mengatasi batuk berdahak secara alami yang bisa CaraDini.my.id berikan, semoga bisa membantu mengatasi masalah Anda.
Baca juga:
Cara mudah mengatasi sakit maag

Advertisement

No comments.

Leave a Reply