Cara mengobati asam urat secara alami

Cara mengobati asam urat secara alami

Cara mengobati asam urat – CaraDini.my.id – Asam urat adalah penyakit yang sangat mengganggu rutinitas atau aktivitas kita, karena asam urat menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat yang bisa membuat kita susah untuk bergerak dengan bebas. Asam urat bisa di sembuhkan dengan cara-cara tertentu, dengan cara-cara tradisional maupun cara-cara yang ilmiah. Menggunakan cara-cara yang alami akan lebih aman di banding dengan cara yang ilmiah, cara alami tidak akan memberikan efek samping yang terlalu membahayakan anda.

Asam urat

Sebelum mengobati asam urat secara alami, Anda juga perlu mengetahui penyebab-penyebab dari penyakit yang sedang anda derita terlebih dahulu, dan penyebab yang harus anda ketahui ialah terlalu banyak mengkonsumsi zat-zat yang mengandung purin hingga berlebihan, zat purin ini banyak terdapat pada daging-dagingan. Zat purin yang terdapat pada daging akan di proses oleh tubuh menjadi sebuah protein dalam tubuh, dan proses ini membutuhkan enzim HGPRT, jika enzim tidak mencukupi otomatis zat purin tidak mampu untuk diproses seluruhnya dan jumlah purin dalam tubuh akan menjadi menumpuk, yang akhirnya di rubah menjadi asam urat dalam jumlah yang cukup besar.

Faktor lain karena adanya faktor luar seperti asupan makanan atau minuman ke dalam tubuh anda. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan selulosa yang masuk kedalam tubuh kita akan diproses melalui proses kimiawi agar menghasilkan energi. jika energi mengandung zat purin yang terlalu banyak, akan membuat menumpuknya asam urat di dalam tubuh.

Gejala-gejala asam urat yang perlu anda ketahui ialah Bagian sendi-sendi akan terasa nyeri, kesemutan, bahkan bisa menimbulkan bengkak dan berwarna merah.
Rasa nyeri biasanya akan timbul di pagi dan malam hari dan terjadi berulang-ulang setiap harinya. Asam urat sering menyerang bagian-bagian tertentu, seperti jari kaki, bagian tangan, lutut, tumit, pegelangan tangan, siku, dan sendi-sendi lainnya, jika asam urat sudah parah persendian akan akan terasa semakin sakit saat akan melakukan gerakan.

Baca juga:
Cara merelaksasi otot | peregangan
Cara menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk mengobati asam urat anda juga harus memperhatikan pantangan-pantangan yang bisa menimbulkan asam urat tersebut, agar asam urat tidak semakin parah dan pengobatan pun akan berjalan dengan baik sampai asam urat menghilang. Pantangan-pantangan itu diantaranya seperti, jeroan seperti babat, usus paru, emping, bayam, buncis, kangkung, abon, dendeng, makan kalengan, daging sapi, daging kambing, daging bebek, keju, es krim, telur, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, daun singkong, daun pepaya, dan makanan yang banyak mengandung protein dan lemak lainnya.

Makanan yang baik untuk mengobati asam urat secara
alami ialah kentang, pisang, strawberry, jahe, buah naga, jeruk, belimbing wuluh, sereh, sawi putih, tomat, labu kuning, dan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, ubi dan singkong. Dan sebaiknya anda juga banyak mengkonsumsi air putih, karena air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat yang terdapat didalam tubuh.

Berikut ada berberapa cara untuk mengobati asam urat secara alami yang akan Cara Dini ulas nantinya.

Cara mengobati asam urat alami:

  1. Ubi jalar merah
  2. Bahan-bahan yang harus anda siapkan ialah:

    • 200 gram ubi jalar merah
    • Gula merah secukupnya
    • 1 ruas jari kayu manis
    • 5 butir cengkeh
    • 1 buah biji pala
    • 5 butir kapolaga
    • 15 gram jahe merah
    • 10 butir merica

    Langkah-langkahnya ialah:
    Rebus semua bahan-bahan diatas dengan menggunakan 1 ½ liter air, biarkan mendidih sampai air yang tersisa tinggal ½ liter saja, lalu minum air ramuan ini 2 kali sehari, selain itu ubi rebusannya juga bisa untuk di makan.

  3. Pare
  4. Dengan bahan-bahan yang perlu disiapkan:

    • 1 buah pare mentah
    • 2 gelas air

    Langkah-langkahnya:
    Cuci 1 buah pare mentah yang telah di buang bijinya sampai bersih, lalu potong menjadi berberapa bagian, setelah itu rebus dengan 2 gelas air, biarkan mendidih sampai air yang tersisa tinggal 1 gelas saja, minumlah ramuan ini 1 kali sehari.

  5. Daun salam
  6. Bahan-bahan yang harus disiapkan ialah:

    • 10 lembar daun salam segar
    • 2 gelas air

    Langkah-langkahnya ialah:
    Rebus 10 lembar daun salam segar dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga air yang tersisa hanya 1 gelas saja, minumlah air rebusan ini 2 kali dalam sehari.

  7. Tekokak dan leunca
  8. Bahan-bahan:

    • Tekokak
    • Leunca

    Langkah-langkah:
    Gunakan kedua bahan yaitu Tekokak dan leunca sebagai bahan campuran saat memasak sayur, atau anda juga bisa langsung memasak tekokak dan leunca sebagai sayur, makanlah secukupnya, paling tidak 2 kali dalam sehari.

Demikian berberapa Cara mengobati asam urat secara alami yang sudah Cara Dini uraikan diatas, saya harap artikel ini bisa membantu anda semua dalam menghadapi masalah asam urat anda.
Baca juga artikel menarik lainnya..
Cara mengobati bisul dengan cepat
Cara menurunkan panas demam dengan cepat
Cara mudah hilangkan stress
Sekian dan terimakasih…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply