Cara mengatasi mabuk kendaraan atau perjalanan

Cara mengatasi mabuk kendaraan atau perjalanan

Cara mengatasi mabuk kendaraan atau perjalanan – CaraDini.my.id – Pernahkah anda mengalami mabuk saat dalam perjalanan? Mungkin sebagian ada yang pernah ya, atau kalau tidak pun anda pernah melihat orang yang ada dalam kendaraan yang sama mabuk dan muntah, sangat menggelikan dan menjijikan bukan, coba saja anda bayangkan bila itu semua terjadi pada diri anda bagi yang belum melakukan perjalanan. Pasti malu bukan, tentunya percaya diri akan sangat berkurang.

Selain itu mabuk perjalanan juga sangat mengganggu, selain buat orang yang mabuk atau pun orang lain yang berada dalam satu kendaraan tersebut. Karena orang yang mabuk perjalanan atau mabuk kendaraan biasanya akan di sertai muntah dan mengeluarkan bau yang tak sedap setelahnya.

Biasanya mabuk perjalanan bisa terjadi saat orang tersebut melakukan perjalanan yang cukup jauh, yang harus menggunakan kendaraan seperti angkutan darat, laut, dan udara. Ada sebagian orang yang kerap mengalami mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan akan kapok atau malas lagi untuk melakukan perjalanan. Namun jika ada hal penting yang harus memerlukan perjalanan jauh.

Jika terjadi hal yang seperti ini ada berberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mabuk kendaraan anda yang akan Cara Dini berikan nantinya, semoga bisa bermanfaat buat anda semua.
Baca juga artikel sebelumnya, cara agar cepat tidur, cara cepat hilangkan bekas luka, cara mengatasi diare atau mencret

Mabuk kendaraan

Berikut ada berberapa cara mengatasi mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan.

  1. Biasakan makan sebelum melakukan perjalanan
  2. Ketika anda ingin melakukan perjalanan yang jauh, usahakan agar anda makan terlebih dahulu, jangan biarkan perut anda kosong, bila perut kosong akan meningkatkan produksi asam lambung yang akhirnya membuat anda mual dan muntah-muntah. Namun walau pun demikian usahakan agar tidak makan yang berlebih.

  3. Tentukan makanan yang tepat
  4. Jika anda melakukan perjalanan yang jauh sebaiknya hindari makanan yang berlemak, asam, dan pedas. Dan jika anda ingin mengurangi rasa mual yang timbul saat perjalanan sebaiknya konsusmsi minuman seperti minuman jahe dan teh hangat dengan mengkonsumsi minuman jahe atau teh tersebut dapat membantu menetralisir atau mengurangi rasa mual yang timbul.

  5. Rileks
  6. Buatlah tubuh anda serileks mungkin Posisikan duduk anda senyaman dan serileks mungkin agar anda dapat menghindari mabuk perjalanan itu, jangan terlalu memikirkan masalah, anda bisa lakukan dengan cara bermusik atau berbicara dengan sahabat yang sejalan.

  7. Hindari membaca
  8. jika anda merupakan orang yang mudah mabuk perjalanan jangan sekali-kali membaca sesuatu entah itu koran atau pun pesan SMS karena pada saat membaca tubuh tidak akan siap jika sewaktu-waktu terjadi guncangan hal ini akan membuat anda semakin cepat mabuk dan mual.

  9. Atur sirkulasi udara saat dalam kendaraan
  10. Aturlah sirkulasi udara di kendaraan anda, karena jika udara kurang maka akan mengganggu pernafasan anda dan mengakibatkan mabuk dan mual.

  11. Tentukan posisi duduk anda
  12. Bagi anda yang kerap mengalami mabuk kendaraan maka tentukanlah tempat duduk anda, tempat duduk yang nyaman dan tidak membuat anda mabuk, contohnya, jika anda menggunakan kendaraan darat maka pilihlah tempat duduk depan di samping supir, jika anda menggunakan kendaraan laut sebaiknya duduk di posisi tengah hal ini bermaksud agar jika kapal bergoyang duduk anda tetap nyaman.

  13. Menghadap depan
  14. Usahakan untuk duduk Menghadap ke depan saat anda menggunakan kendaraan darat seperti bus, mobil dan lainnya, jika menghadap samping atau belakang biasanya akan mempermudah pusing dan mual.

  15. Tidur
  16. Jika kira-kira anda mabuk dan menggunakan kendaraan pribadi atau yang kira-kira aman untuk barang yang anda bawa maka sebaiknya anda tidur agar terhindar dari mabuk kendaraan atau pun mabuk perjalanan, tidurlah yang nyaman dan rileks.

  17. Gunakan minyak angin
  18. Minyak angin atau minyak kayu putih juga bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa mual, oleskan minyak pada bagian tengkuk leher bagian belakang, dada, dan perut.

  19. Obat anti mabuk perjalanan
  20. Obat anti mabuk perjalanan juga berperan untuk mengurangi mabuk di dalam perjalanan anda. Dengan mengkonsumsi obat anti mabuk kendaraan bisa mengantisipasi mabuk perjalanan anda. Minumlah setengah jam sebelum anda berangkat.

  21. Hindari mencium bau-bauan
  22. Hindarilah membawa barang-barang yang menimbulkan bau yang menyengat, dan juga jangan menggunakan minyak wangi didalam kendaraan anda atau pun menghisap asap rokok, karena bau-bauan juga dapat memicu terjadinya mual-mual dan mabuk. Dan jika anda sudah terlanjur mabuk dan mual dan sudah tidak bisa tertahankan lagi, maka sebaiknya muntahkan saja maka mual yang anda alami akan berkurang.

Itulah beberapa tips cara mengatasi mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan yang bisa Cara Dini berikan, semoga apa yang telah Cara Dini berikan bisa bermanfaat untuk anda semua dan perjalanan anda bisa lebih aman dan nyaman tanpa mabuk dan mual.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara mengatasi BAB tidak lancar
Cara mengatasi kadas dan kurap secara alami
Sekian dan terimakasih…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply