Cara mengatasi BAB tidak lancar

Cara mengatasi BAB tidak lancar

Cara mengatasi BAB tidak lancar – CaraDini.my.id – BAB tidak lancar kadang memang merepotkan, terkadang BAB tidak pada waktu yang kita inginkan, contohnya pada saat beraktifitas, berkerja atau sedang mengadakan kumpulan atau meeting, nah, disaat seperti ini tiba-tiba Anda pengen BAB, yang seperti ini akan sangat mengganggu bukan? Hal seperti ini bisa saja terjadi jika BAB Anda tidak teratur, apabila BAB anda teratur setiap pagi maka kemungkinan besar kejadian seperti contoh diatas tidak akan terjadi lagi kecuali jika anda mengalami sembelit atau diare.

BAB tidak lancar biasanya terjadi karena cairan dalam tubuh yang mengering yang di sebabkan kekurangan air, hal ini menyebabkan kontraksi usus besar melemah. Selain itu BAB tidak lancar juga bisa terjadi karena keadaan tubuh yang kekurangan serat, jadi air dan serat itu penting bila ingin melancarkan BAB anda.
Baca juga:
Cara mengobati kadas dan kurap secara alami
Cara mencegah tulang keropos sejak dini

Maka dari itu Cara Dini kali ini akan membagikan cara mengatasi BAB tidak lancar, agar BAB anda lancar kembali di setiap pagi hari dengan teratur.

Menurut saran kesehatan menyatakan supaya lebih banyak mengkonsumsi air dan makanan yang berserat di siang hari. Agar metabolisme tubuh bisa lancar di pagi harinya.

BAB tidak lancar

Selain itu, BAB tidak lancar juga menyebabkan BAB keras dan terlalu banyak mengejan maka dapat yang pada akhirnya mengakibatkan wasir atau ambeien (hemoroid). Wasir merupakan jenis penyakit yang mengganggu pada anus, yaitu bibir anus yang mengalami pembengkakan yang terkadang disertai dengan pendarahan.

Maka dari itu, pencegahan BAB tidak lancar ini Cara Dini berikan, supaya tidak terjadi hal-hal tersebut. Berikut ada beberapa jenis makanan yang baik di konsumsi untuk mengatasi BAB tidak lancar. Makanan ini akan membantu melancarkan BAB setiap pagi dengan teratur jika di konsumsi secara rutin dan akan Cara Dini berikan berikut ini:

  1. Kubis, brokoli, wortel, bayam dan pepaya, merupakan makanan berserat tinggi yang baik dimakan untuk membantu melancarkan BAB.
  2. Makanan-makanan yang didalamnya terdapat bawang merah, bawang putih dan jahe.
  3. Makanan-makanan yang mengandung minyak juga baik untuk masalah BAB anda, seperti, minyak ikan cod, minyak gandum, dan minyak zaitun.
  4. Makanan seperti kismis dan juga aprikot merupakan makanan dari buah-buahan kering yang juga baik di konsumsi untuk mengatasi BAB tidak lancar.
  5. Makanan yoghurt dan kefir merupakan makanan difermentasi yang juga baik untuk BAB tidak lancar.
  6. Makanan yang mengandung zinc juga baik untuk mengatasi BAB tidak lancar, makanan-makanan itu diantaranya ialah, seperti kacang-kacangan, kacang hijau, kacang polong, kacang merah, buncis, kacang tanah, kedelai, seafood dan telur.

Selain itu, Cara Dini juga akan memberikan makanan yang menyebabkan sembelit, yang harus Anda hindari di saat anda mengalami sembelit, dan makanan-makanan itu yaitu:

  1. Kafein, hindarilah kafein disaat anda sedang mengalami sembelit, karena kafein bisa menyebabkan diuretik pada usus besar dan mengakibatkan kotoran mengeras.
  2. Pisang, pisang juga tidak baik di konsumsi ketika anda sembelit karena pisang justru akan membuat sembelit.

Demikianlah tips cara mengatasi BAB tidak lancar yang bisa Cara Dini berikan, agar BAB anda lancar kembali tiap pagi hari. Semoga apa yang telah Cara Dini berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara ampuh mengobati sakit pinggang
Cara meningkatkan produksi ASI bagi Ibu menyusui
Cara mengobati kencing manis tanpa obat
Sekian dan terimakasih…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply