Cara Mengatasi Anemia Dengan Pengobatan

Cara Mengatasi Anemia Dengan Pengobatan

Pengobatan Anemia

X-PENYAKIT – Penyakit kurang darah yang umum terjadi karena kekurangan zat besi. Zat besi ini dibutuhkan untuk menyusun hemoglobin dalam darah. Jika kekurangan zat besi maka kadar hemoglobin akan menurun, hal ini akan mengakibatkan pengiriman oksigen keseluruh tubuh menjadi berkurang. Dalam ilmu medis pengobatan anemia didasarkan pada penyebab anemia itu sendiri.

Pengobatan Medis Pada Anemia

Pengobatan pada penderita anemia yang kekurangan zat besi tidak semata-mata cukup hanya sekali dua kali mengkonsumsi obat yang mengandung zat besi. Begitu pula dengan ibu hamil yang menderita anemia, setidaknya pemberian FE atau zat besi bagi ibu hamil harus berlangsung minimal selama 3 bulan. Untuk kota-kota besar di Indonesia biasanya dokter akan meresepkan asam folat dan vitamin B12 untuk ibu hamil. Namun untuk didaerah terpencil kadang hal ini sulit dipenuhi, biaya obat yang tak terjangkau dan keengganan untuk mengkonsumsi obat membuat ibu hamil didaerah masih rentang terkena anemia.

Secara medis biasanya anemia sudah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi, folat dan vitamin B12. Namun untuk penderita anemia yang akut bisa jadi diperlukan transfusi darah untuk mengobatinya.

Anemia Menurut Pakar Kesehatan Islam

Dalam konsep pengobatan Islam, darah sebagian besar berasal dari energi makanan yang dihasilkan oleh limpa. Kemudian limpa mengirim energi vital yang berupa makanan keatas dan keriah atau paru. Dan melalui dorongan vital paru ia dikirim ke Qolbu atau jantung dan disana diubah menjadi darah. Maka dapat disebutkan bahwa fungsi utama darah adalah menyuburkan badan. Selain menyuburkan, darah juga memiliki fungsi membasahi dimana fungsi ini tidak dimiliki oleh energi vital.

Darah menjamin agar jaringan-jaringan tubuh tidak mengering. Sebagai contoh darah kabit atau hati membasahi mata dan urat-urat daging sehingga mata dapat melihat dengan tepat dan urat-urat daging menjadi lentur dan sehat. Darah kabit juga membasahi kulit dan rambut agar tetap kemilau dan sehat. Sementara darah qolbu atau jantung membasahi lidah.

Darah sangat penting juga memberi pondasi material pikiran. Darah adalah bagian dari rutubah juga merupakan rumah dan pelabuhan bagi pikiran. Darah merangkul pikiran dengan memberikan naungan dimana pikiran dapat bertumbuh subur. Jika darah berkurang maka pikiran akan kekurangan pondasi dan menjadi tidak bahagia atau tidak tenang. Hal ini biasanya ditandai dengan kecemasan yang samar-samar, mudah marah dan perasaan tidak puas. Dan ketika kita tidur di malam hari secara alamiah darah merangkul pikiran, akan tetapi jika darah kurang pikiran mengambang dan orang tidak dapat tidur.

Menurut Thibbun Nabawi kekurangan darah atau anemia bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak seimbang. Seperti banyaknya kegiatan dan aktifitas, namun asupan makanan dan waktu istirahatnya kurang. Hal ini akan menyebabkan energi vital dari makanan yang masuk tidak akan terserap secara maksimal.

Pengobatan Alami Untuk Anemia

Jika seseorang terkena anemia atau kekurangan darah maka dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung zat besi. Biasanya banyak terdapat pada sayuran yang berwarna hijau seperti bayam atau kangkung. Namun jika asam uratnya tinggi tidak dianjurkan makan kangkung dan bisa diganti dengan jus buah bit sebanyak 3/4 gelas diminum sekali setiap hari.

Atau bisa juga diatasi dengan resep sederhana berikut ini
– Siapkan 7 buah kurma yang sudah dibuang bijinya
– 5 batang wortel
– 1 buah lemon

Cara Mengolahnya: potong-potong wortel dan masukkan kedalam blender, kemudian tambahkan 7 butir kurma dan sendok makan air perasan jeruk lemon. Kemudian tambahkan air secukupnya dan blender sampai halus. Jus ini bisa diminum setiap hari sekali dan Insya Allah penyakit anemianya akan sembuh.

Penyakit anemia ini bisa dihindari dengan pola hidup yang seimbang. Makan yang teratur dengan gizi yang cukup serta istirahat yang cukup akan menghidarkan kita dari penyakit ini. Selain itu dianjurkan agar tidak terlalu stres yang mengakibatkan terkurasnya energi vital dalam tubuh kita sehingga mengakibatkan tubuh terasa lemas, pusing dan wajah terlihat pucat serta jantung berdebar-debar. Jika mengalami tanda-tanda anemia sebaiknya segera istirahat dan konsumsi makanan-makanan bergizi yang mengandung zat besi tinggi. Atau bisa mempraktekkan ramuan obat sederhana yang telah dipaparkan diatas tadi.

Baca Juga:

  • Kegunaan Darah Pada Manusia
  • Penyebab Gejala Penyakit Anemia Beserta Ciri-Cirinya
  • Cara Pencegahan dan Pengobatan Kanker Serviks
  • Ciri-Ciri Penyebab Gejala Kanker Serviks
  • Pertolongan dan Pengobatan Penyakit Epilepsi (Sawan)
  • Penyebab Penyakit Epilepsi atau Ayan
  • Mengenali Penyakit Epilepsi Disekitar Kita
  • Mengatasi dan Mencegah Diabetes Dengan Pengobatan Herbal
  • Ciri Gejala Umum Penyakit Diabetes
  • Bagaimana Cara Merawat Penderita Tipes

Advertisement

No comments.

Leave a Reply