Cara mencegah penularan penyakit mata yang harus anda ketahui

Cara mencegah penularan penyakit mata yang harus anda ketahui

CaraDini.my.id – Sakit mata ialah salah satu jenis penyakit yang dapat menular. Itulah kenapa jika ada seseorang di dalam suatu ruangan mengalami sakit mata, maka sangat di mungkinkan anda akan tertular olehnya.
Bentuk gejala penyakit mata ini ialah mata berwarna kemerahan, mata terasa gatal, dan berair.
Sakit mata ini biasanya karena penderita pertama matanya terinfeksi oleh virus dan bakteri sehingga sakit mata merah ini bisa menular ke orang lain jika terjadi kontak mata.

Dalam bahasa medis Penyakit mata dikenal sebagai konjungtivitis, sakit mata ini akan ditandai dengan adanya bentuk mata merah muda yang berair, peradangan dan mengeluarkan kotoran atau tai mata. Selain itu, Penyakit mata ini juga bisa disebabkan oleh iritasi lingkungan, alergi, dan penyakit menular.
Penularan sakit mata bisa terjadi melalui batuk, bersin, atau terjadi kontak melalui benda yang di gunakan oleh penderita sakit mata.

Sakit Mata

Sakit mata bisa terinfeksi karena berberapa jenis infeksi.

  1. Infeksi bakteri
  2. Infeksi bakteri masih mudah untuk di sembuhkan, biasanya pengobatan bisa dilakukan dengan obat tetes mata atau salep antibiotik. Setelah melakukan pengobatan, biasanya mata akan mulai membaik, hal ini akan memperkecil kemungkinan penularan panu.

  3. Infeksi virus
  4. Infeksi virus sulit untuk disembuhkan, sehingga membutuhkan pengobatan yang lebih khusus. Proses penyembuhan karena infeksi virus bisa mencapai 14 hari, apabila ada peningkatan seperti mata tak lagi berair, maka kemungkinan mata tak lagi menular.

Baca juga manfaat gerakan shalat bagi kesehatan dan bahaya begadang bagi kesehatan

Anda bisa melakukan pencegahan agar sakit mata anda tidak terjadi penularan yang akan Cara Dini berikan.

Untuk mencegah penularan penyakit mata ini bisa anda lakukan cara-cara mencegah penularan penyakit mata berikut ini.

  1. Kunjungi dokter
  2. Langkah awal ketika ada tanda-tanda mata merah agar segera mengunjungi dokter agar diperiksa. Dengan begini dokter akan memberikan obat setelah mendiagnosa. Agar tak menular.

  3. Tidak keluar rumah
  4. Inilah salah satu cara efektif untuk mencegah penularan, dengan cara menhindari kontak dengan orang lain ketika sakit mata (konjungtivitis). Usahakan agar selalu sendiri, walau pun ini mungkin akan sangat membosankan.

  5. Cuci tangan
  6. Mencuci tangan setelah menyentuh mata merupakan cara efektif agar tak tertular dengan benda yang anda sentuh nantinya. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun antibakteri selama 2 menit dengan air hangat.

  7. Mencegah menyentuh mata
  8. Ketika mata anda sedang sakit agar usahakan untuk tidak menyentuh matanya dengan tangan hal ini bisa mengakibatkan penularan. Gunakanlah semprotan desinfektan untuk membersihkan semua permukaan yang telah Anda sentuh.

  9. Cuci sprei
  10. Ketika mata anda mulai sembuh agar segera mencuci sprei anda dengan air hangat agar terhindar terkena kembali penyakit mata ini.

  11. Gunakan pemutih untuk mencuci pakaian anda
  12. Pakaian anda mungkin telah terinfeksi virus atau bakteri karena berkontak langsung dengan anda, oleh karena itu cucilah pakaian anda dengan menambahkan produk pemutih dalam cucian Anda agar bakteri yang menetap dalam pakaian bisa terbunuh.

Sekian share CaraDini.my.id tentang cara mencegah penularan sakit mata yang harus anda lakukan agar penyakit mata anda tidak tertular pada orang lain.
Baca juga artikel menarik lainnya..
Cara memutihkan kulit wajah alami
Cara menambah berat badan ideal
Sekian dari saya wassalam…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply