Cara Mencegah penularan panu pada kulit

Cara Mencegah penularan panu pada kulit

Cara mencegah penularan panu – CaraDini.my.id – Salah satu jenis penyakit kulit yang bisa timbul di kulit seseorang ialah panu. Panu memang bukan jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan, namun panu bisa mengurangi penampilan dan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi hilang. Siapa yang tidak malu jika panu tumbuh di wajah kita belang-belang dengan bercak-bercak putih, ini cukup membuat percaya diri kita menghilang. Selain itu, panu juga salah satu jenis penyakit yang bisa menular, karena terjadi hal-hal tertentu yang mengakibatkan penularan panu bisa terjadi.

Sumber awal terjangkitnya penyakit panu karena adanya infeksi jamur Pityrosporum ovale dan Melassezia fulfur pada permukaan kulit, jamur Melassezia fulfur ini biasa tumbuh didaerah tubuh yang lembab dan berkeringat,karena tertutup pakaian. Inilah sebabnya panu dapat  menular melalui pakaian yang digunakan secara bergantian.

mencegah panu

Ada berberapa faktor yang menyebabkan terjangkitnya penyakit panu, diantaranya :

  • Suhu udara di sekitar anda lembab dan panas
  • Menggunakan obat anti inflamasi atau golongan steroid.
  • Faktor Genetik atau Keturunan
  • Faktor Kehamilan
  • Menggunakan pil KB

Selain faktor-faktor tersebut ada juga hal-hal lain yang menyebabkan terjadi timbulnya panu pada diri kita, diantaranya :

  • Terjadi penularan dari penderita panu lain.
  • Tidak menjaga kebersihan tubuh.
  • Timbulnya keringat yang berlebih dan dibiarkan mengering yang mengakibatkan rasa lengket pada kulit.

Dan untuk mencegah penularan penyakit panu pada diri kita, ada berberapa cara yang akan CaraDini.my.id berikan dan harus anda lakukan, cara ini sangat mudah untuk di lakukan karena sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita.
Baca juga cara mengobati panu secara cepat, cara mencegah penularan penyakit mata yang harus anda ketahui

Sebelum penularan panu terjadi pada diri anda ada baiknya anda melakukan pencegahan sebagai berikut:

  1. Menjaga selalu kebersihan tubuh adalah cara yang cukup efektif untuk mencegah timbulnya panu pada kulit, yakni dengan cara mandi minimal 2 kali sehari.
  2. Menghindari pemakaian handuk secara bergantian dengan penderita panu, hal ini akan membuat anda juga terjangkit atau terjadi penularan pada diri anda.
  3. Menjemur handuk setelah selesai mandi itu akan mengeringkan handuk yang lembab, hal ini akan membuat jamur, virus dan bakteri pada handuk yang di sebabkan handuk yang lembab akan hilang.
  4. Cucilah handuk minimal 1-2 minggu sekali agar lebih maksimal rendamlah dengan air hangat terlebih dahulu.
  5. Jangan menggunakan pakaian yang sama secara bergantian dengan orang lain apa lagi bila orang itu terjangkit penyakit jamur panu.
  6. Sebaiknya baju dan pakaian lain digantung atau simpan ditempat yang kering, tapi jangan terlalu lama menggantung baju selama berbulan-bulan. karena dapat memicu munculnya jamur pada pakaian tersebut.
  7. Gantilah handuk atau pakaian sesering mungkin

Demikian cara mencegah penularan panu pada kulit yang bisa CaraDini.my.id berikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Pencegahan akan lebih baik sebelum penyakit menyerang anda.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan
Bahaya begadang bagi kesehatan
Sekian dan terimakasih…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply