Cara diet sehat yang baik dan benar

Cara diet sehat yang baik dan benar

Cara diet sehat yang baik dan benarCaraDini.my.id – Ada banyak cara-cara diet yang sudah kita ketahui saat ini. Secara umum diet merupakan proses atau pengaturan pola makan yang di ubah dari pengaturan pola makan kebiasaan seseorang yang menjalani diet.
Diet sehat yang baik dan benar bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena menjaga pola makan yang baik itu tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak sekali makanan-makanan menggoda seperti junk food, snack, keripik dan camilan-cemilan yang lain.

Diet memang suatu paksaan pada diri kita untuk merubah pola makan demi mendapatkan apa yang di inginkan. Namun, diet sehat yang baik bukan berarti harus tidak makan sama sekali. Justru ketika diet, kita dianjurkan makan 5 hingga 6 kali sehari namun dalam porsi kecil supaya metabolisme tubuh berjalan lancar. Proses pembakaran lemak dalam tubuh kita akan semakin cepat jika metabolisme tubuh kita lancar dan cepat.

Diet sehat alami

Dengan begitu tentu ada cara-cara diet sehat yang baik dan benar, lalu bagaimana cara melakukan diet sehat yang baik dan benar itu? Berikut akan Cara Dini berikan berberapa cara untuk diet sehat yang baik dan benar seperti yang dikutip dari id.wikihow.com, adalah sebagai berikut.

Perubahan Gaya Hidup yang Harus Dilakukan

  1. Mengubah Komposisi dan Porsi Makanan
    Cobalah untuk merubah porsi makanan Anda dengan mengurangi porsi makan Anda Jika Anda terbiasa makan dengan porsi yang besar, imbangi juga makanan Anda dengan memperbanyak sayuran atau salad.
  2. Berpikir Positif dan Tetap Termotivasi
    Dalam melakukan Diet untuk menurunkan berat badan atau pun mengecilkan perut itu tidak akan memberikan hasil secara instan dalam waktu semalam saja. Jika Anda terlalu terobsesi untuk mendapatkan hasil yang cepat, justru akan membuat Anda merasa khawatir dengan berat badan dan diet yang sedang Anda lakukan. Maka dari itu Tetaplah berpikir positif dan selalu termotivasi untuk melanjutkan diet Anda. Jika diet di lakukan dengan cara yang benar maka hasil akan terlihat secara perlahan.
  3. Makan Secara Perlahan
    Pada saat kita sedang makan, tubuh kita membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk mencerna makanan, setelah itu baru otak kita sadar bahwa kita sudah kenyang. Maka dari itu dengan makan secara perlahan, maka tidak akan membuat Anda mengkonsumsi banyak kalori.

Menu Makanan Yang Harus Dikonsumsi ketika Diet

  1. Memperbanyak Minum Air Putih
    Minumlah air putih minimal delapan gelas perharinya. Minumlah dua gelas air setiap sebelum makan untuk melepas dahaga sebelum Anda duduk dan mulai makan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih bukan hanya dapat membantu dalam program diet yang Anda jalani saja, air putih juga baik untuk otot, kulit, ginjal dan sistem pencernaan.

    Usahakanlah untuk menghindari minuman yang bersoda dan minuman energi. Kedua jenis minuman ini mengandung banyak kalori lebih dari yang kita butuhkan. Hindari juga minuman yang beralkohol, minuman beralkohol bisa membuat Anda dehidrasi dan juga memberikan kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

  2. Mengkonsumsi Buah dan Sayur
    Buah dan sayuran hampir sama manfaatnya dengan air putih, Karena buah dan sayur juga mengandung banyak air, rendah kalori dan bahkan nol kalori, banyak mengandung vitamin dan juga nutrisi lainnya.
  3. Berhenti mengkonsumsi Junk Food
    Bagi Anda yang sedang melakukan diet atau pun tidak, Junk Food merupakan makanan yang tidak baik untuk d konsumsi, karena Junk Food mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi. Selain bisa menambah berat badan, junk food juga bisa beresiko meningkatkan resiko penyakit jantung. Adapun jenis-jenis junk food diantaranya ialah daging, jeroan, gorengan, mie instan, makanan yang di bakar samapai terlihat bekas-bekas gosong dan juga makanan sajian manis beku seperti es krim dan lain-lain yang bisa membahayakan tubuh.
  4. Mengkonsumsi Produk Susu Rendah Lemak dan Protein
    Untuk memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium dan 17% kebutuhan protein pada tubuh, Anda harus mengkonsumsi satu gelas produk susu rendah lemak, yogurt atau keju setiap hari.

    Untuk kebutuhan protein, bisa Anda lakukan dengam mengkonsumsi daging ayam atau ikan kurang lebih sebesar kepalan tangan. Sedangkan untuk protein dari sayuran biasanya masih kurang lengkap karena sayuran masih kekurangan asam amino. Maka dari itu disarankan agar Anda mengkonsumsi keduanya secara seimbang.

  5. Konsumsi Karbohidrat Komplek dan Lemak Baik
    Dalam program diet yang Anda jalani mengkonsumsi lemak tetap perlu di lakukan karena penting bagi tubuh yaitu lemak baik atau pun lemak jenuh.
    Karbohidrat komplek mengandung serat yang tinggi yang akan diserap tubuh secara perlahan, sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan karbohidrat komplek, Anda bisa dapatkan dari nasi merah dan juga gandum.
    Sedangkan lemak yang baik merupakan lemak tidak jenuh. Anda bisa dapatkan dari kenari, minyak zaitun, alpokat, dan sebagainya. Lemak tidak jenuh atau pun lemak baik dapat memberikan Anda energi, membuat kulit lebih berkilau, dan juga memiliki beberapa vitamin yang baik.

Sekian dari CaraDini.my.id tentang tips cara diet sehat yang baik dan benar yang bisa saya berikan. Lakukanlah program diet secara bertahap dengan sedikit demi sedikit. Jangan memaksakan diri Anda jika Anda belum terbiasa dengan program diet yang sedang Anda jalani. Karena diet merupakan perubahan gaya hidup sehat dalam jangka panjang, bukan hanya untuk seminggu atau dua minggu saja. Untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal Anda bisa referensi program diet lainnya, Anda bisa mencoba diet mayo, diet food combining atau diet paleo.
Baca juga :
Cara mengobati gusi bengkak secara alami
Cara mengobati batuk secara alami

Advertisement

No comments.

Leave a Reply