Cara alami mengobati sariawan dengan cepat dan alami

Cara alami mengobati sariawan dengan cepat dan alami

Cara Alami Mengobati Sariawan Dengan Cepat – CaraDini.my.id – Sariawan merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang menyerang bagian mulut, diantaranya ialah bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, gusi, tenggorokan, lidah dan lidah bagian bawah.Sariawan dikenal juga dengan istilah stomatitis. Stomatitis dalam dunia medis merupakan inflamasi atau terjadinya peradangan pada daerah mukosa di bagian mulut seseorang.
Sariawan bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. baik bayi, anak-anak, dewasa sampai orang tua dan lanjut usia sekali pun bisa mengalami sariawan. Disaat seseorang yang terserang sariawan tentu akan sangat terganggu, karena Sariawan akan menimbulkan rasa perih ketika sedang makan,minum atau pun menyikat gigi. Maka tak heran bahwa kebanyakan seseorang yang sedang mengalami sariawan juga akan mengalami bau mulut yang tak sedap. Ketika sedang makan semua makanan akan terasa tidak sedap, walau berbagai makanan lezat yang berada di hadapanya tetap saja akan terasa hambar dan tidak sedap. Kenapa demikian? karena sariawan akan menimbulkan rasa perih yang teramat sangat di mulut yang terserang sariawan. Apa lagi jika mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam akan membuat perih di mulut menjadi semakin bertambah parah.
Cara Menobati Sariawan
Sariawan memang bukan masalah kesehatan yang sangat berbahaya karena sariawan bisa sembuh dengan sendirinya namun akan memakan waktu yang lama. Sariawan tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bagi penderita tentu sangat menginginkan untuk segera mengusir jauh sariawan itu dari mulutnya dengan cepat. Karena itu CaraDini.my.id akan memberikan tips dan cara tepat untuk mengatasi sariawan yang mungkin sedang Anda rasakan dengan cepat yang akan kita bahas sebentar lagi.
Sariawan bisa disebabkan oleh berberapa faktor, misal karena faktor stress, kekurangan vitamin, alergi makanan, dan faktor menyikat gigi. Faktor lain juga bisa di sebabkan karena infeksi karena tidak sengaja menggigit bibir atau mulut sendiri. Untuk mengobatinya Anda bisa membeli obat-obatan yang ada di apotek-apotek dan di pasaran selain itu Anda juga bisa mengobati sariawan dengan cara yang alami, yang bisa dengan mudah untuk Anda praktekkan.
Cara Mengobati Sariawan Dengan Menggunakan Bahan Alami
  1. Menggunakan Air Garam
    Air garam berfungsi sebagai bahan untuk membunuh bakteri penyebab sariawan yang terdapat di mulut. Jika Anda mengalami sariawan Anda bisa melakukan pengobatan dengan cara berkumur dengan air larutan dari garam.
  2. Menggunakan Kelapa dan Minyak Kelap
    Kelapa merupakan salah satu buah alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengatasi sariawan dengan cepat. Cara mengobatinya bisa dengan cara mengoleskan minyak kelapa kebagian sariawan, atau bisa juga dilakukan dengan cara mengambil kelapa yang sudah kering, kemudian di kunyah agar rasa nyeri yang di sebabkan oleh sariawan akan berkurang, berikut juga peradangan. Selain itu, Anda juga bisa mengambil air kelapanya untuk diminum agar panas tubuh Anda segera menghilang jika Anda sedang merasakan panas pada tubuh Anda.
  3. Menggunakan Daun Basil
    Daun basil biasanya digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Selain itu, daun basil juga bisa di manfaatkan untuk mengobati sariawan. Daun basil bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan dengan langkah pengobatan dari dalam. Adapun cara pengobatannya ialah degan cara merebus berberapa lembar daun basil dan ambil air rebusan dari daun basil itu untuk di minum.
  4. Menggunakan Es Batu
    Es batu bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi peradangan pada mulut Anda. Gunakanlah es batu sebagai obat kompres. Anda bisa melakukannya beberapa kali sehari agar peradangan dapat berkurang.
  5. Menggunakan Kunyit
    Kandungan Antiseptik yang terdapat di dalam kunyit mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebab timbulnya sariawan. Cara penggunaannya Anda bisa lakukan dengan cara mencampurkan kunyit dengan air hangat atau bisa juga dengan cara menjadikan kunyit menjadi berbentuk seperti pasta.
  6. Menggunakan Bawang Putih
    Bawang putih yang biasa kita kenal sebagai bumbu dapur ini, juga berperan untuk mengobati sariawan. Kandungan Antivirus dan bakteri yang terdapat pada bawang putih mampu memberikan manfaat sebagai antiseptik untuk mengobati sariawan. Dengan menggunakan bawang putih sebagai bahan pengobatan sariawan bisa mempercepat terjadinya proses penyembuhan sariawan. Ada pun caranya, ambil satu siung bawang putih, iris, lalu oleskan irisan tersebut kebagian rasa sakit selama lebih kurang 1 menit, kemudian diamkan beberapa menit. setelah itu baru Anda bersihkan dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.
  7. Menggunakan Minyak Pappermint minyak pappermint ini berfungsi sebagai pereda rasa nyeri dan juga mengurangi iritasi pada daerah yang terserang sariawan. Cara penggunaannya dengan cara mengoleskan minyak pappermint kebagian rasa sakit, diamkan kurang lebih 1/4 jam, kemudian bersihkan dengan cara berkumur dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini 2 kali sehari.
  8. Mengonsumsi Vitamin Sariawan bisa terjadi karena berberapa faktor, salah satunya ialah kekurangan vitamin. Maka dari itu sangat di sarankan bagi Anda penderita sariawan agar bisa mengkonsumsi vitamin B, Vitamn C, zat besi dan asam folat yang berperan sebagai pencegah dan juga penyembuhan sariawan pada mulut Anda.
Sekian tentang Cara Mengobati Sariawan secara alami dan cepat, yang bisa CaraDini.my.id berikan. Kemudian saya ingatkan lagi, jika sariawan Anda sudah sembuh, sebaiknya hindari berberapa faktor penyebab sariawan seperti, gorengan, makanan yang masih panas, makanan pedas, keripik, makanan yang mengandung MSG dan jenis makanan lainnya yang bisa membuat iritasi pada bagian mulut Anda.
Selain itu kebersihan mulut juga harus Anda jaga, supaya sariawan tidak kembali menyerang Anda. Perbanyaklah untuk mengkonsumsi Vitamin C.
Dan apabila sariawan Anda dalam tidak kunjung sembuh dalam waktu seminggu, maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter terdekat setempat agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Semoga Artikel diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.
Baca juga:
Cara mengatasi gusi bengkak secara alami

Advertisement

No comments.

Leave a Reply