Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

Cara Alami Mengatasi Perut Kembung

www.caradini.my.id – Pernahkah Anda mengalami perut kembung? Perut kembung merupakan dimana akan terasa kenyang walau pun dalam keadaan perut kosong atau belum makan dan akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Perut kembung ini biasanya disebabkan oleh angin yang menumpuk di perut Anda dan biasanya akan menimbulkan rasa bersendawa, begah dan rasa sakit di perut.
Menumpuknya angin di dalam perut ini ada banyak sebabnya, terkadang karena stres karena kesibukan, kebiasaan makan, dan masuk angin. Faktor lainnya bisa juga karena alergi makanan, menstruasi, gangguan pencernaan, dan juga gangguan kesehatan tertentu.

Atasi perut kembung

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah perut kembung anda diantaranya yang akan CaraDini.my.id berikan nantinya. Perut kembung memang menjadi masalah apa lagi bagi Anda yang kerjanya selalu bergadang atau lembur, sementara perut Anda dalam keadaan kosong, hal ini tentu saja akan kerap terjadi masuk angin dan mengakibatkan perut kembung. Sebenarnya semua itu akan sangat mudah jika angin atau gas dapat di keluarka berupa kentut maka perut kembung akan segera hilang. Namun terkadang angin atau gas tidak bisa di keluarkan dengan mudah, makanya butuh berberapa cara pengobatan untuk mengatasi perut kembung ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Tips Cara alami mengatasi perut kembung

  1. Dengan obat-obatan Tradisional/Herbal
    Ada berberapa jenis obat-obatan herbal yang bisa di manfaatkan untuk mengatasi perut kembung Anda, Salah satunya ialah “jahe”. Jahe merupakan bahan herbal alami yang terbukti efektif mengatasi perut kembung. dan bahan-bahan herbal alami lainnya yang bisa membantu mengatasi perut kembung ialah Kayu manis, temu putih, kembang merak, adas sowa, pacar cina, kapolaga. Biasanya setelah mengkonsumsi bahan-bahan tradisional itu maka penederita di anjurkan untuk beristirahat dengan lingkungan yang hangat atau berselimut dalam posisi miring kesebelah kanan.
  2. Dengan pengobatan luar
    Maksud dari pengobatan luar ialah dengan mengoleskan obat biasanya minyak kayu puitih atau minyak angin yang bisa memberikan efek hangat pada bagian perut Anda.
  3. Hilangkan stres
    stres bisa mengakibatkan kejang pada usus besar serta ketidak nyamanan dari dalam perut seperti yang di kemukakan oleh Journal Evidenced-Based Complementary and Alternative Medicine. Ada pun langkah-langkah relaksasi untuk mengatasi stres ialah dengan cara melakukan berberapa gerakan seperti meditasi, yoga, atau konseling.
  4. Dengan obat apotek
    Ada berberapa jenis obat yang bisa Anda gunakan untuk meringankan perut kembung dan mengusir gas dari dalam perut. obat-obatan ini biasanya mengandung zat arang aktif, dan Enzim untuk membantu menghancurkan atau melumat makanan yang sulit di cerna, sebagian orang yang mengonsumsi obat ini efektif, akan tetapi tidak untuk orang lain. Hal ini di karenakan Enzim yang terdapat di obat ini hanya mampu menhancurkan makanan tertentu saja. tidak untuk jenis makanan serat dan laktosa.
  5. Hindari makanan yang memicu perut kembung
    Ada berberapa jenis makanan yang bisa menjadikan perut kembung, begah jika makanan-makanan itu di konsumsi secara berlebihan, di konsumsi ketika panas dan dalam keadaan tergesa-gesa sehingga makanan tidak sempat di kunyah. ada pun jenis makanan-makanan itu ialah, brokoli, kembang kol, asparagus, bawang, kacang polong, lobak, buncis, mentimun, kacang-kacangan, dan buncis.

Sebenarnya, jika perut kembung anda tidak di sertai dengan penyakit lain, angin atau gas akan sangat mudah di keluarkan, baik berupa kentut atau pun sendawa.
sekian dari saya tentang pembahasan tips cara Alami mengatasi perut kembung dari CaraDini.my.id semoga bisa bermanfaat.
Baca juga Cara mengatasi Mata Rabun

Advertisement

No comments.

Leave a Reply