Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh

Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh

Bahaya begadang bagi kesehatan – CaraDini.my.id – Sebagian orang ada yang sering begadang entah itu karena hal-hal penting atau hanya sekedar hiburan saja. Iya, terkadang ada juga yang karena karier atau pekerjaan, contoh dalam hal ini ialah, lembur. Tapi lembur itu hal yang wajar-wajar saja, karena biasanya yang namanya lembur itu hanya sesekali paling tidak 1-2 kali dalam seminggu, namun jika begadang secara rutin atau bahkan bisa di katakan setiap hari maka itu akan membahayakan diri anda sendiri, sama saja anda membunuh diri anda sendiri tanpa anda sadari.
Begadang selain lembur sering kali dilakukan oleh sebagian orang yang mempunyai aktifitas lain diluar pekerjaan utamanya, yang tak asing bagi saya ialah ngeblog, biasanya para blogger berkerja di waktu malam bahkan sampai pagi, karena mereka menganggap di waktu malam ialah waktu yang sangat tepat bagi mereka salah satunya saya sendiri tapi saya tidak bergadang sampai pagi palinh sampai pukul 1 dinihari pagi.

Anda pasti pernah dengar lirik lagu Rhoma irama, “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya,,, begadang boleh saja, kalau ada perlunya…” asiikk,, tarik mass.. Hehe.. Lirik lagu ini menjelaskan bahwa begadang bukanlah berarti dan tak ada gunanya, hanya akan menyiksa dirinya sendiri.
Lirik lagu itu memang benar, karena keseringan begadang akan membuat tubuh anda  menjadi lemah karena kurang tidur, selain itu daya tahan tubuh anda pun akan menurun sehingga tubuh mudah terserang penyakit.
Baca juga cara memutihkan kulit wajah secara alami dan cara menambah berat badan ideal

Berikut ada berberapa efek negatif berbahayanya begadang bagi kesehatan seperti yang dilansir oleh Boldsky.

Bahaya Begadang

Bahaya begadang bagi kesehatan:

  1. Beresiko sakit jantung atau stroke
  2. Ketika anda sering begadang entah itu hal kerja atau hanya hiburan, sementara paginya anda harus bangun untuk melanjutkan aktivitas anda entah itu kerja atau pun sekolah, hal ini tentu akan membuat waktu istirahat anda berkurang dan karena itu pula yang akan membuat kerja jantung terganggu, sehingga peluang terkena serangan jantung dan stroke semakin besar.

  3. Beresiko Mengalami hipertensi
  4. Akibat kurang beristirahat karena selalu begadang akan membuat tubuh dan juga otak menjadi semakin melemah, hal ini akan meningkatkan stres yang berkepanjangan, selain itu hal ini juga akan mengakibatkan meningkatnya resiko terkena gangguan tekanan darah tinggi kronis.

  5. Beresiko mengalami diabetes
  6. Bagi anda yang sering begadang agar lebih berhati-hati karena keseringan begadang membuat keseimbangan hormon dalam tubuh akan terganggu, hal ini akan mengakibatkan terjadinya intoleransi glukosa, selain itu priduksi insulin dari dalam tubuh juga akan terganggu, hal inilah yang mengakibatkan meningkatnya resiko terkena penyakit gula darah atau diabetes.

  7. Daya tahan tubuh berkurang
  8. Keseringan begadang akan menghancurkan sel-sel darah putih, hal ini akan akan berpengaruh dengan kekebalan tubuh anda, selain itu begadang juga akan membuat sistem imun menjadi melemah, sehingga anda akan menurunkan kesehatan serta mudah terkena penyakit.

  9. Beresiko Mengalami obesitas
  10. Metabolisme tubuh akan terganggu bila tidur anda kurang dari 6 jam di waktu malam, hal ini akan lebih parah lagi bila anda banyak mengonsumsi makanan yang berlemak membuat tubuh banyak menyimpan lemak, sehingga terjadi kegemukan atau obesitas.

  11. Mengalami insomnia
  12. Ketika anda sudah sering tidur dilarut malam dan sudah menjadi suatu kebiasaan, jika ini terjadi maka akan sulit untuk merubahnya kembali anda akan mengalami susah tidur atau gejala insomnia.

  13. Mengalami gejala sakit kepala
  14. Gejala-gejala jika anda sering begadang salah satunya ialah anda akan merasakan sakit dikepala anda ketika anda bangun tidur di siang hari, sakit kepala juga akan dirasakan ketika anda mau tidur dilarut malam, karena keseringan begadang akan membuat bagian sel pada otak terganggu karena kurangnya istirahat.

  15. Mudah stress
  16. Jika anda selalu begadang Stress akan dengan mudah melanda, apalagi bila waktu begadang anda terlalu banyak berfikir dan banyak menggunakan otak anda.

  17. Pola makan tidak teratur
  18. Keseringan begadang akan membuat anda tidak bisa mengatur waktu makan anda, selain itu, kebiasaan begadang juga akan nafsu makan anda berkurang, sehingga anda tak lagi menjalankan resep makan 3 kali sehari.

  19. Sulit berkonsentrasi
  20. Menurut penelitian, orang yang sering begadang atau tidur tidak teratur akan menjadi pelupa, tidak fokus dengan apa yang di kerjakannya.

  21. Mempercepat Kematian
  22. Pada tahun 2010, Studi telah menyimpulkan bahwa orang yang begadang atau kurang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari bisa menyebabkan kematian lebih cepat dalam rentan waktu 14 tahun.

Demikian share tentang bahaya begadang bagi kesehatan yang bisa CaraDini.my.id bagikan dan yang harus anda ketahui, jika anda sudah membaca bahayanya begadang bagi kesehatan usahakan untuk merubah dan mempercepat tidur dan istirahat anda tepat pada waktu tidur, dengan tidur 8 jam setiap malam itu akan membuat tubuh anda lebih sehat.
Baca juga artikel menarik lainnya obat batuk alami dan cara atasi cegukan
Sekian dari saya wassalam…

Advertisement

No comments.

Leave a Reply