Bagaimana Cara Merawat Penderita Tipes

Bagaimana Cara Merawat Penderita Tipes

Merawat Penderita Tipes

X-PENYAKIT – Penyakit tipes memang bukan termasuk penyakit berbahaya kecuali tidak diobati atau sudah mengalami komplikasi. Akan tetapi aktifitas anda akan sangat terganggu jika menderita penyakit ini. Yang sangat dibutuhkan untuk dapat pulih dari penyakit tipes adalah istirahat total selama beberapa hari atau bahkan sampai beberapa minggu. Dalam hal ini istirahat yang dimaksud adalah tidak bergerak dari tempat tidur atau bettres, segala kegiatan ditempat tidur termasuk buang air besar dan kecil. Hal ini tentu sangat menggangu bagi orang yang memiliki aktifitas dan kesibukan yang padat. Apalagi jika yang terkena tipes adalah seorang anak usia sekolah sudah pasti pelajaran sekolah akan sangat terganggu. Akan tetapi istrahat total mutlak dilakukan untuk mengembalikan daya tahan tubuh si penderita. Setelah kondisi agak membaik pun penderita tipes belum diperbolehkan untuk beraktifitas yang dapat menguras tenaga.

Penderita tipes pun harus makan makanan yang lunak selama beberapa minggu agar luka di usus tidak semakin parah. Makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang rendah serat, namun tinggi kalori dan protein. Makanan berbumbu pedas dan asam jelas-jelas terlarang bagi penderita tipes begitu juga dengan makanan yang mengandung kafein dan soda.

Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu penyembuhan penyakit tipes. Yaitu dengan cara meramu obatan tradisional untuk penderita tipes. Terdiri dari daun simbiloto, kunyit dan temu lawak. Kemudian ketiga bahan tersebut dijadikan satu lalu direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Hasil rebusan tersebut diberikan dan diminum bagi penderita tipes. Selain itu mengkonsumsi madu juga sangat berguna unutk memulihkan daya tahan tubuh dan membunuh kuman penyebab penyakit.

Seperti yang kita telah ketahui penyakit tipes dan ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar kuman tipes yaitu Salmonella Typhosa, kotoran, atau air kencing dari penderita tipes. Bila anda sering menderita penyakit ini kemungkinan besar makanan atau minuman yang anda konsumsi tercemar bakteri, karena itu hindarilah makanan atau jajan dipinggir jalan. Begitu juga bagi orang yang belum terkena tipes upaya pencegahan harus dilakukan agar tidak sampai sakit. Hindari juga telur ayam yang dimasak setengah matang, pada kulitnya mungkin saja sudah tercemar oleh tinja ayam yang mengandung bakteri tipes. Daya tahan tubuh juga harus ditingkatkan agar tidak mudah terserang penyakit ini. Makan makanan bergizi baik, istirahat yang cukup dengan tidur teratur 7 hingga 8 jam perhari juga sangat mempengaruhi kondisi tubuh.

Jangan lupa olahraga teratur 3 sampai 4 kali seminggu selama kurang lebih 1 jam. Untuk anak-anak masalah jajan sembarangan harus menjadi perhatian penuh orang tua. Sebaiknya jajan sembarangan dihindari karena daya tahan tubuh anak yang belum sempurna. Tubuh anak mudah terserang bakteri-bakteri jahat terutama yang berasal dari makanan. Makanan pokok memang hanya dapat mencukupi kebutuhan gizi anak sebesar 70 hingga 90 persen, sisanya dipenuhi dengan makanan selingan atau jajanan. Jajanan dianggap praktis, mudah dan murah sayangnya jajanan justru kerap memicu masalah kesehatan pada anak. Kabarnya banyak menggunakan bahan berbahaya, namun yang paling sering karena tidak terjamin kebersihannya sehingga membuat anak rentang terkena penyakit pencernaan seperti tipes. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya memastikan anak mengkonsumsi makanan dan jajanan yang bersih dan sehat.

Kegiatan anak pun harus diperhatikan agar anak tidak terlalu lelah hingga daya tahan tubuh anak menurun. Satu hal yang sangat penting namun kerap dilupakan bahkan dianggap sepele adalah cuci tangan sebelum makan. Cuci tangan pakai sabun adalah cara paling sederhana, mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan. Cuci tangan pakai sabun terbukti menurunkan resiko kesakitan dari penyakit diare, kolera dan disentri. Zat pembersih dalam bentuk sabun ini akan membantu pelepasan kotoran dan kuman yang menempel dipermukaan luar kulit tangan dan kuku. Bahan makanan yang akan kita makan pun dan alat makan yang kita gunakan harus dipastikan telah dicuci bersih dengan pembunuh kuman seperti sabun.

Baca Juga:

  • Mengobati dan Mencegah Penyakit Tipes
  • Mewaspadai Penyebab Gejala Penyakit Tipes (Typus)
  • Penyebab Gejala Penyakit Anemia Beserta Ciri-Cirinya
  • Cara Pencegahan dan Pengobatan Kanker Serviks
  • Ciri-Ciri Penyebab Gejala Kanker Serviks
  • Pertolongan dan Pengobatan Penyakit Epilepsi (Sawan)
  • Penyebab Penyakit Epilepsi atau Ayan
  • Mengenali Penyakit Epilepsi Disekitar Kita
  • Mengatasi dan Mencegah Diabetes Dengan Pengobatan Herbal
  • Ciri Gejala Umum Penyakit Diabetes

Advertisement

No comments.

Leave a Reply