7 Tempat Wisata Menarik di Balikpapan

mangrove-balikpapan-1

benyaminlakitan.files.wordpress.com

Kota Balikpapan termasuk salah satu kota yang memiliki penduduk cukup banyak di Kalimantan bagian timur. Sayangnya Balikpapan dikenal sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia.

Ada banyak tempat wisata menarik di Balikpapan. Namun rasanya memang tidak akan mungkin bisa dijelajahi dalam 1 hari. Itulah mengapa kamu menjadi punya alasan untuk menginap di Hotel Mega Sari Balikpapan.

Wisata di Balikpapan sangat beragam mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi dan argowisata. Apa saja daftarnya berikut ulasannya.

  1. Wisata Alam Bukit Bangkirai

Wisata alam bukit bangkirai adalah tempat yang cocok bagi kamu yang menyukai hiking. Untuk naik ke tangganya saja tingginya sekitar 25 meter. Sensasinya merasa berada di tengah hutan, kamu harus pindah dari pohon ke pohon seperti orang Tarzan.

Lokasi wisata ini sangat dekat dengan Balikpapan kurang lebih sekitar 40 menit. Lokasi ini tepatnya berada di Kutai Kartanegara. Tempatnya masih Asri hijau dan memiliki udara yang sangat segar. Salah satu tantangannya adalah menaiki jembatan gantung, jembatan ini menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Namun disarankan untuk tidak membawa anak-anak di bawah 5 tahun ke tempat wisata ini, karena mungkin akan merepotkan. Tempat wisata ini bukan tipe tempat yang cocok untuk anak-anak.

  1. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru berada jauh dari kota, itulah sebabnya beberapa wisatawan menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Namun pemandangan hutan pinusnya tak bisa dimungkiri sangat indah. Sayangnya pantai ini kurang terawat.

Meskipun demikian pantai ini cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga. Pantai ini sudah memiliki beberapa fasilitas seperti olahraga air, bersepeda, atau menikmati deburan ombak pantai Lamaru yang indah.

  1. Pantai Kemala

Jika ingin mencari wisata kuliner khas Balikpapan utamanya seafood, salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Pantai Kemala. Jika kamu pernah ke Jimbaran Bali, pantai ini mengusung konsep yang sama.

Kamu bisa memesan kuliner laut yang masih segar sambil menikmati live music menunggu matahari tenggelam. Bukan hanya itu saja pengelola juga membangun gapura gapura mini persis seperti di Bali.

Jadi, warga Balikpapan yang kangen dengan suasana Bali, sudah pasti akan memilih Pantai Kemala sebagai tempat wisata favorit keluarga pada akhir pekan.

  1. Hutan Mangrove Margomulyo

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada sore. Hutan bakau Margomulyo ini persis berada di belakang sekolah. Tempat ini kerap dijadikan sebagai salah satu tempat foto prewedding.

Salah satu keunikan hutan mangrove Margomulyo di Balikpapan ini adalah masih terdapat beberapa satwa liar seperti monyet dan bekantan. Namun kamu tidak bisa langsung menemukan monyet berkeliaran. Biasanya mereka keluar untuk mencari makan pada pagi dan sore hari.

Perlu diwaspadai sebaiknya kamu tidak memberi makan monyet-monyet itu karena jika terbiasa diberi makan dihawatirkan mereka akan menyerang wisatawan saat tidak diberi makan.

  1. Penangkaran Buaya Teritip

Kalimantan memang sangat dikenal dengan alamnya yang masih Asri. Begitu juga satwa liarnya yang terkenal cukup besar dibandingkan beberapa satwa di pulau Jawa. Salah satu satwa yang dikembangbiakkan di Balikpapan adalah buaya.

Penangkaran buaya teritip berada di Jalan Mulawarman Balikpapan. Tempat wisata ini bukan sekedar tempat rekreasi tetapi juga tempat edukasi bagi anak-anak. Jika dikelola dengan baik tempat penangkaran buaya ini tentunya akan bisa bersaing dengan Taman Buaya di Singapura.

  1. Pantai Melawai

Pantai indah ini berada di Jalan Jendral Sudirman Balikpapan. Tempat wisata ini dikenal sebagai salah satu pantai tempat nongkrong anak muda seperti halnya Pantai Losari di Makassar.

Ada cukup banyak Cafe dan warung warung yang menyediakan jajanan dan aneka kuliner khas Balikpapan. Jadi, jika ingin mendapatkan tempat terbaik sebaiknya datang lebih awal karena tempat ini cukup ramai pada sore hari dan juga pada saat akhir pekan.

  1. Pantai Benua Patra

Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai melawai ataupun Pantai Kemala. Pantai benua Putra memiliki karang yang tinggi.

Selain menawarkan pantai yang indah kamu juga bisa berenang di beberapa kolam di pinggir pantai. Saat sore hari kamu juga bisa menikmati wisata kuliner seafood khas Balikpapan yang nikmat.

Pantai ini dulunya dikelola oleh salah satu BUMN di Indonesia, namun menurut salah satu wisatawan kini kondisinya tidak terlalu baik daripada sebelumnya.

Itulah tempat wisata di Balikpapan yang paling hits. Tentu saja masih ada banyak lagi tempat wisata di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi. Tak berbeda jauh dengan Balikpapan kamu juga bisa melakukan booking hotel di Surabaya lewat reservasi.com mudah.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply